EMILIANOVIVIANO

Emiliano Viviano
Nama Lengkap : Emiliano Viviano
Tempat Lahir : Florence, Italia
Tanggal Lahir : 01 Desember 1985 (29 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Arsenal
Posisi : Kiper
No Punggung : 13
Tinggi : 195 cm

Karir

Emiliano Viviano merupakan pemain kelahiran Florence yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia adalah salah satu penjaga gawang yang memiliki visi bertahan yang baik. Kemampuannya membaca arah bola sering membantu timnya dari gempuran para penyerang lawan.

Viviano memulai karir sepak bolanya bersama dengan akademi klub kota kelahirannya, Fiorentina, pada 1999. Ia bermain mengesankan bersama dengan tim akademi Fiorentina. Setelah tiga musim berlatih bersama dengan akademi Fiorentina, pemain kelahiran 1 Desember ini memutuskan untuk melanjutkan karir sepak bolanya bersama dengan Brescia.

Ketika usianya sudah mencapai 19 tahun, Inter Milan memberikan kontrak profesional untuk pertama kali dalam karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola. Sayangnya, ia segera dipinjamkan ke klub serie B, Cesena, sebelum ia bisa membuktikan kemampuannya kepada manajemen Inter Milan. Ia memulai debutnya bersama Cesena dengan bagus. Sayangnya, sepanjang musim ia hanya 13 kali dimainkan dengan alasan pengalaman penjaga gawang asal Florence ini masih belum mencukupi.

Semusim dimiliki Inter dan langsung dipinjamkan ke klub serie B, Cesena, Viviano memutuskan untuk hijrah ke salah satu klub serie B, Brescia. Bersama dengan Brescia inilah karir sepak bola profesionalnya sebagai penjaga gawang menanjak dengan cepat.

Ia dengan segera mengamankan namanya dalam starting eleven Brescia. Penjaga gawang dengan kemampuan pengamatan yang baik ini seakan menjadi tak tergantikan posisinya sebagai orang terakhir dibawah mistar Brescia. Ia bermain selama 4 musim bersama Brescia dengan memainkan 126 kali pertandingan sebelum akhirnya hijrah ke klub Serie A, Bologna pada jendela transfer musam panas 2009.

Viviano bermain dengan baik selama mengenakan jersey kebanggaan Bologna. Posisinya sebagai penjaga gawang nomor 1 seakan tak bisa digeser oleh kiper cadangan Bologna. Kala bermain untuk Bologna, Viviano menjadi salah satu penjaga gawang yang namanya masuk dalam nominasi calon penjaga gawang tim nasional Italia. Memainkan 72 kali pertandingan dengan gemilang untuk Bologna, Viviano seakan mencuri perhatian banyak klub Serie A.

Pada awal musim 2011, Viviano kembali lagi ke kota Milan untuk membela Inter. Si biru-hitam dari Milan membelinya kembali dari Bologna dengan status perjanjian kepemilikan bersama senilai €4.1 juta. Sebenarnya proses transfer Viviano ke Inter terbilang cukup lucu.

Direktur olahraga Bologna, Stefano Pedrelli, tak sengan mengurangi tawarannya untuk kontrak kepemilikan bersama dengan Inter. Atas tawaran €4.1 juta, pihak Bologna hanya menuliskan separuh nilai dari tawaran Inter sehingga Viviano berstatus sebagai pemain Inter.

Sayangnya, karirnya bersama Inter tak berjalan mulus. Ia harus menepi dari lapangan selama separuh musim akibat cedera pada kaki kirinya. Hal itu membuat pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini sama sekali tak mendapat kesempatan bermain di Inter dan pada musim selanjutnya dibeli oleh sesama klub Serie A, Palermo.

Sebernarnya sebelum dibeli oleh Palermo, pihak Inter sudah memiliki kesepakatan untuk menukar Viviano dengan Juraj Kucka yang menjadi milik Genoa dengan status kepemilikan bersama. Namun cedera yang dialami Viviano membuat kedua klub sepakat untuk memulai transfer ketika cedera Viviano sudah sembuh.

Namun sebelum Viviano resmi bergabung dengan Genoa, pihak Palermo memutuskan untuk membeli separuh hak kepemilikan Viviano dari Genoa sehingga status kepemilikan penjaga gawang tersebut menjadi milik Palermo.

Viviano segera dipinjamkan ke klub kota kelahirannya, Fiorentina, setelah ia datang ke Palermo. Bersama dengan Fiorentina, Viviano bermain apik dengan mengemas 32 kali pertandingan. Ia juga sukses menembus posisi kiper kedua tim nasional Italia dibawah kiper veteran Gianluigi Buffon.

Pada awal musim 2013/2014, pemain asal Florence ini kembali dipinjamkan oleh Palermo. Kali ini Arsenal yang sukses mengamankan jasanya dengan status pinjaman guna memperketat persaingan posisi penjaga gawang bersama dengan Szczesny dan Fabianski.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Emiliano Viviano

Arsenal Bergerak Dekati Pantilimon

Arsenal Bergerak Dekati Pantilimon

29-05-2014 09:44

Metro melaporkan bahwa nama kiper Manchester City, Costel Pantilimon berada dalam bidikan The Gunners.

Jadi Cadangan Mati di Arsenal, Viviano Petik Pelajaran

Jadi Cadangan Mati di Arsenal, Viviano Petik Pelajaran

19-05-2014 12:55

Meskipun mengakui bahwa dirinya cukup kecewa, namun Viviano juga menyatakan bahwa ada pelajaran yang bisa diambil dari kisahnya musim ini.

Jelang Final FA, Penggawa Arsenal Hadiri 'Ultah' Istri Arteta

Jelang Final FA, Penggawa Arsenal Hadiri 'Ultah' Istri Arteta

13-05-2014 08:41

Jelang final Piala FA, sejumlah penggawa Arsenal menghadiri undangan makan malam untuk merayakan ulang tahun Lorena Bernal, istri gelandang The Gunners asal Spanyol Mikel Arteta.

Demi Piala Dunia, Viviano Siap Tinggalkan Arsenal

Demi Piala Dunia, Viviano Siap Tinggalkan Arsenal

27-01-2014 15:39

Emiliano Viviano adalah pemain pinjaman di Arsenal sejak September 2013. Namun, kiper yang dimiliki bersama oleh Palermo dan Internazionale itu nyaris tak pernah dimainkan oleh manajer The Gunners Arsene Wenger.

Szczesny Jadikan Cech Sebagai Panutan

Szczesny Jadikan Cech Sebagai Panutan

13-11-2013 14:25

Ketika ditanya mengenai konsistensinya yang membaik musim ini, pemain 23 tahun ini secara tidak langsung merujuk kepada kiper Chelsea, Petr Cech sebagai panutannya.

Wenger: Szczesny Tetap Nomor 1 Di Arsenal

Wenger: Szczesny Tetap Nomor 1 Di Arsenal

17-10-2013 10:25

Arsene Wenger mengaku dia sama sekali tak ada rencana untuk mempromosikan Emiliano Viviano ke posisi pertama. Gawang Arsenal masih bakal dikawal oleh Wojciech Szczesny

Arsenal Targetkan Brad Guzan

Arsenal Targetkan Brad Guzan

09-10-2013 14:08

Arsenal kini disebut tengah memantau performa Brad Guzan di Aston Villa. Kiper asal AS itu kemungkinan bakal menjadi rekrutan anyar Wenger di Januari nanti

Wenger Puji Penampilan Cemerlang Szczesny

Wenger Puji Penampilan Cemerlang Szczesny

04-10-2013 09:47

Manajer Arsenal, Arsene Wenger melepas pujiannya setelah melihat penampilan Wojciech Szczesny dalam beberapa laga terakhir.

Wenger Tak Perlu Pikir Panjang Rekrut Viviano

Wenger Tak Perlu Pikir Panjang Rekrut Viviano

14-09-2013 17:00

Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengaku tak perlu pikir panjang untuk bisa mendatangkan kiper Emiliano Viviano dengan status pinjaman hingga akhir musim nanti.

Viviano Ingin Curi Tempat Szczesny di Arsenal

Viviano Ingin Curi Tempat Szczesny di Arsenal

04-09-2013 04:30

Emiliano Viviano mengaku tak ingin berada di Emirates Stadium sebagai penghangat bangku cadangan. Ia menginginkan posisi utama di sektor penjaga gawang.