Review: Swiss Jadi Tim Pertama ke Semifinal

15-06-2011 01:01
Review: Swiss Jadi Tim Pertama ke Semifinal
Fabian Frey AFP

Bola.net - Swiss menjadi tim pertama yang lolos dari babak penyisihan grup Piala Eropa U-21 setelah mengalahkan Islandia 2-0 di Aalborg Stadion, Denmark, Rabu (15/5).

Swiss langsung menggebrak sejak peluit pertama dibunyikan. Hasilnya, belum genap dua menit laga berjalan Fabian Frei sudah membawa timnya unggul 1-0. Usai lolos dari jebakan offside Frei melepaskan tendangan keras tanpa mampu diantisipasi kiper Islandia, Haraldur Bjornsson.

Permainan cepat terus diperagakan anak-anak muda Swiss dan membuat Bjornsson berulang kali harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya. Sementara Islandia mereka lebih banyak berkonsentrasi di pertahanan daripada melakukan penyerangan.

Berkali-kali ditekan, gawang Bjornsson akhirnya kembali bobol di menit ke-40 oleh Innocent Emeghara. Sebuah tendangan dari sisi kiri dilepaskan oleh winger itu, meski sempat ditepis kiper Islandia, bola tetap meluncur deras ke gawang. Skor berubah 2-0 dan menutup jalannya laga babak pertama.

Di babak kedua Islandia yang mencoba bangkit mendapatkan peluang mereka di menit ke-55. Sebuah umpan silang rendah dikirimkan oleh Gylfi Sigurdsson dari sisi kanan. Sayang, sontekan Kolbeinn Sigthorsson yang sudah melewati kiper Swiss, Yann Sommer, masih bisa diselamatkan oleh Frei yang ikut membantu pertahanan.

Sepuluh menit pemain pengganti Islandia, B Bjarnason, akhirnya mampu mencetak gol ke gawang Swiss. Sebuah tendangan backheel yang ia lepaskan menyusur pelan ke gawang Swiss, akan tetapi hakim garis berpendapat lain. Saat ia menyontek bola, salah satu pemain depan Swiss lainnya terperangkap offside.

Hingga laga usai skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Swiss dan mereka pun kini memimpin Grup A dengan enam angka. Bukan itu saja, Swiss menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal. Hasil apapun yang terjadi antara Denmark dan Belarussia tidak akan mempengaruhi laju mereka ke babak selanjutnya.

Sementara Islandia, mereka dipastikan tersingkir karena kekalahan ini. (afp/fjr)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Piala Eropa

- - -