ALEKSANDARKOLAROV

Aleksandar Kolarov
Nama Lengkap : Aleksandar Kolarov
Tempat Lahir : Belgrade, Yugoslavia
Tanggal Lahir : 10 November 1985 (30 Tahun)
Kebangsaan : Serbia
Posisi : Bek
No Punggung : 13
Tinggi : 187 cm

Karir

Aleksandar Kolarov adalah seorang pemain sepakbola berkewarganegaraan Serbia yang bermain di tim pertahanan. Walaupun dalam sebagian besar masa berkarirnya Kolarov bermain sebagai bek kiri, ia juga bisa bermain di posisi apapun di sisi kiri lapangan. Kolarov dikenal sebagai pelari yang cepat di atas lapangan dan memiliki serangan yang baik. Ia menerima penghargaan Serbian Player of the Year pada tahun 2011.

Karir sepakbola Kolarov diawalinya dengan tergabung dalam skuat muda Red Star Belgrade. Ia bermain untuk tim tersebut selama lima tahun, namun tidak dipromosikan untuk bermain di skuat utama.

Pada Januari 2004, Kolarov yang berusia delapan belas tahun pindah ke klub Cukaricki dan bermain di turnamen utama Serbia-Montenegro League. Ia menandatangani kontrak tiga tahun dan menyelesaikan musim 2003-2004 dalam skuat muda Cukaricki. Kemudian pada musim panas tahun 2004, ia diperkenalkan untuk bergabung dalam tim senior Cukaricki.

Ia bermain pada 27 pertandingan selama debut karirnya bersama Cukaricki dan berhasil menunjukkan performa impresif, namun tidak bisa menyelamatkan klubnya dari ancaman degradasi klasemen.

Kolarov mengawali debut musim 2005-2006 untuk Cukaricki dengan bermain pada turnamen level dua, namun pada masa rehat musim dingin, ia pindah secara tiba-tiba ke klub OFK Beogard.

Kolarov bergabung dengan OFK Beograd pada Februari 2006 selama satu musim.

Pada musim panas tahun 2007, OFK Beogard menjual Kolarov ke klub Italia Lazio dengan biaya transfer €925.000. Gol pertama yang disumbangkan Kolarov untuk Lazio dibuat di Stadio Oreste Granillo pada September 2007, melalui tendangan yang diluncurkan dari jarak tiga puluh delapan meter, di pertandingan melawan Reggina. Selama musim pertamanya di Roma, pemain Serbia dua puluh satu tahun tersebut juga bermain pada turnamen UEFA Champion League untuk pertama kalinya.

Pada musim keduanya di Italia, Kolarov menetapkan dirinya sebagai pemain utama Lazio di posisi bek kiri, mencetak gol spektakuler pada pertandingan melawan Lecce di Stadio Via del Mare. Kolarov berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti pada babak final turnamen Coppa Italia 2009, gol yang mengantarkan Lazio menjuarai turnamen tersebut.

Di penghujung musim 2009-2010, Kolarov diperkirakan akan pindah dari Lazio dan tengah diincar oleh beberapa klub seperti Manchester City dan Real Madrid.

Pada Juli 2010, diumumkan bahwa Kolatov telah menandatangani kontrak dengan manajemen Manchester City dengan biaya transfer sebesar €19 juta. Pada Agustus 2010, Kolarov mengawali debut pada turnamen Premier League di pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Kedatangan Gael Cilchy ke tim Manchester City pada musim panas tahun 2011 mengakibatkan penurunan posisi Kolarov dalam skuat dan ia menyadari bahwa karinya dalam tim tersebut akan menurun sebagai imbasnya.

Kolarov adalah bagian dari skuat tim nasional Serbia U21 saat tim tersebut berhasil mencapai babak final turnamen U21 Championship 2007 yang diselenggarakan di Belanda. Sebagai pemain penting dalam skuat, ia diberi penghargaan UEFA Team of the Tournament. Pada babak semifinal melawan tim nasional Belgia, Kolarov berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas yang diluncurkan dari jarak jauh.

Kolarov juga menjadi wakil tanah airnya, Serbia, pada Piala Dunia 2010 dan bermain sebagai pemain utama pada babak kualifikasi Euro 2012. Ia dianugerahi penghargaan atas penampilannya yang impresif selama tahun 2011, yakni Serbian Footballer of the Year. Pada Juni 2013, Kolarov berhasil mencetak gol dari tendangan bebas pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan tim nasional Belgia.

Perpindahan Kolarov dari tim Cukaricki ke OFK Beogard pada Februari 2006, saat masa rehat musim dingin 2005-2006, adalah perpindahan yang kontroversial. Kolarov pada saat itu diikat kontrak dengan klub Cukaricki dan ia meminta untuk mengganti tanggal berakhirnya kontrak dari yang seharusnya Januari 2007 menjadi Januari 2006.

Setelah menyampaikan permintaannya ke manajemen Cukaricki, ia kemudian mengungkapkan keinginannya untuk bergabung dalam OFK Beograd. Manajemen Cukaricki menyadari bahwa dalam klub tersebut terdapat pemain yang tidak senang, sehingga memasang biaya transfer hanya sebesar €300,000 bagi Kolarov karena ia seharusnya masih tergabung dalam Cukaricki untuk satu tahun ke depan.

Akhirnya manajemen OFK Beogard mengabaikan kenyataan tersebut dan menarik Kolarov ke dalam klub tanpa membayar biaya transfer. Beberapa tahun kemudian, manajemen Cukaricki melaporkan kasus tersebut pada Serbian Football Association, namun semua laporan tersebut ditolak.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Aleksandar Kolarov

Jamu Arsenal, City Minus Empat Pemain Inti

Jamu Arsenal, City Minus Empat Pemain Inti

07-05-2016 15:00

Manuel Pellegrini mengungkapkan bahwa Manchester City akan bertanding tanpa Pablo Zabaleta, David Silva, Vincent Kompany dan Aleksandar Kolarov saat bersua dengan Arsenal pada akhir pekan ini.

'Musim yang Buruk untuk Manchester City'

'Musim yang Buruk untuk Manchester City'

06-05-2016 04:40

Performa Manchester City musim ini mendapat kritik dari striker Stoke City, Joselu.

Santa Cruz: Guardiola Akan Buat City Lebih Hebat

Santa Cruz: Guardiola Akan Buat City Lebih Hebat

03-05-2016 14:44

Josep Guardiola akan membawa sepakbola yang lebih baik ke Manchester City musim depan, menurut striker Roque Santa Cruz.

Bale Bersiap Kecewakan Manchester City

Bale Bersiap Kecewakan Manchester City

02-05-2016 07:10

Gareth Bale bisa memberikan pukulan ganda pada Manchester City pekan ini, dengan membuat mereka tersingkir dari Liga Champions dan bersiap mengikat kontrak baru dengan Real Madrid, menurut Express.

Camacho: Manchester City Akan Habis di Markas Madrid

Camacho: Manchester City Akan Habis di Markas Madrid

29-04-2016 08:33

Manchester City mendapat peringatan dari mantan manajer Real Madrid, Jose Antonio Camacho, jelang laga leg kedua semifinal Liga Champions pekan depan di Bernabeu.

Hadapi City, Zidane Tak Minta Bantuan Blanc

Hadapi City, Zidane Tak Minta Bantuan Blanc

26-04-2016 10:04

Zinedine Zidane membantah bahwa ia sempat meminta bantuan pada manajer PSG yang juga mantan rekannya di timnas Prancis, Laurent Blanc, mengenai rahasia untuk mengalahkan Manchester City.

Zidane Tak Rasakan Tekanan Jelang Semifinal

Zidane Tak Rasakan Tekanan Jelang Semifinal

26-04-2016 10:03

Bos Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku dirinya sama sekali tak merasakan tekanan jelang laga semifinal melawan Manchester City di Etihad.

Bale Sebut Intensnya Premier League Bisa Untungkan Madrid

Bale Sebut Intensnya Premier League Bisa Untungkan Madrid

26-04-2016 09:43

Gareth Bale mengatakan bahwa intensnya jadwal pertandingan dan level kompetisi di Premier League bisa menguntungkan Real Madrid, jelang laga leg pertama semifinal Liga Champions di Etihad nanti malam.

Zidane Pastikan Ronaldo Fit Lawan City

Zidane Pastikan Ronaldo Fit Lawan City

25-04-2016 07:59

Bos Real Madrid, Zinedine Zidane, memastikan Cristiano Ronaldo bakal fit untuk menghadapi Manchester City pekan ini.

Bale Ingin Kembali ke Premier League

Bale Ingin Kembali ke Premier League

25-04-2016 07:04

Gareth Bale mengatakan bahwa ia masih membuka pintu untuk kembali bermain di Inggris dan mengharap bakal terjadi laga yang menarik, ketika Real Madrid bermain melawan Manchester City di Liga Champions pekan ini.