Nama Lengkap : Didier Yves Drogba Tebily
Tempat Lahir : Abidjan, Pantai Gading
Tanggal Lahir : 11 Maret 1978 (37 Tahun)
Kebangsaan : Pantai Gading
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 11
Tinggi : 189 cm

Didier Yves Drogba Tébily (lahir 11 Maret 1978 di Abidjan, Pantai Gading) adalah seorang pemain sepak bola Pantai Gading yang bermain di posisi pemain depan (striker).

Ia bermain untuk klub Chelsea di Liga Utama Inggris dan merupakan kapten serta pencetak gol terbanyak sepanjang masa dari Tim nasional sepak bola Pantai Gading.

Ia mencetak lebih banyak gol bagi Chelsea dibanding pemain asing lainnya dan saat ini ia berada di urutan kesembilan pencetak gol terbanyak sepanjang masa The London Blues Chelsea.

Sejak kecil Drogba telah mengadu nasib di Prancis, Drogba membuat debut profesional saat berusia 18 tahun untuk klub Ligue 2 Le Mans.

Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya berumur 21 tapi tidak sampai satu musim 2002-03 ia menyadari potensinya, ia mencetak 17 gol dalam 34 penampilan di Ligue 1 untuk Guingamp.

Selama musim yang sama ia membuat penampilan internasional pertama bagi Pantai Gading pada bulan September dan mencetak gol internasional pertamanya pada bulan Februari.

Dia pindah ke Olympique de Marseille pada tahun 2003 seharga £ 3.3 juta dan melanjutkan keproduktifannya di sana, ia mengakhiri musim itu sebagai pencetak gol terbanyak ke-3 di liga dengan 19 gol dan mengantarkan klubnya ke Final Piala UEFA 2004.

Drogba pindah ke Chelsea musim berikutnya untuk pemecah rekor biaya transfer sebesar £ 24 juta, membuat dia menjadi pemain Pantai Gading yang paling mahal dalam sejarah. Selain itu, Drogba mencetak gol menentukan tahun 2005 di FA Community Shield dan Final Piala Liga dan membantu klubnya memenangkan gelar juara liga.

Dia juga pernah terpilih sebagai pemain sepak bola terbaik benua Afrika tahun 2006.

Usai sempat berlabuh di klub China, Shanghai Shenhua pada 2012, Drogba akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Galatasaray, pada bursa transfer musim dingin Januari 2013.

Berita Terbaru Didier Drogba

Drogba: John Terry Petarung Sejati

Drogba: John Terry Petarung Sejati

15-03-2016 14:30

Mantan pemain Chelsea, Didier Drogba tak ketinggalan memberikan pujian kepada mantan rekan setim yang juga kapten Chelsea, John Terry yang baru saja mencapai catatan penampilan spektakuler.

Komitmen, Alasan Drogba Tolak Kembali ke Chelsea

Komitmen, Alasan Drogba Tolak Kembali ke Chelsea

04-03-2016 09:49

Didier Drogba membantah laporan yang menyebut dirinya akan kembali ke Chelsea. Ditegaskan olehnya, dirinya sangat berkomitmen bersama Montreal Impact.

Kevin-Prince Boateng Menyesal Cueki Nasehat Didier Drogba

Kevin-Prince Boateng Menyesal Cueki Nasehat Didier Drogba

23-02-2016 12:02

Pemain AC Milan, Kevin-Prince Boateng mengungkapkan bagaimana dirinya sama sekali tak pernah mendengarkan nasehat dari Didier Drogba yang menurutnya, membuat dirinya menjadi pemain yang 'gagal' di Premier League.

Hazard Sebut Drogba Bisa Jadi Pemimpin di Chelsea

Hazard Sebut Drogba Bisa Jadi Pemimpin di Chelsea

06-02-2016 17:00

Eden Hazard belum lama ini mengungkap pentingnya dukungan yang diberikan oleh mantan pemain Chelsea, Didier Drogba, kala tim dan dirinya sendiri tengah berusaha keras bangkit dari start buruk yang mereka catat di awal musim.

Hiddink Pastikan Drogba Tak Kembali ke Stamford Bridge

Hiddink Pastikan Drogba Tak Kembali ke Stamford Bridge

25-01-2016 10:39

Bos interim Chelsea, Guus Hiddink, mengatakan Didier Drogba tidak akan kembali ke Stamford Bridge musim ini.

Drogba Batal Balik ke Chelsea

Drogba Batal Balik ke Chelsea

25-01-2016 06:40

Didier Drogba dikabarkan akan segera kembali berlatih di Montreal Impact pada Februari, sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai kembalinya sang pemain ke Chelsea.

Drogba Diharap Tak Gabung Chelsea

Drogba Diharap Tak Gabung Chelsea

15-01-2016 07:00

Didier Drogba sempat disebut bakal menyatakan pensiun dan mengakhiri kerja sama dengan Montreal Impact, demi bergabung kembali dengan Chelsea. Namun hingga kini belum ada pengumuman resmi dari kedua belah pihak.

Hiddink Bantah Rumor Kedatangan Drogba ke Chelsea

Hiddink Bantah Rumor Kedatangan Drogba ke Chelsea

11-01-2016 06:47

Guus Hiddink membantah rumor yang mengatakan Didier Drogba akan segera bergabung kembali dengan Chelsea sebagai asistennya.

Enrique Tak Bersedia Tampung Pedro di Barca

Enrique Tak Bersedia Tampung Pedro di Barca

09-01-2016 17:20

Luis Enrique dikabarkan menolak kesempatan untuk membawa kembali Pedro Rodriguez ke Barcelona, sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Drogba, Kunci Hazard Bertahan di Chelsea

Drogba, Kunci Hazard Bertahan di Chelsea

08-01-2016 08:01

Kehadiran Didier Drogba di Chelsea akan menadi kunci keberhasilan klub mempertahankan Eden Hazard.