Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (52 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Mourinho Ungkap Rahasia Kesuksesan Menangani Tim Eropa

Mourinho Ungkap Rahasia Kesuksesan Menangani Tim Eropa

10-06-2015 16:26

Jose Mourinho mengungkapkan rahasia kesuksesannya setiap menangani klub di Eropa. Pelatih asal Portugal tersebut menjelaskan, setiap tim yang ada dalam asuhannya, membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Chelsea Sudah Siap Tancap Gas untuk Parkir Bus

Chelsea Sudah Siap Tancap Gas untuk Parkir Bus

10-06-2015 15:55

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, menegaskan telah siap menghadapi Premier League musim depan. Pelatih 52 tahun tersebut menyatakan The Blues tak akan mengubah cara bermain.

Mourinho Bangga Bisa Jadi 'Supir Bus' Yang Baik

Mourinho Bangga Bisa Jadi 'Supir Bus' Yang Baik

10-06-2015 15:33

Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih dengan filosofi bertahan di Premier League sehingga Chelsea disebut sering menggunakan taktik 'parkir bus'.

Coentrao Tunggu Pinangan Chelsea

Coentrao Tunggu Pinangan Chelsea

10-06-2015 14:49

Berusia 27 tahun dan empat musim usai Real Madrid membayar 30 juta euro untuk mendapatkannya dari Benfica, masa depan Fabio Coentrao kembali dipertanyakan di Bernabeu.

Varane Siap Tinggalkan Madrid, Chelsea & MU Siaga

Varane Siap Tinggalkan Madrid, Chelsea & MU Siaga

10-06-2015 14:29

Raphael Varane dikabarkan siap pergi dari Real Madrid dan hal tersebut membuat beberapa klub Premier League yang tertarik dengan jasanya mulai siaga.

Tunjuk Bilic, West Ham Kejar Bintang Barca & Chelsea

Tunjuk Bilic, West Ham Kejar Bintang Barca & Chelsea

10-06-2015 14:06

Tak lama usai West Ham resmi mengumumkan Slaven Bilic sebagai manajer baru mereka, The Guardian melaporkan bahwa klub yang bermarkas di Upton Park itu tengah mengincar dua pemain anyar di bursa transfer.

Mourinho Janjikan Tiga Pemain Anyar di Chelsea

Mourinho Janjikan Tiga Pemain Anyar di Chelsea

10-06-2015 06:57

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, mengatakan bahwa prioritas utamanya di musim panas ini adalah mempertahankan pemain terbaiknya, namun ia menjanjikan kedatangan tiga penggawa anyar.

Tumben, Mourinho Puji Arsenal dan Wenger

Tumben, Mourinho Puji Arsenal dan Wenger

10-06-2015 01:37

Manajer Chelsea Jose Mourinho mengatakan bahwa Arsenal akan menjadi penantang gelar yang serius di musim depan.

Mourinho Akan Blokir Transfer Cech ke Arsenal

Mourinho Akan Blokir Transfer Cech ke Arsenal

10-06-2015 01:21

Manajer Chelsea Jose Mourinho mengisyaratkan akan berusaha keras mencegah transfer Petr Cech menuju ke Arsenal.

Ini Syarat Dari Mourinho Bila Arsenal, Liverpool dan MU Inginkan Cech

Ini Syarat Dari Mourinho Bila Arsenal, Liverpool dan MU Inginkan Cech

09-06-2015 22:08

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho memberikan peringatan kepada klub peminat jasa Petr Cech. Menurutnya, klub lain harus memasukkan pemainnya sebagai bagian dari transfer Petr Cech.