Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (51 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Chelsea
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Enggan Tangani Portugal, Mourinho Anggap Pemecatan Bento Aneh

Enggan Tangani Portugal, Mourinho Anggap Pemecatan Bento Aneh

15-09-2014 15:25

Jose Mourinho menegaskan bahwa ia tidak tertarik untuk menangani Timnas Portugal dan menganggap pemecatan terhadap Paulo Bento sebagai hal yang aneh.

Ronaldo Buat Mourinho Pendam Kecewa di Liga Champions

Ronaldo Buat Mourinho Pendam Kecewa di Liga Champions

15-09-2014 15:17

Cristiano Ronaldo sempat membuat Jose Mourinho kecewa di Liga Champions, kala sang manajer masih menangani Real Madrid.

Bernabeu 'Sensor' Syal Mourinho dan Spanduk Anti Perez

Bernabeu 'Sensor' Syal Mourinho dan Spanduk Anti Perez

15-09-2014 14:43

Petugas yang ada di stadion Santiago Bernabeu melarang munculnya spanduk berisi slogan anti presiden Florentino Perez dan juga syal pro Jose Mourinho.

Mourinho Minta Chelsea Alihkan Fokus ke Eropa

Mourinho Minta Chelsea Alihkan Fokus ke Eropa

15-09-2014 10:40

Jose Mourinho meminta Chelsea mengalihkan fokus mereka ke Liga Champions, usai mencatat start bagus di Premier League musim ini.

Punya Aura Pemimpin, Mourinho Nilai Costa Mirip Terry

Punya Aura Pemimpin, Mourinho Nilai Costa Mirip Terry

15-09-2014 09:22

Diego Costa dianggap memiliki aura sebagai pemimpin oleh Jose Mourinho, sama halnya seperti yang dimiliki oleh kapten The Blues, John Terry.

Mourinho: Tidak Ada yang Bisa Hentikan Costa

Mourinho: Tidak Ada yang Bisa Hentikan Costa

15-09-2014 09:15

Jose Mourinho memuji karakter Diego Costa, yang memilih terus bermain meski kondisinya tengah diragukan.

Mourinho: Debut Loic Remy Sempurna

Mourinho: Debut Loic Remy Sempurna

15-09-2014 06:45

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho memberikan pujian kepada striker anyar mereka, Loic Remy yang mencetak gol pada debutnya untuk Chelsea.

Mourinho: Chelsea Siap Hadapi 'Hadiah Beracun'

Mourinho: Chelsea Siap Hadapi 'Hadiah Beracun'

15-09-2014 06:30

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho menegaskan bahwa timnya telah siap menerima 'hadiah beracun' dalam beberapa pekan ke depan.

Mourinho: Saya Tak Suka Kebobolan!

Mourinho: Saya Tak Suka Kebobolan!

15-09-2014 01:00

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak bahagia dengan kenyataan Chelsea kebobolan lima gol dalam dua laga.

Mourinho: Bermain Dengan Fabregas Adalah Impian Diego Costa

Mourinho: Bermain Dengan Fabregas Adalah Impian Diego Costa

14-09-2014 23:27

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho yakin bahwa bermain di depan seorang Cesc Fabregas merupakan impian Diego Costa.