Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (51 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

'City Bakal Kesulitan Kejar Chelsea'

'City Bakal Kesulitan Kejar Chelsea'

25-11-2014 22:10

Mantan bintang Manchester City Keith Curle menilai The Citizens bakal kesulitan mengejar Chelsea yang saat ini berdiri kokoh di puncak klasemen sementara Premier League.

Labouef: Chelsea Bisa Menangkan Premier League dan Liga Champions

Labouef: Chelsea Bisa Menangkan Premier League dan Liga Champions

25-11-2014 21:12

Mantan defender Chelsea, Frank Labouef, meyakini bahwa John Terry cs bakal bisa memenangi trofi Premier League dan juga Liga Champions musim ini.

Mourinho: Liga Europa Akan Sangat Buruk Bagi Chelsea

Mourinho: Liga Europa Akan Sangat Buruk Bagi Chelsea

25-11-2014 17:48

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho menegaskan bahwa timnya sama sekali tertarik untuk bermain di Liga Europa. Liga Europa selama ini dikenal sebagai kompetisi kasta kedua setelah Liga Champions.

Dibandingkan Di Matteo, Mourinho 'Pamer' Prestasi di Chelsea

Dibandingkan Di Matteo, Mourinho 'Pamer' Prestasi di Chelsea

25-11-2014 16:05

Jose Mourinho mengakui jika Roberto Di Matteo sukses mencatat sejarah di Chelsea saat mempersembahkan trofi Liga Champions, tetapi juga menegaskan ia bukan satu-satunya sosok berjasa di Stamford Bridge.

Mourinho: Liga Champions Bukan Target Chelsea

Mourinho: Liga Champions Bukan Target Chelsea

25-11-2014 15:03

Manajer Chelsea, Jose Mourinho menegaskan jika fokusnya saat ini bukanlah memburu trofi Liga Champions, melainkan membentuk tim yang kuat di mana gelar juara bakal jadi konsekuensi jangka panjangnya.

Bawa Chelsea Juara Champions, Mourinho Anggap Di Matteo Cuma Hoki

Bawa Chelsea Juara Champions, Mourinho Anggap Di Matteo Cuma Hoki

25-11-2014 12:37

Jose Mourinho menganggap Roberto Di Matteo cuma sekedar beruntung bisa membawa Chelsea menjadi juara Liga Champions di tahun 2012.

Cruyff: Mourinho Tak Cocok di Barca, Ronaldo? Absurd

Cruyff: Mourinho Tak Cocok di Barca, Ronaldo? Absurd

25-11-2014 11:01

Johan Cruyff memberikan pendapatnya mengenai kemungkinan Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo pindah ke Barcelona.

Ancelotti: Nego Kontrak dengan Madrid Tengah Berlangsung

Ancelotti: Nego Kontrak dengan Madrid Tengah Berlangsung

25-11-2014 08:13

Carlo Ancelotti mengungkap bahwa pihaknya tengah terlibat negosiasi kontrak anyar dengan Real Madrid.

Mourinho Tak Tertarik Rekrut Reus

Mourinho Tak Tertarik Rekrut Reus

25-11-2014 05:45

Manajer Chelsea Jose Mourinho menegaskan bahwa bahwa dirinya sama sekali tidak tertarik untuk memboyong pemain Borussia Dortmund Marco Reus.

Lawan Schalke, Mourinho Ingin Chelsea Lolos

Lawan Schalke, Mourinho Ingin Chelsea Lolos

25-11-2014 05:26

Dihadapkan pada jadwal padat di bulan Desember, Mourinho menginginkan kemenangan di kandang Schalke agar terhindar dari pertandingan yang menentukan di matchday keenam.