Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (51 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Ditendang Bradford, Cech Desak Chelsea Segera Bangkit

Ditendang Bradford, Cech Desak Chelsea Segera Bangkit

25-01-2015 19:42

Petr Cech mengajak rekan-rekannya segera bangkit pasca kekalahan menyakitkan dari Bradford City di Stamford Bridge.

Cech Tak Bisa Jelaskan Kekalahan Chelsea

Cech Tak Bisa Jelaskan Kekalahan Chelsea

25-01-2015 19:25

Kiper Chelsea Petr Cech mengaku tak bisa menjelaskan kekalahan 4-2 yang diderita timnya dari Bradford City di Stamford Bridge.

Mourinho: Silahkan Kritik Chelsea, Tapi Jangan Lupa Puji Bradford

Mourinho: Silahkan Kritik Chelsea, Tapi Jangan Lupa Puji Bradford

25-01-2015 09:15

Manajer Chelsea, Jose Mourinho secara legawa menyatakan bahwa timnya layak dikritik usai tersingkir dari putaran empat Piala FA semalam (24/01).

Termakan Psywar Sendiri, Mourinho Malu

Termakan Psywar Sendiri, Mourinho Malu

25-01-2015 08:45

Tanpa menyebut nama klub secara spesifik, pria asal Portugal ini sebelumnya sempat menyindir salah satu tim besar yang bersyukur karena didepak tim divisi tiga dari turnamen domestik dan menyebut hal itu sebagai sesuatu yang memalukan.

Ramires Buka Peluang Tinggalkan Chelsea

Ramires Buka Peluang Tinggalkan Chelsea

25-01-2015 05:00

Ramires membuka peluang untuk pergi dari Chelsea dalam waktu dekat.

Mendes: Mourinho Bisa Saja Kembali ke Madrid

Mendes: Mourinho Bisa Saja Kembali ke Madrid

25-01-2015 01:00

Jorge Mendes menyebut Jose Mourinho punya kemungkinan untuk kembali ke Real Madrid suatu saat nanti.

Mourinho Sumringah Sambut Ketertarikan Douglas Costa

Mourinho Sumringah Sambut Ketertarikan Douglas Costa

25-01-2015 00:20

Jose Mourinho mengaku dirinya senang dengan kabar mengenai ketertarikan Douglas Costa bermain di Chelsea.

Lepas Schurrle, Mourinho Ingin Harga 'Fenomenal'

Lepas Schurrle, Mourinho Ingin Harga 'Fenomenal'

24-01-2015 23:40

Jose Mourinho memberikan komentarnya mengenai masa depan Andre Schurrle di Chelsea.

Ancelotti Tolak Bandingkan Metode Melatihnya Dengan Mourinho

Ancelotti Tolak Bandingkan Metode Melatihnya Dengan Mourinho

24-01-2015 20:45

Carlo Ancelotti secara diplomatis menolak untuk melakukan perbandingan gaya melatih yang dilakukannya dengan cara yang diterapkan oleh Jose Mourinho.

Mourinho Ungkap Cara Hindarkan Chelsea Dari Penyakit Menular

Mourinho Ungkap Cara Hindarkan Chelsea Dari Penyakit Menular

24-01-2015 18:45

Manajer Chelsea, Jose Mourinho mengungkapkan cara khusus yang dilakukan timnya untuk menghindari permasalahan penyakit menular.