Nama Lengkap : Ashley Cole
Tempat Lahir : Stepney, Inggris
Tanggal Lahir : 20 Desember 1980 (35 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : AS Roma
Posisi : Kiper
No Punggung : 3
Tinggi : 176 cm

Karir

Ashley Cole adalah seorang pemain sepakbola berkewarganegaraan Inggris yang bermain di posisi bertahan sebagai bek kiri. Cole sering diakui oleh beberapa kritikus sepakbola dan pemain profesional sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di generasinya, bahkan juga bek terbaik di dunia.

Cole lahir di Sepney, London, Inggris dan mengawali karir sepakbolanya dengan tergabung dalam skuat muda Arsenal dan memulai debutnya dalam klub tersebut pada November 1999.

Bersama Arsenal ia menjuarai dua turnamen Premier League, tiga kali FA Cups dan menjadi bagian dalam tim saat Arsenal menjadi tim yang tidak terkalahkan selama musim 2003-2004. Cole juga bermain pada babak final UEFA Championship League 2006 yang berakhir dengan kekalahan 2-1 atas FC Barcelona.

Pada Agustus 2006, Cole pindah ke Chelsea dan dianugerahi beberapa gelar kemenangan, antara lain pada turnamen Premier League musim 2009-2010, empat kali menjuarai FA Cups, satu piala Football League Cup dan UEFA Champion League.

Dengan tujuh rekor juara tersebut, ia menjadi satu-satunya pemain yang berhasil menjuarai FA Cup paling banyak dan menjadi salah satu dari dua pemain yang berhasil menjuarai the Doubles pada dua tim yang berbeda, disamping Nicolas Anelka.

Cole menjadi pemain profesional di tim nasional Inggris sejak tahun 2001 dan berkontribusi pada Piala Dunia 2002, 2006 dan 2010, serta Euro 2004 dan 2012. Ia dinominasikan sebagai England Player of the Year pada tahun 2010.

Pada Februari 2013, Cole telah memenangkan 100 pertandingan bersama tim nasional Inggris dan menjadikannya sebagai pemain bek Inggris dengan kemenangan terbanyak dan pemain berkulit hitam dengan penampilan terbanyak.

Cole mengawali karirnya dengan tergabung dengan Arsenal sebagai pemain muda dalam klub tersebut. Di usia 18 tahun, ia mengawali debut pertama tim pada turnamen League Cup melawan Middlesbrough. Pada Februari 2000, Cole menandatangani kontrak pertamanya sebagai pemain profesional.

Sebelum bermain secara penuh dan rutin untuk Arsenal, Cole sempat menghabiskan beberapa waktu di musim 1999-2000 dengan bermain pada 14 pertandingan dan mencetak 1 gol.

Cole mengalami beberapa cidera selama musim 2004-2005 saat ditunjuk sebagai bek utama di klub Arsenal juga tim nasional Inggris. Namun hal tersbut tidak mempengaruhi performa Cole di atas lapangan karena ia tetap mampu bermain dengan baik.
Di samping itu, pada musim tersebut Cole terjerat kasus yang mengantarkannya pada hukuman denda. Ia terbukti bersalah telah mengadakan pertemuan dengan manajemen tim lawan, Chelsea, untuk membuat perjanjian tentang rencana kepindahannya ke tim tersebut. Perjanjian atau kontrak tersebut dibuat tanpa ada perizinan dari Arsenal.

Cole harus membayar denda sejumlah ₤100.000 setelah pertemuan yang dilakukannya dengan manajemen Chelsea di sebuah kamar hotel berhasil disadap oleh Arsenal. Pembelaan yang dilakukan Cole berbuah keringanan denda menjadi ₤75.000 sebagai konsekuensinya.

Chelsea juga diharuskan membayar denda ₤100.000 dan manajer Chelsea, Jose Mourinho, yang juga hadir pada pertemuan tersebut harus membayar denda sejumlah ₤75.000 atas partisipasinya dalam perjanjian ilegal tersebut.

Pada Juli 2006, Cole menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun dengan manajemen Arsenal, namun memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut selama satu tahun dikarenakan suasana klub dan tim yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Pada Juli 2006, Cole memberikan kritik pedas tentang Arsenal pada media The Sun, menggambarkan bagaimana manajemen klub memperlakukan dirinya pada kejadian penyadapan, yakni seperti ‘seekor kedelai yang dijadikan umpan makanan untuk hiu’.

Cole memutuskan untuk tidak turut serta pada pemotretan tim musim 2005-2006 dan membuat media berspekulasi bahwa ia akan meninggalkan Arsenal.

Di bulan yang sama, wakil direktur Chelsea, David Dein menyampaikan bahwa tengah terjadi negosiasi antara kedua klub tersebut untuk membahas masa depan Cole. Chelsea memaksa untuk menarik Cole ke dalam tim dan meningkatkan tawaran menjadi ₤16 juta, namun Arsenal menawarkan jumlah yang lebih tinggi mencapai ₤25 juta.

Negosiasi tersebut mengindikasikan jalan buntu, namun Cole memutuskan untuk pindah ke Chelsea dengan bayaran ₤5 juta. Tercatat Cole telah tampil pada 228 pertandingan selama bermain untuk Arsenal dan menyumbangkan 9 gol.

Cole mendapatkan nomor punggung 3 saat tergabung dalam Chelesa. Ia mengatakan pada media bahwa ia telah memaafkan manajemen Arsenal atas konflik yang terjadi pada proses transfernya. Pada September 2009, Cole menandatangani kontrak empat tahun dengan manajemen Chelsea.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Ashley Cole

Tak Berguna, Cole Akhirnya Dilepas Roma

Tak Berguna, Cole Akhirnya Dilepas Roma

16-08-2015 22:38

Klub Serie A, AS Roma, baru saja resmi melepas bek kiri mereka asal Inggris, Ashley Cole.

Roma Bakal Jual Empat Pemain

Roma Bakal Jual Empat Pemain

28-07-2015 19:47

AS Roma bakal menjual setidaknya empat pemain musim panas ini. Termasuk di antaranya adalah bek kiri 34 tahun Inggris Ashley Cole dan penyerang 23 tahun Serbia Adem Ljajic.

Ashley Cole, Pemain Tercepat Versi Solskjaer

Ashley Cole, Pemain Tercepat Versi Solskjaer

03-07-2015 11:42

Mantan penyerang Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyebut Ashley Cole sebagai pemain tercepat yang pernah ia hadapi.

Solskjaer: Ronaldo Lari Lebih Cepat Dengan Bola

Solskjaer: Ronaldo Lari Lebih Cepat Dengan Bola

03-07-2015 02:36

Eks bomber Manchester United, menyebut Ryan Giggs dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain paling gesit yang penah bermain bersamanya.

Newcastle Coba Pinjam Ashley Cole

Newcastle Coba Pinjam Ashley Cole

22-06-2015 13:15

Newcastle dilaporkan tertarik untuk mendatangkan bek sayap AS Roma, Ashley Cole ke St. James Park musim panas ini.

Tak Betah di Italia, Cole Pulang ke Inggris?

Tak Betah di Italia, Cole Pulang ke Inggris?

21-06-2015 17:24

Manajer Newcastle, Steve McClaren, dikabarkan siap menampung Ashley Cole yang kabarnya mulai gerah berada di AS Roma.

Cahill Ingin Tularkan Sukses Chelsea ke Inggris

Cahill Ingin Tularkan Sukses Chelsea ke Inggris

14-06-2015 00:01

Bek Chelsea, Gary Cahill, mengatakan ia berharap bisa melanjutkan prestasi apiknya di klub kala bermain bersama Inggris di beberapa tahun mendatang.

Mantan Chelsea, Ryan Bertrand Mengaku Belajar Banyak Dari Ashley Cole

Mantan Chelsea, Ryan Bertrand Mengaku Belajar Banyak Dari Ashley Cole

12-06-2015 07:58

Sempat berada di tim junior Chelsea dan beberapa kali memperkuat klub London Barat itu, Ryan Bertrand berkesempatan untuk melihat dan mempelajari permainan Ashley Cole.

Ashley Cole: Saya Takkan Pernah Melupakan Arsenal

Ashley Cole: Saya Takkan Pernah Melupakan Arsenal

25-02-2015 12:27

Mantan bintang Chelsea, Ashley Cole mengungkapkan kalau dirinya telah menolak muncul dalam buku The Invincibles Arsenal yang ditulis seorang jurnalis bernama Amy Lawrence.

Skuat Roma Untuk Coba Tumbangkan Parma

Skuat Roma Untuk Coba Tumbangkan Parma

15-02-2015 04:55

AS Roma mengincar kemenangan saat menjamu tim juru kunci Parma di giornata 23 Serie A 2014/15, Minggu (15/2). Pelatih Roma Rudi Garcia telah menentukan siapa saja pemain yang dibawanya untuk coba menumbangkan Parma.