Nama Lengkap : David Josue Jimenez Silva (Chino)
Tempat Lahir : Arguineguin, Spanyol
Tanggal Lahir : 08 Januari 1986 (29 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Gelandang
No Punggung : 21
Tinggi : 170 cm

Karir

David Josué Jiménez Silva adalah pesepak bola berkewarganegaraan Spanyol yang bermain sebagai gelandang penyerang. Di beberapa kesempatan, dia bisa dimainkan sebagai pemain sayap dan penyerang.

Silva, atau biasanya dia dipanggil, memulai karir sepak bolanya pertama kali dengan bergabung bersama tim junior UD San Fernando. Sebelum menjadi gelandang, Silva bermain sebagai penjaga gawang. Hingga Silva berusia 14 tahun, dia mendapat tawaran untuk bergabung bersama tim junior Valencia. Tanpa banyak menunggu, Silva menerima tawaran itu dan bertahan di tim junior Valenicia hingga usianya 17 tahun.

Silva memiliki ayah yang murni dari Spanyol, sedangkan ibunya memiliki keturunan dari Jepang. Hal ini membuatnya mendapat panggilan "Chino", bahasa Spanyol yang berarti Cina.

Dipromosikan untuk bermain bersama tim inti Valencia, Silva dipinjamkan ke SD Eibar dan memulai debut profesionalnya di sana. Bersama Eibar, Silva bermain di 35 pertandingan dan mencetak 4 gol. Di musim berikutnya, Silva dipinjamkan kepada Celta de Vigo, dimana dia telah bermain di 34 pertandingan dengan mengoleksi gol sebanyak 4.

Chino kembali bersama Valencia pada musim panas tahun 2006 dan menjadi pemain penting di usianya yang saat itu masih 20 tahun. Debutnya bersama Valencia ketika bermain melawan RCD Espanyol pada 5 November 2006, dan menahan skor imbang 1-1 hingga akhir pertandingan.

Pada Agustus 2008, Silva memperpanjang kontraknya bersama Valencia. Pada tahun 2008, Silva dan rekan0rekannya berhasil mengantarkan Valencia pada kemenangan di turnamen Copa del Rey.

Karena mengalami cedera yang cukup parah di pergelangan kakinya, Silva harus rela melewatkan 3 bulan pertamanya di musim 2008-2009 dengan beristirahat. Dia kembali bermain pada pertengahan Desember 2008.

Di musim 2009-2010, pemain yang lahir pada 8 Januari 2986 silam ini mencetak gol terbanyaknya untuk klub sebanyak 8, yang membuat Valencia mendapat posisi ketiga  dan kembali bermain di Champions League.

Pada tahun 2010, pihak Manchester City secara resmi mengumumkan Silva akan bergabung dengan klub sebelum musim 2010-2011 dimulai.

Silva debut di Liga Premier pertamanya pada 14 Agustus 2010, saat melawan Tottenham Hotspurs dengan skor imbang 0-0. Chino mencetak gol pertamanya satu bulan setelah debutnya di Europa League melawan Red Bull Salzburg di menit ke-8 pertandingan. Rumor media mengatakan bahwa Silva kembali ke Spanyol karena mengalami kesulitan beradaptasi dengan permainan di Inggris. Namun, performanya bersama City musim itu membuat kagum para Citizens dan membuatnya menjadi Player of the Month di klub selama 3 bulan berturut-turut, sejak Oktober hingga Desember 2010.

Mengawali musim 2011-2012, Silva mencetak gol ketiga City dan mengalahkan Swansea City 4-0 dan menjadi Man of the Match dari pertandingan tersbeut. Di musim tersebut, Silva dan Manchester City mendapatkan piala kemenangan di Liga Premier. Nama SIlva juga menjadi salah satu dari pemain City yang menjadi Team of the Year di Liga Premier.

Pada 17 September 2012, Silva memperpanjang kontrak dengan City hingga tahun 2017 ke depan. Di awal musim, Silva harus melewatkan 4 pertandingan City karena cedera yang dialami ketika bermain bersama Timnas Spanyol.

Di awal musim 2013-2014, Silva menyarangkan gol pertama pertandingan ketika melawan Newcastle di kandang, dengan hasil akhir 4-0.

Kiprahnya bersama tim nasional Spanyol sudah dimulai ketika Silva menjadi bagian di turnamen World Championship U-17 tahun 2003, dan menyumbangkan 3 gol untuk tim.

Di tahun 2006, Silva menjadi bagian dari skuad Spanyol U-21, dan mencetak 4 gol di turnamen World Youth Championship 2005.

Di tahun yang sama, Silva mendapat penggilan untuk bergabung bersama tim nasional senior. Pertandingan pertamanya ketika menjamu Rumania pada pertengahan November 2006 denga skor akhir 1-0, kemenangan bagi Spanyol. Setelah itu, Silva mendapat tempat untuk bermain di Piala Eropa 2008. Silva dan rekan-rekan dari skuad Spanyol berhasil mengantarkan tim hingga partai final. Namun, Silva terlibat insiden saling dorong dengan pemain Jerman, Lukas Podolski, yang menimbulkan keluarnya kata-kata emosi dari kedua pihak. Hal ini membuat Silva digantikan untuk meredam emosinya.

Di Piala Dunia 2010, Spanyol bertemu kembali dengan Jerman, dan berhasil memenangkan pertandingan semi-final dan melaju hingga partai final dan menjadi jawara.


Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru David Silva

Andai Juara Ditentukan di Laga Terakhir, Ini Kata David Silva

Andai Juara Ditentukan di Laga Terakhir, Ini Kata David Silva

13-01-2016 10:02

David Silva menilai musim ini persaingan berebut trofi Premier League sangat ketat. Gelandang Manchester City ini pun berharap timnya bisa menjadi yang terbaik.

Silva: City Harus Bisa Tanpa Kompany

Silva: City Harus Bisa Tanpa Kompany

13-01-2016 07:19

Bintang Manchester City, David Silva, meminta timnya untuk mencari keseimbangan kala mereka tampil tanpa kapten Vincent Kompany.

Silva Incar Trofi Liga Champions di City

Silva Incar Trofi Liga Champions di City

13-01-2016 06:53

Gelandang Manchester City, David Silva, belum lama ini mengatakan ia ingin memenangkan Liga Champions bersama Manchester City sebelum menutup karirnya.

Guardiola Tertarik Jasa Alexis Sanchez

Guardiola Tertarik Jasa Alexis Sanchez

09-01-2016 17:00

Manajer Bayern Munchen, Josep Guardiola, sudah meminta agennya, Josep Maria Orobitg, untuk mengamankan transfer bintang Arsenal, Alexis Sanchez, di klub berikutnya yang akan ia tangani.

Redknapp: Mesut Ozil Seperti Hantu

Redknapp: Mesut Ozil Seperti Hantu

23-12-2015 10:38

Mesut Ozil adalah pemain yang punya daya jelajah tinggi dan sang gelandang Jerman akan menjadi kunci kesukesan Arsenal meraih gelar juara Premier League musim ini.

Thierry Henry Tegaskan Ozil Lebih Hebat Ketimbang Silva

Thierry Henry Tegaskan Ozil Lebih Hebat Ketimbang Silva

22-12-2015 19:57

Thierry Henry meminta perdebatan tentang siapa yang lebih hebat antara Mesut Ozil dan David Silva dihentikan, karena sudah jelas Ozil yang lebih oke.

Ozil Pede Bisa Ambil Tiga Poin Dari Man City

Ozil Pede Bisa Ambil Tiga Poin Dari Man City

22-12-2015 01:17

Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, mengaku percaya diri timnya bakal bisa mengalahkan Manchester City di Emirates Stadium, Selasa (22/12).

Silva: Sterling Akan Catat Sejarah

Silva: Sterling Akan Catat Sejarah

21-12-2015 12:09

David Silva belum lama ini menyebut nama Raheem Sterling sebagai sosok pemain yang bakal mencatat sejarah penting bersama Manchester City.

Silva Tak Terkejut dengan Kebangkitan Ozil

Silva Tak Terkejut dengan Kebangkitan Ozil

21-12-2015 11:41

David Silva mengaku tak terkejut dengan keberhasilan Mesut Ozil menemukan bentuk permainan terbaiknya di Arsenal.

Bagi Silva, Liga Champions Lebih Penting Timbang Premier League

Bagi Silva, Liga Champions Lebih Penting Timbang Premier League

21-12-2015 11:04

David Silva mengakui bahwa Premier League merupakan gelar juara yang amat penting bagi Manchester City, klub yang tengah ia bela saat ini.