Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (51 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Penasaran Torres, Inzaghi Korek Informasi Dari Mou

Penasaran Torres, Inzaghi Korek Informasi Dari Mou

30-08-2014 23:55

Sebagai calon bos Fernando Torres di AC Milan, Filippo Inzaghi tentu ingin mengetahui seluk beluk tentang bomber asal Spanyol tersebut.

Ronaldo Sebut Era Mourinho di Madrid Berjalan Buruk

Ronaldo Sebut Era Mourinho di Madrid Berjalan Buruk

30-08-2014 22:29

Cristiano Ronaldo dilaporkan menyebut era Jose Mourinho di Real Madrid berjalan amat buruk.

Chelsea Sepakat Tebus Remy?

Chelsea Sepakat Tebus Remy?

30-08-2014 22:22

Rumor pendekatan Chelsea pada Loic Remy dilaporkan sudah mendekati final dengan The Blues bersedia menebus klausul pembebasan striker Prancis itu.

Apa Kata Mourinho Tentang Lawan-lawan Chelsea di Fase Grup UCL?

Apa Kata Mourinho Tentang Lawan-lawan Chelsea di Fase Grup UCL?

30-08-2014 05:06

Dianggap tak akan mendapatkan kesulitan berarti setelah terundi di grup G bersama Schalke, Sporting Lisbon dan Maribor, inilah analisis singkat Mourinho terhadap ketiga lawannya itu.

Diego Costa Berlatih Jelang Lawan Everton

Diego Costa Berlatih Jelang Lawan Everton

30-08-2014 00:29

Mourinho menyampaikan kondisi terbaru Diego Costa yang tengah pekan kemarin mengalami cedera otot.

Mourinho Nilai Everton Akan Merepotkan Premier League

Mourinho Nilai Everton Akan Merepotkan Premier League

29-08-2014 23:48

Berbekal pengetahuan mengenai kekuatan The Toffees, Mourinho mengakui musim ini pun Everton akan sangat merepotkan para pemburu gelar.

Mourinho Masih Gandoli Torres?

Mourinho Masih Gandoli Torres?

29-08-2014 22:02

Jose Mourinho masih belum berani buka-bukaan terkait masa depan Fernando Torres. Ia bahkan terkesan masih ingin menggandoli strikernya itu di Chelsea.

Alonso Siap Belajar Dari Guardiola

Alonso Siap Belajar Dari Guardiola

29-08-2014 21:44

Xabi Alonso mengaku sudah siap belajar banyak setelah pindah ke Bayern Munich.

Preview: Everton vs Chelsea, Kejar Tiga Sempurna

Preview: Everton vs Chelsea, Kejar Tiga Sempurna

29-08-2014 19:28

Chelsea akan mengusung misi meraih kemenangan ketiga secara beruntun saat bertandang ke markas Everton di Goodison Park (30/08).

Real Madrid Jadi Tambang Emas 'Super Agen' Jorge Mendes

Real Madrid Jadi Tambang Emas 'Super Agen' Jorge Mendes

29-08-2014 15:11

Jorge Mendes menjadi agen pemain yang begitu banyak mendapat pemasukan dari Real Madrid dalam beberapa tahun belakangan.