Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (53 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Rashford Siap Geser Rooney Dari Lini Tengah MU

Rashford Siap Geser Rooney Dari Lini Tengah MU

20-09-2016 22:12

Penyerang muda Manchester United, Marcus Rashford, mengklaim dirinya siap saja tampil di posisi nomor 10 yang saat kerap diperankan oleh Wayne Rooney.

Mourinho Beraninya Cuma ke Luke Shaw, Takut Pada Ibrahimovic

Mourinho Beraninya Cuma ke Luke Shaw, Takut Pada Ibrahimovic

20-09-2016 18:59

Jamie Redknapp melayangkan sebuah kritik keras kepada pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Ia mengecam sikap Mou yang secara terbuka menyalahkan Luke Shaw.

Disia-siakan Mourinho, Djilobodji Ingin Balas Dendam

Disia-siakan Mourinho, Djilobodji Ingin Balas Dendam

20-09-2016 18:02

Papy Djilobodji menyatakan dirinya ingin membalas dendam pada Jose Mourinho atas perlakuan yang ia terima di Chelsea dahulu.

Mourinho Kirim Scout Untuk Amati Carvalho

Mourinho Kirim Scout Untuk Amati Carvalho

20-09-2016 17:01

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, nampaknya benar-benar berniat untuk mendatangkan William Carvalho karena ia sekali lagi meminta scout Setan Merah untuk mengamati permainan gelandang tersebut secara langsung.

Dugarry: Mourinho Tak Lagi Pikirkan Tim

Dugarry: Mourinho Tak Lagi Pikirkan Tim

20-09-2016 15:38

Ego Jose Mourinho semakin besar dan hal tersebut menyulitkannya di semua tim yang ia tangani dalam beberapa tahun belakangan.

Striker Northampton: Mou Harusnya Tak Kritik Shaw

Striker Northampton: Mou Harusnya Tak Kritik Shaw

20-09-2016 15:06

Striker Northampton, Marc Richards, percaya bahwa manajer Manchester United, Jose Mourinho, sudah membuat kesalahan dengan mengkritik pemainnya di depan umum.

Shaw Berang dengan Kritik Jose Mourinho

Shaw Berang dengan Kritik Jose Mourinho

20-09-2016 14:59

Konflik antara Jose Mourinho dan Luke Shaw dikabarkan berlangsung kian intens, usai sang bek disebut tidak senang dengan tindakan manajer Manchester United, yang secara terbuka mengkritiknya usai tim menelan kekalahan di tangan Watford pekan lalu.

Inilah Kebijakan Transfer MU di Januari

Inilah Kebijakan Transfer MU di Januari

20-09-2016 14:54

Manchester United akan menjual satu pemain dan membeli satu pemain anyar, ketika bursa transfer dibuka kembali pada Januari mendatang, menurut laporan yang beredar.

Courtois: Kondisi Memburuk, Mourinho Menjauh dari Pemain

Courtois: Kondisi Memburuk, Mourinho Menjauh dari Pemain

20-09-2016 14:44

Thibaut Courtois belum lama ini buka suara mengenai apa yang terjadi di ruang ganti Chelsea musim lalu, ketika mereka menunjukkan permainan yang amat buruk kala bermain dengan status juara bertahan Premier League.

Redknapp: MU Buat Pogba Seperti Berharga 20 Juta Pounds

Redknapp: MU Buat Pogba Seperti Berharga 20 Juta Pounds

20-09-2016 12:07

Jamie Redknapp berkeras bahwa bintang Manchester United, Paul Pogba, bermain seperti pemain berharga 20 juta pounds ketika ia diminta mengisi slot duo gelandang di lini tengah klub.