Nama Lengkap : Javier Adelmar Zanetti
Tempat Lahir : Buenos Aires, Argentina
Tanggal Lahir : 10 Agustus 1973 (41 Tahun)
Kebangsaan : Argentina
Klub : Inter Milan
Posisi : Bek
No Punggung : 4
Tinggi : 0 cm

Javier Adelmar Zanetti lahir pada tanggal 10 Agustus 1973 di Buenos Aires, Argentina. Dia mendapat julukan Pupi di Argentina. Setelah bermain di Italia, Zanetti kembali mendapat julukan, yaitu Il Trattore (The Tractor) karena kekuatan, keuletan, stamina dan kemampuan berlarinya melewati pemain bertahan lawan ketika ikut membantu menyerang dari posisi bek kanannya. Belakangan ini dia juga bermain di posisi pemain tengah kanan.

Setelah ditolak masuk ke tim muda Independiente, Zanetti bergabung dengan Talleres de Remedios de Escalada (tim divisi 2). Tetapi tidak lama kemudian pada tahun 1993 dia pindah ke klub divisi satu Argentina, Banfield. Zanetti yang saat itu masih berumur 20 tahun memulai debutnya pada tanggal 12 September 1993 ketika melawan River Plate. Gol pertamanya terjadi 17 hari kemudian saat melawan Newell's Old Boys yang berakhir dengan kedudukan 1-1. Penampilannya yang menawan membuatnya menjadi incaran klub-klub besar. Pada tahun 1995, dia akhirnya pindah ke Inter menjadi pembelian pertama dari Massimo Moratti.

Debutnya bersama Inter terjadi pada tanggal 27 Agustus 1995 saat melawan Vicenza. Kualitas Zanetti membuatnya menjadi pemain sepak bola yang dihormati. Meski terkadang dia dikritik sebagai pemain yang suka protes saat di lapangan, tetapi dia berhasil menjadi salah satu pemain Inter yang paling konsisten, dapat diandalkan dan bisa dipercaya. Karena itu dia diangkat menjadi kapten tim, dan mendapatkannya dari pemain bertahan legenda Inter, Giuseppe Bergomi.

Zanetti mulai bermain bagi tim nasional Argentina pada tanggal 16 November 1994 melawan Chili. Saat itu Argentina masih dilatih oleh yang saat itu dilatih oleh Daniel Passarella. Sejak saat itu dia menjadi bagian penting dari tim nasional. Namun ada suatu kontroversi, setelah memperkuat timnas selama babak kualifikasi, Zanetti tidak dipanggil untuk memperkuat tim nasional Argentina untuk putara final Piala Dunia 2006 oleh pelatih Jose Pekerman. Pelatih itu lebih memilih memanggil Lionel Scaloni.

Berita Terbaru Javier Zanetti

Keyakinan Zanetti Pada Mancini dan Inter

Keyakinan Zanetti Pada Mancini dan Inter

04-12-2014 01:11

Wakil presiden Inter, Javier Zanetti yakin Mancini akan membuat Inter makin berkembang.

Zanetti: Kovacic, Kunci Inter Taklukkan Rossoneri

Zanetti: Kovacic, Kunci Inter Taklukkan Rossoneri

22-11-2014 21:00

Gelandang 20 tahun Kroasia Mateo Kovacic bisa menjadi kunci kemenangan Inter Milan saat melakoni derby kontra AC Milan di giornata 12 Serie A 2014/15, Senin (24/11). Pendapat tersebut dilontarkan oleh eks kapten Inter Javier Zanetti.

Zanetti: Ronaldo Terbaik, Zidane Tersulit

Zanetti: Ronaldo Terbaik, Zidane Tersulit

16-11-2014 22:23

Mantan Kapten Inter Milan, Javier Zanetti, mengungkapkan bahwa Ronaldo dan Zinedine Zidane adalah lawan paling tangguh yang penah ia hadapi di sepanjang karirnya.

Zanetti Girang Mancini Kembali ke Inter

Zanetti Girang Mancini Kembali ke Inter

16-11-2014 21:24

Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti, mengaku sangat senang melihat Roberto Mancini kembali melatih La Beneamata.

Zanetti: Kritik Untuk Messi Tidak Adil

Zanetti: Kritik Untuk Messi Tidak Adil

10-09-2014 00:37

Legenda Inter Milan Javier Zanetti menganggap kritik tajam yang dialamatkan kepada Lionel Messi karena gagal mengantarkan Argentina merebut Piala Dunia 2014 sangat tidak adil.

Zanetti Akan Dapat Jabatan Baru di Inter

Zanetti Akan Dapat Jabatan Baru di Inter

09-09-2014 23:52

Wakil presiden Inter Milan Javier Zanetti mengakui bahwa dirinya akan mengemban jabatan baru di klubnya saat ini.

Zanetti Doakan Cristante Sukses di Benfica

Zanetti Doakan Cristante Sukses di Benfica

08-09-2014 19:31

Legenda Inter Milan, Javier Zanetti, mendoakan Bryan Cristante agar bisa sukses setelah menuntaskan kepindahannya dari AC Milan ke Benfica.

Ranocchia Jadikan Zanetti dan Buffon Sosok Panutan Sebagai Kapten

Ranocchia Jadikan Zanetti dan Buffon Sosok Panutan Sebagai Kapten

28-08-2014 18:34

Andrea Ranocchia mengakui bahwa sosok Javier Zanetti merupakan panutan bagi dirinya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kapten Inter Milan yang baru.

Ranocchia Belum Terbiasa Jadi Kapten Inter

Ranocchia Belum Terbiasa Jadi Kapten Inter

28-08-2014 18:15

Andrea Ranocchia mengungkapkan bahwa dirinya masih belum terbiasa dengan peran barunya sebagai kapten Inter Milan.

Gary Medel: Javier Zanetti Selalu Jadi Panutan

Gary Medel: Javier Zanetti Selalu Jadi Panutan

25-08-2014 22:31

Pemain baru Inter, Gary Medel menyatakan ingin menunjukkan kemampuannya dan bermain bagus guna memberikan banyak trofi bagi klub barunya itu.