Nama Lengkap : Aaron James Ramsey
Tempat Lahir : Chaerphilly, Wales
Tanggal Lahir : 26 Desember 1990 (25 Tahun)
Kebangsaan : Wales
Klub : Arsenal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 182 cm

Karir

Aaron James Ramsey merupakan pemain sepakbola di tim nasional Welsh yang juga berkontribusi mewakili Britania Raya pada Olympic Games 2012. Selama karirnya, Ramsey utamanya bermain di posisi gelandang, dan juga cukup sering ditugasi menjaga sisi pertahanan dengan menjadi bek. Ramsey bermain untuk Cardiff City di awal karirnya saat ia masih usia sekolah dan menghabiskan delapan tahun sebagai pemain sepakbola muda sebelum tampil di 22 pertandingan untuk tim senior, termasuk final FA Cup 2008.

Ramsey pindah ke Arsenal pada tahun 2008 dengan bayaran yang disetujui sejumlah £5 juta dan dengan cepat ia telah mampu menunjukkan kemampuannya dengan baik. Namun di awal karirnya bersama Arsenal ia harus absen dari lapangan karena patah tulang kaki yang dideritanya pada pertandingan melawan Stoke City pada Februari 2010. Setelah dua kali masa peminjaman ke Nottingham Forest dan Cardiff City, secara berangsur Ramsey mulai sembuh dari cideranya.

Sebagai anak-anak dan sebelum menjadi pemain sepakbola, Ramsey adalah seorang pemain rugby dan atletik. Di usia sekolah ia bermain sebagai sayap untuk program pengembangan atlit muda, Caerphilly R.F.C.

Pada saat itu ia diincar oleh pelatih St Helens RLFC setelah pertandingan melawan tim tersebut, namun Ramsey telah bergabung terlebih dulu dengan akademi muda Cardiff City. Ramsey adalah juara dari turnamen atletik pentathlon Welsh Schools’ Athlectic Association pada tahun 2005 dan menduduki peringkat atlet terbaik ke 4 di Britania Raya dalam grup U17 pada tahun 2006.

Setelah menunjukkan peforma impresif pada turnamen Urdd sebagai pemain muda, ia bergabung dengan Cardiff City di usianya yang ke delapan dan tengah meniti karirnya dengan skuat muda. Pada Juni 2007, Cardiff City menolak tawaran sekitar £1 juta untuk Ramsey yang diberikan oleh klub yang tidak dibuka pada media namanya.

Cardiff juga menolak tawaran yang diberikan oleh Everton untuk membeli Ramsey seharga £1 juta dan gaji rutin £200.000 serta kenaikan gaji tergantung prestasi yang mampu dibuat oleh Ramsey.

Ramsey menandatangani kontraknya yang pertama sebagai pemain profesional pada Desember 2007 dan mengawali debutnya pada turnamen FA Cup. Selama musim 2007-2008, tercatat Ramses telah tampil pada 22 pertandingan, menjadi musim pertamanya sebagai pemain profesional, bermain pada lima pertandingan turnamen FA Cup dan menjadi pemain kedua termuda yang pernah bermain di babak final FA Cup.

Setelah performa impresif yang ditunjukkan oleh Ramsey selama turnamen FA Cup, diketahui bahwa manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson telah mengadakan negosiasi dengan boss Cardiff City, Dave Jones untuk menarik Ramsey ke Manchester United.

Namun chairman klub Cardiff City, Peter Ridsgale mengatakan pada BBC bahwa mereka telah menerima tawaran dari Arsenal sejumlah £5 juta. Terry Burton, asisten manajer Cardiff City yang juga mantan pemain dan pelatih Arsenal juga membantu proses transfer Ramsey dengan merekomendasikannya pada manajer Arsenal. Burton juga memberikan saran bagi Ramsey untuk bergabung ke Arsenal, karena adanya kemiripan antara cara bermain klub dan pemain tersebut.

Pada Juni 2008, diumumkan bahwa setelah diadakan pertemuan resmi antara Arsenal, Everton dan Manchester United, Ramsey memutuskan untuk bergabung ke Arsenal yang membayar £4,8 juta kepada Cardiff City untuk mendapatkannya. Alasan mengapa Ramsey memilih Arsenal di tengah tawaran dari beberapa klub lain adalah rencana manajer Arsenal, Arsene Wenger, untuk menerbangkan Ramsey dan keluarganya ke Swiss untuk membicarakan masa depan Ramsey yang sangat potensial untuk Arsenal.

Selama turnamen UEFA Champions League musim 2007-2008, ia menjadi pemain kelima termuda yang berhasil mencetak gol selama sejarah tunamen tersebut, dan pemain kedua yang lahir pada masa 1900an yang berhasil mencetak skor di Champion League.

Ia masuk ke dalam daftar pemain muda yang namanya bersinar pada tahun 2009 di situs fifa.com.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Aaron Ramsey

Ramsey Yakin Arsenal Akan Semakin Tangguh

Ramsey Yakin Arsenal Akan Semakin Tangguh

10-06-2015 20:22

Aaron Ramsey meyakini bahwa kondisi finansial yang bagus tak akan membuat Arsenal menjual pemain bintangnya dan itu artinya skuat The Gunners akan bisa bisa kian kompak dan solid.

Arsenal Diklaim Siap Bersaing Raih Trofi Juara Musim Depan

Arsenal Diklaim Siap Bersaing Raih Trofi Juara Musim Depan

10-06-2015 20:00

Aaron Ramsey menyatakan bahwa Arsenal sudah siap untuk bersaing dengan rival-rivalnya dalam memperebutkan titel juara EPL musim depan

Ramsey Yakin Arsenal Akan Pertahankan Walcott

Ramsey Yakin Arsenal Akan Pertahankan Walcott

02-06-2015 02:28

Aaron Ramsey yakin Theo Walcott akan terus bertahan di Arsenal walau kini kontraknya tersisa satu musim lagi.

Henry Kagumi Kematangan Ramsey

Henry Kagumi Kematangan Ramsey

01-06-2015 22:28

Thierry Henry memuji perkembangan mental Aaron Ramsey di bawah asuhan Arsene Wenger di musim ini dan menyebut gelandang tersebut kini sudah dewasa sebagai seorang pemain.

Sulit Bagi Ramsey Tolak Tawaran Barcelona

Sulit Bagi Ramsey Tolak Tawaran Barcelona

01-06-2015 17:47

Aaron Ramsey tengah dikabarkan sedang dilirik raksasa Spanyol, Barcelona. Tawaran yang diajukan, berdasarkan rumor yang beredar pun cukup menggiurkan, 50 juta poundsterling.

Ramsey Berharap Arsenal Bebas Cedera Musim Depan

Ramsey Berharap Arsenal Bebas Cedera Musim Depan

31-05-2015 23:06

Gelandang Arsenal Aaron Ramsey berharap seluruh penggawa The Gunners terhindar dari badai cedera dan tentu saja meraih titel juara.

FA Cup Juara, Ramsey Kini Bidik Premier League

FA Cup Juara, Ramsey Kini Bidik Premier League

31-05-2015 22:40

Gelandang Arsenal Aaron Ramsey mengungkapkan bahwa timnya bakal mampu menjadi penantang gelar Premier League di musim depan setelah berhasil menjadi juara FA Cup.

Ramsey: Fans Berperan Penting di Comeback Final Tahun Lalu

Ramsey: Fans Berperan Penting di Comeback Final Tahun Lalu

30-05-2015 09:41

Gelandang andalan Arsenal, Aaron Ramsey mengungkapkan pentingnya peran para fans dalam keberhasilan mereka melakukan comeback di partai final Piala FA kontra Hull City tahun lalu.

Saat Ini Ramsey Tak Tertarik Pindah ke Barcelona

Saat Ini Ramsey Tak Tertarik Pindah ke Barcelona

29-05-2015 17:20

Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey menegaskan bahwa dirinya tak tertarik untuk bergabung dengan Barcelona. Hal ini sekaligus menjawab beberapa rumor tentang kepindahannya.

Ramsey: Arsenal Makin Bernafsu Raih Trofi Juara

Ramsey: Arsenal Makin Bernafsu Raih Trofi Juara

29-05-2015 14:21

Aaron Ramsey berkeras bahwa memenangkan Piala FA musim lalu tidak mengurangi hasrat Arsenal untuk kembali meraih gelar yang sama di Wembley akhir pekan ini.