Enam Tahun Penantian, Schumacher Kembali ke Podium

25-06-2012 17:30
Enam Tahun Penantian, Schumacher Kembali ke Podium
Michael Schumacher AFP

Bola.net - Michael Schumacher membuat kejutan ketika mengakhiri perlombaan Formula 1 GP Eropa dengan finis di posisi ketiga pada hari Minggu (24/6). Hasil tersebut membawanya naik ke tangga podium untuk pertama kali dalam enam tahun terakhir.

Schumacher yang kini berusia 43 tahun, menjadi pebalap tertua kedua yang naik ke podium F1. Sedangkan pebalap tertua yang menaiki podium adalah tiga kali juara dunia Jack Brabham. Pebalap Australia itu finis di urutan kedua pada tahun 1970 saat berusia 44 tahun.

Pada 2010 Schumacher memutuskan kembali ke F1 dan bertekad meraih gelar dunia kedelapan. Tetapi sejak kembali, ia tidak pernah berada di urutan tiga besar, alias tidak pernah naik podium setelah berlomba 45 kali.

"Saya bahkan tidak lagi memikirkan podium pada akhir perlombaan," ujar Schumacher. "Ketika melewati garis finis, saya bertanya kepada anggota tim di posisi berapa saya finis. Ketika mereka berkata bahwa saya finis di posisi ketiga, saya tidak percaya. Ini sesuatu yang tidak saya sangka. Saya tidak mengetahuinya karena saya terlalu sibuk fokus kepada balapan."

Pebalap Jerman tersebut terakhir kali naik podium ketika membalap di China pada Oktober 2006, yang juga merupakan kemenangannya yang terakhir.

"Rasanya begitu menakjubkan kembali lagi seperti dulu. Kami telah sangat lama menunggu saat-saat ini. Kami sudah beberapa kali akan mendapatkan hasil seperti ini, tapi tidak terwujud," lanjutnya.

"Sirkuit Valencia Street sangat sulit, sehingga strategi perlombaan amat menentukan. Kami melakukannya dengan baik, dengan cara berbeda sesuai dengan karakter lintasan," katanya. "Naik ke podium dengan tidak disangka-sangka, tentu akan menimbulkan kegembiraan ekstra."

Namun Schumacher tetaplah Schumacher, yang selalu menjadi kontroversi, termasuk dalam proses meraih podium tersebut. Ia diduga menggunakan sayap belakang DRS saat bendera kuning dikibarkan di akhir lomba.

Setelah memeriksa tayang ulang di video, sang pengawas balapan, yakni salah satu mantan pebalap Ferrari Mika Salo memutuskan Schumacher tidak bersalah. (ant/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Otomotif

- - -