Nama Lengkap : Adrian Lopez Alvarez
Tempat Lahir : San Martin de Teverga, Spain
Tanggal Lahir : 08 Januari 1988 (25 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Penyerang
No Punggung : 7
Tinggi : 180 cm

Adrian Lopez Alvarez atau yang lebih dikenal dengan nama Adrian adalah pemain sepak bola kelahiran 8 Januari 1988 yang berasal dari Teverga, Spanyol. Ia sempat mengasah permainan sepak bolanya di tim junior kesebelasan Real Oviedo sejak tahun 2004 dan dalam jangka waktu satu musim ia mendapat promosi untuk tampil di lapangan hijau bersama dengan tim inti kesebelasan tersebut. Namun Adrián tidak menandatangani kontrak profesional karena saat itu umurnya masih belum memenuhi syarat.

Pada bulan Oktober 2006 pemain sepak bola asal Spanyol ini menandatangani kontrak dengan Deportivo La Coruña. Adrián memulai musim 2006-07 dengan melakukan debutnya untuk Deportivo La Coruña di pertandingan melawan FC Barcelona dimana ia tampil sebagai pemain pengganti di menit ke-6.

Meskipun Barcelona memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-1, namun pemain sepak bola asal Spanyol ini berhasil mencetak gol pertamanya di pertandingan yang diselenggarakan di Camp Nou tersebut. Gol pertamanya itu juga merupakan gol liga satu-satunya yang berhasil ia buat dari 15 pertandingannya dengan total 750 menit.

Setelah beberapa kali tampil bersama tim inti Deportivo La Coruña selama musim 2007-08, ia kemudian dipinjamkan ke klub divisi II, Deportivo Alavés, pada bulan Maret 2008. Setelah membantu kesebelasan tersebut menghindari degradasi dengan tiga gol liganya, ia kembali ke Coruña dan menandatangani kontrak pinjaman satu musim dengan Málaga CF pada tanggal 14 Agustus.

Untuk pertama kalinya pemain sepak bola asal Spanyol ini mencetak gol untuk kesebelasan Málaga di pertandingan melawan Real Valladolid. Pertandingan yang diselenggarakan di kandang Málaga pada tanggal 28 September 2008 tersebut berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk tim tuan rumah.

Adrián kembali ke Deportivo La Coruña pada musim 2009-10 dimana ia mulai bermain reguler untuk klub tersebut. Pada tanggal 23 Maret 2010 ia tampil di pertandingan final melawan Sporting de Gijón dimana Deportivo kalah dengan skor akhir 2-1.

Pemain sepak bola yang berasal dari Spanyol ini kemudian tampil di La Liga dan Copa del Rey pada musim 2010-11. Pada akhir musim ia berhasil menjadi top scorer di klubnya namun Deportivo harus terdegradasi ke divisi II setelah 20 tahun.

Pada tanggal 19 Juli 2011 Adrián menandatangani kontrak empat tahun dengan Atletico Madrid. Sembilan hari kemudian ia melakukan debutnya untuk klub tersebut di pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Strømsgodset IF dan berhasil membuat asist untuk gol Jose Antonio Reyes. Pertandingan tersebut lantas berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk Atletico.

Adrián memulai karirnya sebagai pemain sepak bola internasional di Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2007 yang diselenggarakan di Kanada. Untuk pertama kalinya ia mencetak gol internasionalnya dengan hattrick pada tanggal 7 Juli di pertandingan final grup melawan Yordania.

Ia kemudian bergabung dengan tim nasional Spanyol U-21 dan tampil di  UEFA European U-21 Football Championship tahun 2007 yang diselenggarakan di Denmark. Untuk pertama kalinya ia mencetak gol untuk kesebelasan U-21 di pertandingan grup melawan Republik Ceko. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 2-0, kemenangan untuk Spanyol.

Adrián kembali mencetak gol di pertandingan melawan Ukraina dimana Spanyol kembali memenangkan pertandingan dengan skor akhir 3-0. Ia juga tampil di pertandingan semi-final melawan Belarus dimana pemain sepak bola asal Spanyol ini mencetak satu gol di menit-menit terakhir pertandingan dan membuat kedudukan seimbang sehingga wasit memberi tambahan waktu. Pertandingan tersebut lantas berakhir dengan skor 3-1, kemenangan untuk Spanyol.

Pada akhir turnamen, Adrián berhasil membawa pulang Golden Boot sebagaimana ia telah mencetak gol terbanyak pada kejuaraan tersebut.

Pada tanggal 25 Mei 2012 ia tampil sebagai pemain pengganti Roberto Soldado bersama Tim Nasional Spanyol di pertandingan persahabatan melawan Serbia. Adrián kemudian berhasil mencetak gol pada menit ke-64 dan pertandingan yang diselenggarakan di AFG Arena, Swiss tersebut berakhir dengan skor 2-0, kemenangan untuk Spanyol.


Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Adrian

Fabregas Waspadai Kualitas Pengganti Diego Costa

Fabregas Waspadai Kualitas Pengganti Diego Costa

09-04-2014 11:31

Meski demikian pemain 26 tahun ini tetap mewaspadai kualitas pemain yang diturunkan untuk mengisi pos yang ditinggalkan Costa.

Simeone: Adrian Siap Gantikan Diego Costa

Simeone: Adrian Siap Gantikan Diego Costa

08-04-2014 23:58

Simeone telah menyiapkan striker pengganti untuk mengisi posisi Diego Costa.

Adrian: Hadang Barca, Atletico Berjuang dari Menit Pertama

Adrian: Hadang Barca, Atletico Berjuang dari Menit Pertama

07-04-2014 15:27

Penyerang Atletico Madrid, Adrian, berjanji timnya akan berjuang dari menit pertama untuk menghadang langkah Barcelona di Liga Champions.

Highlights UCL: Zenit 1-1 Atletico Madrid

Highlights UCL: Zenit 1-1 Atletico Madrid

27-11-2013 02:15

Menjamu Atletico Madrid, Zenit St Petersburg hanya mampu menuai hasil imbang 1-1 dalam laga lanjutan Liga Champions.

Atletico Madrid Ingin Pinjam Juan Mata

Atletico Madrid Ingin Pinjam Juan Mata

26-08-2013 13:10

Perwakilan klub telah melakukan perjalanan ke London untuk membicarakan kemungkinan peminjaman Mata selama semusim.

Luis Milla: Spanyol Tak Pantas Tersingkir

Luis Milla: Spanyol Tak Pantas Tersingkir

30-07-2012 10:31

Pelatih Spanyol U-23 Luis Milla mengatakan jika timnya tidak pantas kalah dari Honduras di kedua Grup D Olimpiade, Minggu (29/7).

Review: Sevilla-La Coruna Berbagi Angka

Review: Sevilla-La Coruna Berbagi Angka

14-03-2010 06:00

Sevilla tidak mampu memanfaatkan laga kadang mereka di jornada ke 26 La Liga, bermain melawan Deportivo La Coruna mereka hanya sanggup berbagi angka satu sama dengan skor 1-1 di stadion kebanggaan mereka Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (14/03).