GLENJOHNSON

Glen Johnson
Nama Lengkap : Glen McLeod Cooper Johnson
Tempat Lahir : Greenwich
Tanggal Lahir : 23 Agustus 1984 (29 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Liverpool
Posisi : Bek
No Punggung : 2
Tinggi : 182 cm

Karir

Glen McLeod Cooper Johnson atau yang lebih akrab disapa Johnson adalah pesepak bola asal Inggris yang sudah bermain i untuk membela punggawa tim nasional Inggris sejak tahun 2003. Karir sepak bolanya sudah dimulai sejak dia berumur 15 tahun di klub junior ternama, West Ham United, pada tahun 2000 silam. Karir profesionalnya pun resmi dimulai setelah Johnson menandatangan kontrak selama tiga tahun bersama klub pada 1 Agustus 2001 dan mengenakan kaos bernomor punggung 23.

Pada musim 2001-2002, dia harus puas tertahan menjadi langganan duduk di bangku cadangan sebagai pemain pengganti, dan tidak memiliki kesempatan untuk  tergabung dalam tim inti. Di musim yang sama, dia menyetujui kontrak sebagai pemain pinjaman selama 4 minggu bersama Millwall.

Setelah bermain beberapa saat bersama Wilmall, dia kembali bersama Hammers, julukan West Ham United, dan mendapat kesempatan untuk debut bersama klub pada 22 Januari 2003 melawan Charlton Athletic.

Pada pertengahan Mei 2003, Johnson memutuskan untuk hengkang dari Hammers dan bergabung bersama Chelsea dua bulan setelahnya. Permainan debutnya sekaligus membawa Chelsea pada kemenangan di pertandingan tandang melawan Zilina 17 Agustus 2003. Gol pertamanya untuk Chelsea berhasil ia dapatkan di laga kandang 2 minggu setelah pertandingan debutnya.

Chelsea berhasil membawa pulang piala kejuaraan Football League Cup 2005 dan Liga Premier musim 2004-2005. Namun sangat disayangkan, dia tidak dapat berpartisipasi bersama klub di Liga Premier dikarenakan mengalami cedera paha dan membuatnya hanya bisa bermain di 4 pertandingan.

Pada Juni 2006, Johnson bergabung bersama Portsmouth sebagai pemain pinjaman dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada Awal tahun 2007, masih bergabung bersama Porthsmouth, Johnson tertangkap basah dalam percobaan pencurian toilet duduk dan menukarnya dengan menaruhnya di kotak yang terlihat murah. Dia didenda sebanyak £80 atas perbuatannya tersebut. Setelah kembali dengan Chelsea, dia bermain di pembukaan Liga Premier dalam laga kandang melawan Birmingham City.

Pada akhir Agustus 2007, Johnson menandatangani kontrak 4 tahun untuk Portsmouth. Pertandingan pertamanya setelah resmi menjadi pemain Portsmouth ketika melawan Arsenal dan menang 3-1. Kemenangan ini membuatnya mendapatkan posisi sebagai bek kanan tetap di klub.

Johnson mengoleksi gol kembali setelah 3 tahun saat melawan Wigan Athletic. Johnson juga adalah pemain termuda dari daftar 50 pemain terbaik di Porthsmouth, berdasarkan majalah Time Online.

Pihak Liverpool mengkonfirmasi bahwa Johnson sudah menandatangani empat tahun kontrak dan resmi bergabung bersama klub pada akhir Juni 2009. Di pertengahan Juli 2009, dia membuat debut di pertandingan pra-musim melawan St. Gallen yang berakhir dengan skor imbang 0-0. Pertandingan pertamanya di Liga Premier ketika melawan Tottenham Hotspur pada pertengahan Agustus 2009.

Gol pertamanya untuk Liverpool berhasil dieksekusi oleh Johnson ketika melawan Stoke City dan menjadi man of the match pada pertandingan tersebut.

Dia sempat mengalamai cedera di lutut kanannya ketika melawan Aston Villa dan mengharuskan Johnson untuk istirahat paling tidak satu bulan. Setelah sembuh dari cederanya, Johnson kembali bermain pada bulan Maret 2010 dan menjebol gawang Sunderland.

Pada Juli 2011, Johnson memperpanjang kontraknya bersama Liverpool. Bergabungnya Johnson bersama klub membuat Liverpool memenangkan piala pertama di turnamen Football League Cup 2012.

Johnson sudah mendapat kepercayaan untuk bermain di Timnas Inggris U-21 dan debut pada 18 November 2003, dimainkan untuk menggantikan Gary Neville di menit ke-16. Karena dinilai bermain kurang baik, Johnson kehilangan posisinya di Kualifikasi Piala Dunia 2005. Pemain bertinggi badan 182 sentimeter ini baru mendapat kesempatan menjadi tim inti di bawah asuhan Fabio Capello pada Januari 2008.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2010, dia mengamankan posisinya sebagai bek kanan di tim inti dan berhasil mengoleksi gol pertamanya di pertandingan persahabatan melawan Meksiko pada 24 Mei 2010 di Stadion Wembley dan memberikan kemenangan bagi Inggris 3-1. Johnson juga turut berpartisipasi di Piala Eropa 2012, di mana ia bermain di empat pertandingan bagi tim Tiga Singa yang melaju hingga babak perempat final.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Glen Johnson

Review: Liverpool Pecundangi City

Review: Liverpool Pecundangi City

13-04-2014 21:42

Liverpool berhasil mengalahkan tamunya Manchester City dengan skor 3-2 pada ajang Premier League di Anfield, Minggu (13/4).

Radar Barca dan Madrid Soroti Glen Johnson

Radar Barca dan Madrid Soroti Glen Johnson

07-04-2014 15:58

Penampilan Glen Johnson bersama Liverpool musim ini rupanya masih punya daya tarik tersendiri hingga namanya dilaporkan laris manis di Spanyol.

Liverpool Bisa Terus Kuasai Puncak Klasemen

Liverpool Bisa Terus Kuasai Puncak Klasemen

31-03-2014 19:33

Glen Johnson percaya bahwa Liverpool bisa terus berada di puncak klasemen hingga akhir musim ini.

Rodgers Ingin Johnson Tetap di Anfield

Rodgers Ingin Johnson Tetap di Anfield

25-03-2014 19:22

Manajer Liverpool Brendan Rodgers rupanya masih ingin terus menggunakan jasa Glen Johnson. Rodgers berharap mantan pemain Portsmouth ini bisa mendapatkan perpanjangan kontrak di Anfield.

Glen Johnson Anggap Suporter Netral Ingin Liverpool Juara

Glen Johnson Anggap Suporter Netral Ingin Liverpool Juara

24-03-2014 19:25

Defender Glen Johnson menganggap bahwa kubu suporter yang netral ingin melihat Liverpool menjuarai Premier League musim ini. Menurut Johnson banyak pihak yang tak ingin gelar juara hanya dikuasai satu tim saja.

Johnson ke Madrid Musim Depan?

Johnson ke Madrid Musim Depan?

23-03-2014 10:25

Bek Liverpool, Glen Johnson, disebut masuk dalam incaran Real Madrid musim depan.

Handball Johnson Harusnya Berbuah Penalti

Handball Johnson Harusnya Berbuah Penalti

17-03-2014 03:26

David Moyes mengatakan bahwa insiden handball Johnson semestinya memang diganjar penalti, sama seperti insiden yang menimpa Rafael.

Sturridge Yakini Sterling Akan Tampil Lebih Baik

Sturridge Yakini Sterling Akan Tampil Lebih Baik

08-03-2014 03:30

Penyerang Liverpool Daniel Sturridge memberikan komentarnya perihal rekan setimnya tersebut. Sturridge meyakini bahwa Raheem Sterling akan tampil lebih baik dari yang sudah ditampilkan saat ini.

Glen Johnson Merasa Ditipu Mourinho

Glen Johnson Merasa Ditipu Mourinho

07-03-2014 10:53

Bek Liverpool, Glen Johnson melancarkan serangan kepada Jose Mourinho dengan menuding bos Chelsea itu memberi janji palsu kepadanya.

Review: Ketajaman Sturridge Menangkan Inggris

Review: Ketajaman Sturridge Menangkan Inggris

06-03-2014 05:06

Pasukan Roy Hodgson memetik kemenangan tipis atas Denmark di Wembley.