Nama Lengkap : Didier Yves Drogba Tebily
Tempat Lahir : Abidjan, Pantai Gading
Tanggal Lahir : 11 Maret 1978 (37 Tahun)
Kebangsaan : Pantai Gading
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 11
Tinggi : 189 cm

Didier Yves Drogba Tébily (lahir 11 Maret 1978 di Abidjan, Pantai Gading) adalah seorang pemain sepak bola Pantai Gading yang bermain di posisi pemain depan (striker).

Ia bermain untuk klub Chelsea di Liga Utama Inggris dan merupakan kapten serta pencetak gol terbanyak sepanjang masa dari Tim nasional sepak bola Pantai Gading.

Ia mencetak lebih banyak gol bagi Chelsea dibanding pemain asing lainnya dan saat ini ia berada di urutan kesembilan pencetak gol terbanyak sepanjang masa The London Blues Chelsea.

Sejak kecil Drogba telah mengadu nasib di Prancis, Drogba membuat debut profesional saat berusia 18 tahun untuk klub Ligue 2 Le Mans.

Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya berumur 21 tapi tidak sampai satu musim 2002-03 ia menyadari potensinya, ia mencetak 17 gol dalam 34 penampilan di Ligue 1 untuk Guingamp.

Selama musim yang sama ia membuat penampilan internasional pertama bagi Pantai Gading pada bulan September dan mencetak gol internasional pertamanya pada bulan Februari.

Dia pindah ke Olympique de Marseille pada tahun 2003 seharga £ 3.3 juta dan melanjutkan keproduktifannya di sana, ia mengakhiri musim itu sebagai pencetak gol terbanyak ke-3 di liga dengan 19 gol dan mengantarkan klubnya ke Final Piala UEFA 2004.

Drogba pindah ke Chelsea musim berikutnya untuk pemecah rekor biaya transfer sebesar £ 24 juta, membuat dia menjadi pemain Pantai Gading yang paling mahal dalam sejarah. Selain itu, Drogba mencetak gol menentukan tahun 2005 di FA Community Shield dan Final Piala Liga dan membantu klubnya memenangkan gelar juara liga.

Dia juga pernah terpilih sebagai pemain sepak bola terbaik benua Afrika tahun 2006.

Usai sempat berlabuh di klub China, Shanghai Shenhua pada 2012, Drogba akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Galatasaray, pada bursa transfer musim dingin Januari 2013.

Berita Terbaru Didier Drogba

Hiddink Bantah Rumor Kedatangan Drogba ke Chelsea

Hiddink Bantah Rumor Kedatangan Drogba ke Chelsea

11-01-2016 06:47

Guus Hiddink membantah rumor yang mengatakan Didier Drogba akan segera bergabung kembali dengan Chelsea sebagai asistennya.

Enrique Tak Bersedia Tampung Pedro di Barca

Enrique Tak Bersedia Tampung Pedro di Barca

09-01-2016 17:20

Luis Enrique dikabarkan menolak kesempatan untuk membawa kembali Pedro Rodriguez ke Barcelona, sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Drogba, Kunci Hazard Bertahan di Chelsea

Drogba, Kunci Hazard Bertahan di Chelsea

08-01-2016 08:01

Kehadiran Didier Drogba di Chelsea akan menadi kunci keberhasilan klub mempertahankan Eden Hazard.

Drogba Sedikit Lagi Kembali Gabung Chelsea

Drogba Sedikit Lagi Kembali Gabung Chelsea

07-01-2016 06:54

Didier Drogba selangkah lagi bakal kembali ke Chelsea, usai muncul laporan yang mengatakan bahwa ia akan pensiun dan otomatis membatalkan kontraknya bersama klub MLS, Montreal Impact.

Drogba Minta Chelsea Pulangkan Lukaku

Drogba Minta Chelsea Pulangkan Lukaku

28-12-2015 07:57

Meski belum resmi dikontrak kembali oleh Chelsea, legenda klub Didier Drogba rupanya sudah mulai berani memberikan saran pada tim berjuluk The Blues mengenai transfer pemain.

Chelsea Bisa Kontrak Drogba Sebagai Pemain

Chelsea Bisa Kontrak Drogba Sebagai Pemain

26-12-2015 11:20

Chelsea bisa memberikan kontrak sebagai pemain pada Didier Drogba, jika ia mampu mencari jalan untuk mengakhiri kesepakatan yang dibuat dengan Montreal Impact.

Drogba Tengah Lakukan Negosiasi dengan Chelsea

Drogba Tengah Lakukan Negosiasi dengan Chelsea

24-12-2015 09:00

Didier Drogba kemungkinan bakal meninggalkan MLS, usai Montreal Impact, klub yang tengah dibela sang striker, belum lama ini menggunakan media sosial untuk mengindikasikan bahwa mereka tengah terlibat pembicaraan dengan Chelsea mengenai kemungkinan pemain Pantai Gading kembali ke Stamford Bridge.

Hiddink Inginkan Drogba Sebagai Asisten di Chelsea

Hiddink Inginkan Drogba Sebagai Asisten di Chelsea

21-12-2015 07:09

Manajer yang baru ditunjuk Chelsea, Guus Hiddink, belum lama ini mengkonfirmasi bahwa ia menginginkan Didier Drogba sebagai asisten manajer di The Blues.

Drogba Akan Latih Chelsea?

Drogba Akan Latih Chelsea?

20-12-2015 05:40

Didier Drogba akan kembali ke Chelsea sebagai bagian dari staff kepelatihan klub, atas permintaan Roman Abramovich, menurut laporan yang belum lama ini diturunkan oleh Jeune Afrique.

Drogba Tidak Tutup Kemungkinan Kembali Ke Chelsea

Drogba Tidak Tutup Kemungkinan Kembali Ke Chelsea

19-12-2015 23:17

Drogba menyebut bahwa ia tidak menutup kemungkinan untuk membela The Blues di paruh kedua musim nanti.