Nama Lengkap : Aaron James Ramsey
Tempat Lahir : Chaerphilly, Wales
Tanggal Lahir : 26 Desember 1990 (26 Tahun)
Kebangsaan : Wales
Klub : Arsenal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 182 cm

Karir

Aaron James Ramsey merupakan pemain sepakbola di tim nasional Welsh yang juga berkontribusi mewakili Britania Raya pada Olympic Games 2012. Selama karirnya, Ramsey utamanya bermain di posisi gelandang, dan juga cukup sering ditugasi menjaga sisi pertahanan dengan menjadi bek. Ramsey bermain untuk Cardiff City di awal karirnya saat ia masih usia sekolah dan menghabiskan delapan tahun sebagai pemain sepakbola muda sebelum tampil di 22 pertandingan untuk tim senior, termasuk final FA Cup 2008.

Ramsey pindah ke Arsenal pada tahun 2008 dengan bayaran yang disetujui sejumlah £5 juta dan dengan cepat ia telah mampu menunjukkan kemampuannya dengan baik. Namun di awal karirnya bersama Arsenal ia harus absen dari lapangan karena patah tulang kaki yang dideritanya pada pertandingan melawan Stoke City pada Februari 2010. Setelah dua kali masa peminjaman ke Nottingham Forest dan Cardiff City, secara berangsur Ramsey mulai sembuh dari cideranya.

Sebagai anak-anak dan sebelum menjadi pemain sepakbola, Ramsey adalah seorang pemain rugby dan atletik. Di usia sekolah ia bermain sebagai sayap untuk program pengembangan atlit muda, Caerphilly R.F.C.

Pada saat itu ia diincar oleh pelatih St Helens RLFC setelah pertandingan melawan tim tersebut, namun Ramsey telah bergabung terlebih dulu dengan akademi muda Cardiff City. Ramsey adalah juara dari turnamen atletik pentathlon Welsh Schools’ Athlectic Association pada tahun 2005 dan menduduki peringkat atlet terbaik ke 4 di Britania Raya dalam grup U17 pada tahun 2006.

Setelah menunjukkan peforma impresif pada turnamen Urdd sebagai pemain muda, ia bergabung dengan Cardiff City di usianya yang ke delapan dan tengah meniti karirnya dengan skuat muda. Pada Juni 2007, Cardiff City menolak tawaran sekitar £1 juta untuk Ramsey yang diberikan oleh klub yang tidak dibuka pada media namanya.

Cardiff juga menolak tawaran yang diberikan oleh Everton untuk membeli Ramsey seharga £1 juta dan gaji rutin £200.000 serta kenaikan gaji tergantung prestasi yang mampu dibuat oleh Ramsey.

Ramsey menandatangani kontraknya yang pertama sebagai pemain profesional pada Desember 2007 dan mengawali debutnya pada turnamen FA Cup. Selama musim 2007-2008, tercatat Ramses telah tampil pada 22 pertandingan, menjadi musim pertamanya sebagai pemain profesional, bermain pada lima pertandingan turnamen FA Cup dan menjadi pemain kedua termuda yang pernah bermain di babak final FA Cup.

Setelah performa impresif yang ditunjukkan oleh Ramsey selama turnamen FA Cup, diketahui bahwa manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson telah mengadakan negosiasi dengan boss Cardiff City, Dave Jones untuk menarik Ramsey ke Manchester United.

Namun chairman klub Cardiff City, Peter Ridsgale mengatakan pada BBC bahwa mereka telah menerima tawaran dari Arsenal sejumlah £5 juta. Terry Burton, asisten manajer Cardiff City yang juga mantan pemain dan pelatih Arsenal juga membantu proses transfer Ramsey dengan merekomendasikannya pada manajer Arsenal. Burton juga memberikan saran bagi Ramsey untuk bergabung ke Arsenal, karena adanya kemiripan antara cara bermain klub dan pemain tersebut.

Pada Juni 2008, diumumkan bahwa setelah diadakan pertemuan resmi antara Arsenal, Everton dan Manchester United, Ramsey memutuskan untuk bergabung ke Arsenal yang membayar £4,8 juta kepada Cardiff City untuk mendapatkannya. Alasan mengapa Ramsey memilih Arsenal di tengah tawaran dari beberapa klub lain adalah rencana manajer Arsenal, Arsene Wenger, untuk menerbangkan Ramsey dan keluarganya ke Swiss untuk membicarakan masa depan Ramsey yang sangat potensial untuk Arsenal.

Selama turnamen UEFA Champions League musim 2007-2008, ia menjadi pemain kelima termuda yang berhasil mencetak gol selama sejarah tunamen tersebut, dan pemain kedua yang lahir pada masa 1900an yang berhasil mencetak skor di Champion League.

Ia masuk ke dalam daftar pemain muda yang namanya bersinar pada tahun 2009 di situs fifa.com.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Aaron Ramsey

Ramsey: Semoga Wales Menang Kontra Portugal

Ramsey: Semoga Wales Menang Kontra Portugal

03-07-2016 03:50

Ramsey menegaskan masih ingin bermain sekali lagi di Euro 2016, untuk itu timnya harus memenangkan partai semi final nanti demi lolos ke putaran Final Euro 2016.

Rasmey Kecewa Absen Kontra Portugal

Rasmey Kecewa Absen Kontra Portugal

03-07-2016 03:30

Ramsey menyebut kartu kuning tersebut membuatnya harus melewatkan pertandingan penting kontra Portugal di babak semi final Euro 2016 mendatang.

Ramsey Senang Wales Kandaskan Belgia

Ramsey Senang Wales Kandaskan Belgia

03-07-2016 03:10

Ramsey menyebut timnya telah bermain dengan sangat baik sehingga bisa menghentikan Belgia yang notabene salah satu tim kuat di pagelaran Euro 2016 ini.

Taylor: Ramsey Absen Masih Ada yang Lain

Taylor: Ramsey Absen Masih Ada yang Lain

03-07-2016 00:20

Neil Taylor mengatakan Wales masih punya banyak pemain bagus yang bisa mereka andalkan di semifinal Euro 2016 melawan Portugal, usai tim dipastikan akan tampil tanpa Aaron Ramsey.

Kanu Pede Wales Atasi Portugal Tanpa Ramsey

Kanu Pede Wales Atasi Portugal Tanpa Ramsey

02-07-2016 22:20

Wales akan menghadapi Portugal di babak empat besar Euro 2016. Namun kekuatan mereka berkurang, lantaran Aaron Ramsey mendapat kartu kuning ketika timnya menang atas Belgia di fase sebelumnya.

Hasil Pertandingan Wales vs Belgia: Skor 3-1

Hasil Pertandingan Wales vs Belgia: Skor 3-1

02-07-2016 04:04

Wales lolos ke semifinal Euro 2016 usai mengandaskan favorit juara, Belgia 3-1 dalam laga perempat final yang digelar di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, Sabtu (2/7) dini hari WIB.

Terinspirasi Ramsey, Dua Bintang Premier League Jadi Blonde

Terinspirasi Ramsey, Dua Bintang Premier League Jadi Blonde

27-06-2016 22:20

Keputusan Aaron Ramsey merubah warna rambutnya untuk tampil di Euro 2016 rupanya mendapat sambutan yang baik.

Smith: Vardy Tolak Arsenal, Semua Sudah Berubah

Smith: Vardy Tolak Arsenal, Semua Sudah Berubah

26-06-2016 09:40

Eks striker Arsenal, Alan Smith, merasa bahwa keputusan Jamie Vardy untuk menolak The Gunners menunjukkan bahwa sudah ada banyak yang berubah di klub London Utara.

Gaya Rambut dan Aksi Impresif Aaron Ramsey

Gaya Rambut dan Aksi Impresif Aaron Ramsey

24-06-2016 17:30

Pelatih Wales, Chris Coleman menilai bahwa penampilan apik Ramsey tidak lepas dari model rambut terbarunya.

Mourinho Inginkan Aaron Ramsey di MU

Mourinho Inginkan Aaron Ramsey di MU

23-06-2016 06:39

Aaron Ramsey muncul sebagai salah satu pemain yang kabarnya diinginkan oleh Jose Mourinho, seiring tugas sang manajer untuk membangkitkan reputasi Manchester United, menurut laporan The Sun.