Nama Lengkap : James Philip Milner
Tempat Lahir : Wortley, Leeds, Inggris
Tanggal Lahir : 04 Januari 1986 (28 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 175 cm

Karir

Gelandang yang memiliki kemampuan menyerang yang baik ini merupakan salah satu gelandang yang mampu mengubah jalannya alur pertandingan. Tekad dan semangat juangnya yang tinggi kerap membantu mengangkat moral rekan-rekan satu timnya kala mereka berada dalam situasi yang sulit. Kemampuannya dalam hal kecepatan dan kekuatan juga kerap menjadi senjata dalam penyerangan yang dibangun oleh timnya.

Pemain yang memiliki nama lengkap James Philip Milner ini mengawali karirnya di dunia sepak bola bersama dengan klub kota kelahirannya, Leeds United. Ia bergabung bersama dengan akademi Leeds United kala usianya baru 10 tahun.

Bakat sepak bola Milner terlihat sejak kecil. Disamping memiliki kemampuan dalam pelajaran sekolah yang baik, Milner juga memiliki bakat yang luar biasa sebagai olahragawan. Kala bergabung dengan akademi Leeds United, ia sangat berkeinginan untuk bisa bermain di tim utama. Hal itu dikarenakan Milner adalah fans sejati klub kota kelahirannya tersebut.

Pada November 2002, Milner memulai debutnya bersama dengan tim senior Leeds United. Bagi pemain kelahiran 4 Januari ini bermain untuk tim utama Leeds adalah impiannya sejak kecil. Ia merupakan pemain termuda yang pernah bermain di level Premier League kala itu dengan usianya yang baru 16 tahun 309 hari.

Gol pertamanya juga merupakan salah satu gol yang spesial karena ia lesakkan pada usianya yang baru 16 tahun 356 hari. Selain itu, gol tersebut terasa spesial karena dengan gol tersebut, Leeds sukses meraih kemenangan 2-1 atas Sunderland pada Boxing Day 2002.

Ia mencetak gol keduanya kala melawan Chelsea sebulan setelah gol pertamanya. ia sukses memperdaya bek Chelsea, Marcel Desaily, dengan gerakan lincahnya dan kemudian melesakkan tendangan dari jarak 16 meter. Gol tersebut menjadi salah satu gol terbaik sepanjang musim. Bahkan pelatih Chelsea kala itu, Claudio Ranieri, menilai penampilan Milner sudah seperti pemain yang berpengalaman dengan ketenangan dan kemampuannya menghindari penjagaan Desaily.

Sayangnya, karir gemilangnya bersama dengan Leeds harus berakhir pada akhir musim 2003 / 2004. Permasalahan finansial yang melanda kubu Leeds mengharuskan pihak klub untuk menjual beberapa pemain inti mereka. Meski pada awalnya pihak klub enggan menjual Milner, namun pada akhirnya tawaran £3,6 juta dari Newcastle meluluhkan para petinggi klub sehingga mereka rela melepasnya.

Meski sedih atas kepergiannya dari klub yang ia cintai, Milner tetap berjuang dengan sepenuh tenaga bagi klub barunya tersebut. Ia dengan cepat menempati posisi utama dan menjadi pemain idola di kubu Newcastle. Sayangnya, hal tersebut tak bertahan lama setelah dipecatnya sang manajer, Bobby Robson, dan digantikan oleh Graeme Souness.

Di bawah arahan pelatih baru tersebut, Milner tersingkir dari jajaran pemain inti Newcastle dengan harus bermain dengan status pinjaman ke Aston Villa selama satu musim penuh. Masa peminjaman tersebut ia jalani dengan gemilang.

Ketika kembali ke Newcaslte setelah masa peminjamannya selesai, Milner mendapat posisi utama di skuat Newcastle dibawah arahan pelatih barunya Glenn Roeder. Milner barmain apik sepanjang musim dengan catatan beberapa kali umpannya sukses dikonversi menjadi gol oleh penyerang Newcastle. Sayangnya, fisiknya yang terlalu terbebani mulai menghambat permainannya. Ia sendiri harus menepi dari 9 pertandingan Newcastle.

Pada Agustus 2008, Milner resmi kembali ke Aston Villa. Namun kali ini ia kembali ke Aston Villa bukan dengan status pinjaman melainkan sebagai pemain resmi milik Aston Villa. Milner dengan segera merebut hari para fans the Villans dengan performa menawannya.

Ia sukses mengangkat performa Aston Villa dibawah arahan Martin O’Neill dengan kerap kali menyulitkan tim-tim besar Liga Inggris. Atas dasar penampilan tersebut, pihak Manchester City kemudian menaruh ketertarikan terhadap pemain kelahiran Leeds ini.

City menunjukkan keseriusannya dalam perburuan James Milner dengan tawaran £20 juta. Namun tawaran tersebut masih ditolak kubu Aston Villa dengan alasan Milner adalah pemain terbaik tim. Tawaran City akhirnya diterima dengan nominal £28,5 juta.

Bersama dengan The Citizens, Milner sukses memberikan gelar Premier League, FA Cup dan Community Shield untuk kubu Manchester Biru.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru James Milner

Milner Tak Bisa Lupakan Kemenangan 1-6 di Old Trafford

Milner Tak Bisa Lupakan Kemenangan 1-6 di Old Trafford

31-10-2014 00:53

Pemain Manchester City James Milner mengaku tak bisa melupakan kemenangan telak 6-1 di kandang Manchester United pada tahun 2011 silam.

Milner Ingin Beri Suporter City Kemenangan Saat Derby

Milner Ingin Beri Suporter City Kemenangan Saat Derby

31-10-2014 00:11

Pemain Manchester City James Milner bertekad memberikan kemenangan kepada suporter setia The Citizens kala menjamu Manchester United.

Milner: City Serius Hadapi Newcastle

Milner: City Serius Hadapi Newcastle

28-10-2014 02:25

Bermodalkan dua hasil yang tak ideal, Man City akan menjamu Newcastle dalam lanjutan Capital One Cup. James Milner pun memastikan keseriusan timnya.

Galeri: Skuat City Tiba Dari Moskow Dengan Bad Mood

Galeri: Skuat City Tiba Dari Moskow Dengan Bad Mood

22-10-2014 19:05

Skuat Manchester City sudah tiba di Inggris setelah kunjungan dari Rusia.

Ditahan CSKA, Hart Enggan Salahkan Cuaca Ekstrim

Ditahan CSKA, Hart Enggan Salahkan Cuaca Ekstrim

22-10-2014 17:43

Kiper Manchester City Joe Hart tak mau menyalahkan cuaca ekstrim di Rusia atas kegagalan timnya meraih tiga poin di Liga Champions.

Hart Anggap Hasil Imbang Lawan CSKA Adil

Hart Anggap Hasil Imbang Lawan CSKA Adil

22-10-2014 17:20

Kiper Joe Hart menilai hasil seri 2-2 yang didapat dari laga CSKA Moscow kontra Manchester City dalam lanjutan Liga Champions merupakan hasil yang adil bagi kedua klub tersebut.

Terganjal, Pers Inggris Sesali Kecerobohan Man City

Terganjal, Pers Inggris Sesali Kecerobohan Man City

22-10-2014 09:49

Manchester City gagal memaksimalkan laga kontra CSKA Moscow di Rusia, dan menurut media Inggris itu tak lepas dari kecerobohan sang juara Premier League.

Pellegrini Akui City Tak Maksimal di Babak Kedua

Pellegrini Akui City Tak Maksimal di Babak Kedua

22-10-2014 02:46

Hanya bisa membawa pulang satu poin dari Rusia, Manuel Pellegrini mengakui timnya hanya bermain baik di babak pertama.

Highlights UCL: CSKA Moscow 2-2 Manchester City

Highlights UCL: CSKA Moscow 2-2 Manchester City

22-10-2014 01:29

Manchester City belum berhasil meraih kemenangan di grup E Liga Champions setelah mengakhiri duel di Arena Khimki dengan skor 2-2 atas tuan rumah CSKA Moscow, Selasa (22/10) malam.

Review: Man City Buang Keunggulan Dua Gol di Rusia

Review: Man City Buang Keunggulan Dua Gol di Rusia

22-10-2014 00:59

Manchester City belum berhasil meraih kemenangan di grup E Liga Champions setelah mengakhiri duel di Arena Khimki dengan skor 2-2 atas tuan rumah CSKA Moscow, Selasa (22/10) malam.