Nama Lengkap : Jordi Alba Ramos
Tempat Lahir : L'Hospitalet de Llobregat, Spanyol
Tanggal Lahir : 21 Maret 1989 (27 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Barcelona
Posisi : Bek
No Punggung : 18
Tinggi : 170 cm

Karir

Jordi Alba Ramos adalah seorang pemain sepakbola yang beroperasi sebagai sebagai bek kiri. Namun karena kecepatannya, dia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang kiri bila diperlukan.

Pemuda bertanggal lahir 21 Maret 1989 ini meniti karir sepakbola sejak umur dini dengan bergabung ke beberapa klub sepakbola, salah satunya adalah klub junior FC Barcelona selama 7 tahun. Alba meninggalkan klub pada 2005.

Setelah itu dia bergabung ke UE Cornellà selama hampir dua tahun. Beralih ke Valencia CF dimana dia menyelesaikan pendidikan sepakbolanya. Selama bersama Valencia, dia muncul menjadi pemeran penting di La Liga. Tahun 2012, Alba memutuskan untuk kembali ke Barcelona.

Pada 28 Juni 2012, Alba resmi menandatangani lima tahun kontrak dengan Barcelona. Dia memulai debut resminya pada 19 Agustus di tahun yang sama, berlaga selama 90 menit dan memenangkan laga kandang 5-1 melawan Real Sociedad.

Alba terpilih untuk mewakili tim nasional Spanyol U-19 di UEFA European Under-19 Football Championship 2008. Dengan tim yang sama, Spanyol berhasil berlaga empat kali dan memenangkan medali emas di ajang Mediterranenan Games 2009. Dia juga menjadi bagian skuad tim di ajang bergengsi FIFA U-20 World Cup tahun 2009 di Mesir.

Alba juga menjadi salah satu perwakilan Spanyol di Piala Eropa 2012 dan muncul di tim pertama kali pada 2011. Alba mendapat panggilan pertamanya untuk bergabung ke dalam tim nasional senior pada 30 september 2011 untuk dua pertandingan terakhir UEFA Euro 2012 melawan Republik Ceko dan Skotlandia.

Alba dimasukkan ke dalam skuat timnas Spanyol untuk final di Polandia dan Ukraina, dan bermain di semua pertandingan hingga ke laga final. Di final melawan Italia, setelah mendapat umpan dari Xavi selama menyerang, dia berhasil mencetak skor kedua dan berakhir dengan skor 4-0.

Alba juga terpilih untuk memperkuat skuat timnas senior Spanyol untuk Piala Konfederasi di Brasil. Dia bermain di 4 pertandingan, menjebloskan gol dua kali dan menang melawan Nigeria.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Jordi Alba

Disebut Bodoh Oleh Alba, Kovacic Kuasai Lima Bahasa

Disebut Bodoh Oleh Alba, Kovacic Kuasai Lima Bahasa

07-12-2016 18:35

Satu tema yang menjadi bahasan penas pasca gelaran El Clasico pada pekan lalu ada aksi Jordi Alba yang menuding Mateo Kovacic dengan sebutan pemain bodoh. Tapi, faktanya Kovacic tak sebodoh yang dibayangkan oleh Alba

Video: Jordi Alba Sebut Kovacic Bodoh

Video: Jordi Alba Sebut Kovacic Bodoh

07-12-2016 00:39

Bek Barcelona, Jordi Alba, terekam kamera menyebut gelandang muda Real Madrid Mateo Kovacic sebagai pemain yang bodoh.

Alba: Menang Lawan Madrid, Barca Bisa Panaskan La Liga

Alba: Menang Lawan Madrid, Barca Bisa Panaskan La Liga

29-11-2016 08:07

Jordi Alba menekankan pentingnya laga antara Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou akhir pekan ini, dalam menentukan nasib tim Catalan di bursa juara La Liga musim ini.

Jordi Alba Terancam Tak Bisa Main di El Clasico

Jordi Alba Terancam Tak Bisa Main di El Clasico

28-11-2016 23:18

Bek Barcelona Jordi Alba diragukan bisa bermain kala menghadapi derby El Clasico lawan Real Madrid yang akan berlangsung akhir pekan depan. Ia mengalami cedera lutut setelah menjalani laga menghadapi Real Sociedad kemarin.

Wapres Barca: Tim Sudah Rebut Satu Poin Emas

Wapres Barca: Tim Sudah Rebut Satu Poin Emas

28-11-2016 09:36

Wakil presiden Barcelona, Carles Vilarrubi, memuji kerja keras yang ditunjukkan oleh tim Catalan, usai mereka mampu mengemas satu angka dari duel sengit melawan Real Sociedad di Anoeta semalam.

Alba: Clasico Nanti Barca Kemas Tiga Poin

Alba: Clasico Nanti Barca Kemas Tiga Poin

28-11-2016 09:30

Jordi Alba belum lama ini mengatakan bahwa Barcelona amat percaya diri bisa meraih kemenangan di laga Clasico melawan Real Madrid akhir pekan nanti.

Alba: Hasil Imbang Barcelona Bukan Bencana

Alba: Hasil Imbang Barcelona Bukan Bencana

28-11-2016 08:08

Jordi Alba mengatakan bahwa hasil imbang yang diraih oleh Barcelona di laga melawan Real Sociedad semalam sama sekali bukan bencana, meski kini tim tertinggal enam angka di belakang Real Madrid di klasemen.

Lawan Malaga, Tiga Bek Barca Sembuh Dari Cedera

Lawan Malaga, Tiga Bek Barca Sembuh Dari Cedera

16-11-2016 23:33

Barcelona akan mendapatkan tambahan kekuatan saat berjumpa dengan Malaga di lanjutan La Liga, Sabtu (19/11) mendatang. Tiga bek mereka yang selama ini mengalami cedera sudah sembuh.

Barca ke Andalusia Tanpa Pique dan Alba

Barca ke Andalusia Tanpa Pique dan Alba

03-11-2016 20:49

Usai menderita kekalahan dari Manchester City, Barcelona akan kembali melanjutkan kiprah mereka di pentas La Liga. Barca akan melawan tim asal Andalusia, Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pijzuan (7/11).

Pique Cedera, Nani Tak Senang

Pique Cedera, Nani Tak Senang

21-10-2016 11:19

Nani mengatakan bahwa ia tidak senang mendengar kabar cedera yang dialami oleh Gerard Pique dan Jordi Alba, menjelang pertemuan antara Valencia dan Barcelona di laga La Liga yang akan berlangsung di Mestalla akhir pekan ini.