Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (52 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Nantes Sepakat Lepas Papy Djilobodji ke Chelsea

Nantes Sepakat Lepas Papy Djilobodji ke Chelsea

31-08-2015 21:27

Chelsea dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Nantes untuk merekrut defender mereka, Papy Djilobodji.

Bates Sebut Chelsea Tengah Alami Krisis

Bates Sebut Chelsea Tengah Alami Krisis

31-08-2015 14:13

Steve Bates dari The People mengatakan Chelsea tengah berada di dalam krisis, usai mereka mencatat start buruk musim ini.

Legenda MU: Kalah, Pemain Chelsea Perlu Ditampar

Legenda MU: Kalah, Pemain Chelsea Perlu Ditampar

31-08-2015 11:12

Gary Neville mengklaim para pemain Chelsea yang tampil buruk perlu mendapatkan peringatan keras, usai mereka secara mengejutkan kalah 1-2 dari Crystal Palace pekan lalu.

Mourinho Puji Aktivitas Transfer City, Sindir Petinggi Chelsea?

Mourinho Puji Aktivitas Transfer City, Sindir Petinggi Chelsea?

31-08-2015 10:06

Entah bermaksud menyindir petinggi Chelsea atau memang memberikan pujian kepada rival, Jose Mourinho menyebut bahwa Manchester City telah melakukan pergerakan bagus di bursa transfer musim panas ini.

Zouma Desak Chelsea Segera Berbenah

Zouma Desak Chelsea Segera Berbenah

31-08-2015 08:05

Defender muda Chelsea, Kurt Zouma, meminta rekan-rekan setimnya agar segera menunjukkan penampilan yang lebih baik lagi menyusul hasil buruk yang diterima timnya belakangan ini.

Zouma Kecewa Chelsea Kalah Lagi

Zouma Kecewa Chelsea Kalah Lagi

31-08-2015 07:56

Chelsea harus menelan kekalahan saat menjamu Crystal Palace pada akhir pekan kemarin.

Mourinho: Gol Falcao Tak Ada Artinya untuk Chelsea

Mourinho: Gol Falcao Tak Ada Artinya untuk Chelsea

31-08-2015 07:50

Jose Mourinho memberikan pendapatnya mengenai performa Radamel Falcao, yang masuk sebagai pemain pengganti dan sempat mencetak gol penyeimbang kala Chelsea menjamu Crystal Palace pekan lalu.

Kerja Keras Bangkitkan Chelsea, Mou Tuntut Pemain Kooperatif

Kerja Keras Bangkitkan Chelsea, Mou Tuntut Pemain Kooperatif

31-08-2015 07:39

Jose Mourinho berkeras bahwa ia akan terus berusaha siang dan malam untuk memastikan Chelsea kembali ke bentuk permainan terbaik mereka, namun mengatakan ia akan sedih jika melihat para pemain tidak termovitasi.

Mourinho Kritik Performa Hazard

Mourinho Kritik Performa Hazard

31-08-2015 07:33

Jose Mourinho mengatakan Eden Hazard harus meningkatkan penampilannya, usai Chelsea kalah 1-2 di tangan Crystal Palace di Stamford Bridge pekan lalu.

Benahi Lini Belakang, Chelsea Target Nicolas N'Koulou

Benahi Lini Belakang, Chelsea Target Nicolas N'Koulou

31-08-2015 00:53

Sebelum jendela transfer tutup, Daily Star melaporkan, Chelsea dikabarkan akan memboyong Nicolas N'Koulou dari Marseille.