Bridgestone Segera Investigasi Masalah Ban MotoGP

02-07-2012 20:30
Bridgestone Segera Investigasi Masalah Ban MotoGP
Ban belakang milik Valentino Rossi yang rusak di Assen Visordown

Bola.net - Suplier ban tunggal MotoGP, Bridgestone akan segera melakukan investigasi mendalam mengenai permasalahan yang mendera beberapa pebalap di Sirkuit Assen, Belanda akhir pekan lalu.

Pebalap Ducati, Valentino Rossi terpaksa kembali masuk ke pit untuk mengganti ban belakang saat balapan berlangsung. Selain itu, Ben Spies dari Yamaha Factory Racing sempat khawatir ban belakangnya meledak ketika bertarung memperebutkan tempat ketiga dengan Andrea Dovizioso.

Suhu temperatur lintasan Assen naik hingga 40°C ketika balapan, dan ini 20°C lebih tinggi dibandingkan seri Belanda tahun lalu.

Seluruh pebalap memilih ban depan dengan kompon keras (hard) dikarenakan memiliki kemampuan menikung yang lebih baik. Sementara itu, 13 dari 20 pebalap memilih menggunakan ban belakang dengan kompon lunak (soft).

General manager pengembangan ban balap Bridgestone, Shinichi Yamashita menyatakan bahwa dirinya akan membawa ban-ban yang rusak tersebut kepada para teknisi di Jepang untuk dianalisa.

"Ban depan dengan kompon soft memang bekerja dengan baik dengan suhu lintasan yang tinggi. Sayangnya beberapa pebalap mengalami masalah dengan ban belakangnya. Kami benar-benar mohon maaf kepada para pebalap yang mengalami peristiwa ini," ujar Yamashita.

Manajer dari Departemen Balap Bridgestone, Hiroshi Yamada menambahkan bahwa hasil investigasi tersebut akan dijelaskan saat MotoGP Jerman berlangsung akhir pekan ini. (cn/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Otomotif

- - -