BLERIMDZEMAILI

Blerim Dzemaili
Nama Lengkap : Blerim Dzemaili
Tempat Lahir : Tetovo, Yugoslavia
Tanggal Lahir : 12 April 1986 (27 Tahun)
Kebangsaan : Swiss
Klub : Napoli
Posisi : Gelandang
No Punggung : 177
Tinggi : 20 cm

Karir

Blerim Demaili merupakan pemain tim nasional Swiss yang juga merupakan pemain klub Napoli. Demaili berposisi sebagai gelandang bertahan. Meskipun berasal dari Swiss, pria yang lahir pada 12 April 1986 ini merupakan orang asli Makedonia yang lahir di Tetovo.

Ia lahir dari pasangan Fekredin dan Shemije Demaili, sebuah keluarga keturunan Albania. Pada saat Demaili berusia 4 tahun keluarganya pindah ke Zurich, Swiss. Di Swiss-lah Demaili mulai mengenal sepakbola. Ia bergabung dengan klub pertamanya, Oerlikon Zürich, di saaat usia beru 9 tahun.

Dari Oerlikon Zürich, Demaili pindah ke FC Unterstrass. Setelah 4 tahun menimba ilmu di Unterstrass, Demaili pindah ke klub divisi tiga liga Swiss, YF Juventus. Akhirnya Demaili masuk ke klub raksasa Swiss, FC Zurich di tahun 2001.

Bakat Demaili berkembang cepat yang membuatnya mampu menembus tim utama di saat usianya beru menginjak 17 tahun. Bersama Zurich FC, Demaili bermain dalam 30 laga dan mencetak 2 gol di musim pertamanya. Di musim keduanya, ia mampu Zurich FC meraih Swiss Cup.

Peran Demaili di Zurich FC terbukt sangat vital ketika pada 2005-2006 ia dipilih menjadi kapten klub, menjadikannya kapten termuda dalam sejarah persepakbolaan Swiss dengan 19 tahun. Penunjukkannya sebagai kapten pun bukanlah hal yang sia-sia, karena ia mampu memimpin rekan-rekannya dengan baik dan meraih Swiss Super League 2 kali beruntun.

Pada musim panas 2007, Demaili pindah ke Bolton Wanderers yang sebelumnya sudah meneken perjanjian pra-kontrak pada 9 Februari 2007. Demaili digadang-gadang akan menjadi pemain besar oleh pelatih Bolton saat itu, Sam Allardyce. Alasannya pun sangat kuat ketika melihat permainan Demaili dan apa yang sudah ia capai selama di Swiss.

Namun sayang, hal tidak berjalan sesuai rencana karena kemudian Demaili menderita cedera ligamen cruciate pada lututnya sehingga harus absen selama 6 bulan. Demaili pun gagal menunjukkan permainan terbaiknya dan terhitung hanya bermain sebanyak 6 kali selama setahun.

Akhirnya ia pun dipinjamkan ke Torino yang akhirnya Torino melakukan pembelian permanen untuk pemain Swiss tersebut. Permainannya mulai membaik ketika bersama Torino. Sebanyak 34 laga ia mainkan sebelum kembali menjalani masa pinjaman yang kali ini menuju Parma pada 31 Agustus 2009. Parma pun akhirnya juga mengontrak Demaili secara permanen dengan total harga 7 juta Euro.

Bersama Torino sejak 2009, Demaili bermain dalam 51 laga. Pada 25 Juni 2011, Napoli melakukan pembelian atas Demaili dengan harga 9 juta Euro. Bermain untuk Napoli hingga sekarang, Demaili menjadi salah satu pemain yang paling konsisten dan juga cukup disegani oleh fans. Ia bermain sangat baik di segala ajang yang diikuti oleh Napoli.

Gol pertamanya untuk Napoli ia cetak saat melawan Lecce dan dilanjutkan dengan yang kedua saat melawan Novara. Demaili berhasil meraih piala Coppa Italia 2011-2012 bersama Napoli ketika mengalahkan Juventus.

Selain menjadi bagian penting skuat Napoli, Demaili juga merupakan punggawa utama tim nasional Swiss. Laga internasional perdananya adalah sebuah persahabatan melawan Skotlandia pada 2006 dan gol internasional pertamanya ia cetak pada 6 September di sebuah laga persahabatan melawan Islandia yang berakhir imbang 4-4.

Ia juga berpartisipasi pada gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman. Namun karena cedera lututnya, Demaili harus melewatkan Euro 2008. Pada Piala Dunia 2010 pun Demaili tidak berpartisipasi karena cedera lutut yang kembali menderanya.


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Blerim Dzemaili

Pandev Tak Kecewa 'Dibuang' Napoli

Pandev Tak Kecewa 'Dibuang' Napoli

03-09-2014 16:33

Napoli menjual penyerang 31 tahun Macedonia Goran Pandev ke klub Turki Galatasaray. Pandev mengaku tak kecewa atas keputusan Partenopei tersebut.

Galeri: Pandev & Dzemaili, Amunisi Baru Galatasaray

Galeri: Pandev & Dzemaili, Amunisi Baru Galatasaray

03-09-2014 10:12

Beberapa foto Goran Pandev dan Blerim Dzemaili bersama klub barunya, Galatasaray.

Pandev dan Dzemaili ke Galatasaray

Pandev dan Dzemaili ke Galatasaray

02-09-2014 13:57

Napoli resmi melego dua pemainnya ke klub Turki besutan Cesare Prandelli, Galatasaray. Dua pemain tersebut adalah striker 31 tahun Macedonia Goran Pandev dan gelandang 28 tahun Swiss Blerim Dzemaili.

Dzemaili Tersanjung Diminati Sevilla

Dzemaili Tersanjung Diminati Sevilla

08-08-2014 02:06

Pemain Napoli Blerim Dzemaili mengungkapkan bahwa dirinya merasa tersanjung mengetahui minat Sevilla dari yang ditujukan kepada dirinya.

Bikin Blunder, Bravo Akui Kesalahannya

Bikin Blunder, Bravo Akui Kesalahannya

07-08-2014 06:44

Bravo mengakui kesalahan yang dilakukannya dalam laga melawan Napoli.

Debut Bravo di Barca Buruk, Enrique Santai

Debut Bravo di Barca Buruk, Enrique Santai

07-08-2014 05:45

Pelatih Barcelona FC Luis Enrique menolak menjadikan Claudio Bravo sebagai kambing hitam kekalahan timnya.

Benitez Puas Bisa Taklukkan Barca

Benitez Puas Bisa Taklukkan Barca

07-08-2014 05:33

Pelatih Napoli Rafael Benitez tak bisa menutupi perasaannya setelah berhasil meraih kemenangan atas Barcelona FC dalam laga persahabatan.

Highlights Friendly: Barcelona 0-1 Napoli

Highlights Friendly: Barcelona 0-1 Napoli

07-08-2014 04:32

Barcelona kembali gagal meraih kemenangan di laga pra musim setelah kalah 0-1 dari Napoli di Swiss.

Bravo Blunder, Barcelona Takluk

Bravo Blunder, Barcelona Takluk

07-08-2014 03:51

Barcelona kembali gagal meraih kemenangan di laga pra musim setelah kalah 0-1 dari Napoli di Swiss.

Napoli Menang Berkat Brace Callejon

Napoli Menang Berkat Brace Callejon

29-07-2014 06:14

Dua gol Jose Callejon turut membawa Napoli menang dalam pertandingan uji coba menghadapi Kalloni.