Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (CR7)
Tempat Lahir : Funchal, Madeira, Portugal
Tanggal Lahir : 05 Februari 1985 (31 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Real Madrid
Posisi : Penyerang
No Punggung : 7
Tinggi : 186 cm

Karir

Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Pebruari 1985. Pemain bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia ketika ditransfer Real Madrid dari Manchester United pada musim panas 2009 senilai 132 juta dolar atau lebih dari 1,3 triliun rupiah.

Pemain yang menjadi kapten timnas Portugal itu meraih masa keemasan ketika bergabung dengan Manchester United tahun 2003 dari klub profesional pertamanya di Portugal, Sporting Lisbon, yang menjadikannya pemain Portugal pertama di Old Trafford dengan transfer "hanya" 12,24 juta pounds.

Ronaldo yang awalnya memilih nomor punggung 28 di Manchester United tetapi diberi nomor 7 oleh Sir Alex Ferguson itu menjalani debutnya bagi Setan Merah di Premiership ketika menang 4-0 atas Bolton dan mencetak gol perdananya di Inggris ketika mengalahkan Portsmouth 3-0 pada 1 November 2003. Ronaldo mencetak gol keseribu Premiership pada 29 Oktober 2005 saat kalah 1-4 dari Middlesbrough dan di tahun yang sama Ronaldo meraih gelar Pemain Muda Terbaik tahun 2005.

Pada bulan November dan Desember 2006, Ronaldo berturut-turut menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Premiership yang menjadikannya pemain ketiga yang meraih rekor tersebut setelah Dennis Bergkamp tahun 1997 dan Robbie Fowler tahun 1996.

Ronaldo mencetak gol ke 50 bagi Manchester United pada 5 Mei 2007 saat menghadapi rival satu kota mereka, Manchester City. Pada tahun yang sama, Setan Merah meraih gelar juara Premiership pertama mereka dalam empat tahun terakhir dan Ronaldo kembali memenangkan gelar Pemain Muda Terbaik.

Tahun 2007 menjadi awal Ronaldo mengukuhkan dirinya sebagai pemain terbaik di Inggris, Eropa, dan dunia dengan meraih beragam gelar, mulai Pemain Terbaik Premiership, Pemain Muda Terbaik, Pemain Terbaik Pilihan versi Pemain Profesional Inggris. Di tahun yang sama Ronaldo menjadi runner up peraih Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) di bawah pemain AC Milan yang kelak menjadi rekan satu timnya di Real Madrid, Kaka. Ronaldo juga meraih penghargaan di tempat ketiga sebagai Pemain Terbaik FIFA setelah Kaka dan Lionel Messi.

Pada 2 Desember 2008, Ronaldo menerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) sebagai pemain pertama Manchester United yang menerimanya setelah George Best tahun 1968.

Ronaldo sempat mengalami kecelakaan ketika mengendarai mobilnya, Ferrari 599 GTB Fiorano, di sebuah terowongan dekat bandara Manchester, namun Ronaldo selamat dari kecelakaan tersebut dan hanya mengalami cedera ringan. Empat hari setelah kecelakaan tersebut, Ronaldo menjadi pemain pertama dalam sejarah Manchester United yang menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA dan menjadi pemain Portugal kedua setelah Luis Figo tahun 2001.

Di tim nasional Portugal, Ronaldo melakukan debut saat menang 1-0 atas Kazakhstan, 20 Agustus 2003. Ronaldo tampil di Piala Eropa 2004 dengan mencetak dua gol di babak penyisihan grup dan semi final. Meski gagal membawa Portugal menjadi juara karena dikalahkan Yunani di final, Ronaldo tetap terpilih sebagai tim terbaik turnamen. Ronaldo juga tampil bersama Portugal di Olimpiade 2004.

Berita Terbaru Cristiano Ronaldo

Szczesny: Buruk pun, Saya Inginkan Ronaldo

Szczesny: Buruk pun, Saya Inginkan Ronaldo

28-06-2016 08:52

Wojciech Szczesny, kiper Polandia, mengatakan pada media bahwa ia sudah tidak sabar lagi menghadapi Cristiano Ronaldo, namun ia mengatakan bahwa Portugal tidak hanya melulu mengandalkan pemain Real Madrid tersebut.

Yang Terbaik antara Ronaldo dan Beckham Menurut Ferdinand

Yang Terbaik antara Ronaldo dan Beckham Menurut Ferdinand

28-06-2016 01:51

Rio Ferdinand yang pernah bermain bersama Cristiano Ronaldo dan David Beckham di Manchester United menjelaskan perbedaan antara dua pemain tersebut.

Ronaldo: Saya Tak Selebrasi untuk Hormati Luka Modric

Ronaldo: Saya Tak Selebrasi untuk Hormati Luka Modric

28-06-2016 00:25

"Tentu saja saya senang setelah kami mengalahkan Kroasia. Tapi, saya tak akan melakukan selebrasi di lapangan karena saudara saya Luka Modric menangis," ujar Ronaldo pasca pertandingan.

Fans Messi dan Ronaldo Bentrok, Tiga Orang Terluka

Fans Messi dan Ronaldo Bentrok, Tiga Orang Terluka

27-06-2016 01:23

Keributan terjadi setelah pertandingan antara Portugal melawan Kroasia.

Solidaritas Real Madrid, Ronaldo dan Pepe Hibur Modric

Solidaritas Real Madrid, Ronaldo dan Pepe Hibur Modric

26-06-2016 11:11

Laga Kroasia kontra Portugal di babak 16 besar Euro 2016 dini hari tadi menjadi ajang bentrok pemain yang menjadi rekan setim di level klub.

Ancelotti: Ronaldo dan Messi Saling Membutuhkan

Ancelotti: Ronaldo dan Messi Saling Membutuhkan

25-06-2016 23:59

Mantan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sangat menghormati sosok Lionel Messi. Bahkan menurutnya, keduanya saling membutuhkan untuk bisa menjadi yang terbaik.

Ancelotti: Latih Ronaldo Sebuah Kesenangan

Ancelotti: Latih Ronaldo Sebuah Kesenangan

25-06-2016 22:15

Mantan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan bahwa melatih Cristiano Ronaldo adalah sebuah kesenangan tersendiri dalam karir kepelatihannya.

Ancelotti: Saya Tak Pernah Lihat Ronaldo di Depan Cermin

Ancelotti: Saya Tak Pernah Lihat Ronaldo di Depan Cermin

25-06-2016 21:45

Mantan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak pernah melihat Cristiano Ronaldo memperhatikan penampilannya di ruang ganti pemain atau menghabiskan banyak waktu di depan cermin.

Ancelotti: Ronaldo Sangat Peduli Pada Portugal

Ancelotti: Ronaldo Sangat Peduli Pada Portugal

25-06-2016 21:27

Mantan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sama sekali tak pernah setengah hati saat bermain untuk tim nasional Portugal.

Kontra Portugal, Cacic Minta Kroasia Matikan Ronaldo

Kontra Portugal, Cacic Minta Kroasia Matikan Ronaldo

25-06-2016 13:10

Cacic menyebut jika mega bintang Rela Madrid diberikan sedikit saja ruang, maka ia akan menjadi malapetaka bagi Kroasia.