Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (53 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Taktik Mourinho Terungkap Saat Pimpin Latihan di Tiongkok

Taktik Mourinho Terungkap Saat Pimpin Latihan di Tiongkok

20-07-2016 19:11

Jose Mourinho telah menentukan tim utama yang menjadi pilihannya. Susunan pemain tersebut terungkap ketika pelatih asal Portugal tersebut memimpin latihan pertama di Tiongkok dalam tour Asia tahun ini.

Era Mourinho Dimulai, Rooney Rasakan Tekanan di MU

Era Mourinho Dimulai, Rooney Rasakan Tekanan di MU

20-07-2016 15:41

Wayne Rooney mengatakan bahwa ia mulai merasakan tekanan, seiring dimulainya era baru Manchester United di bawah manajer anyar, Jose Mourinho.

Inter Melirik Mata

Inter Melirik Mata

20-07-2016 15:06

Kehadiran manajer baru Jose Mourinho di Manchester United ibarat mimpi buruk bagi Juan Mata. Inter Milan pun kabarnya mulai pasang kuda-kuda.

Mourinho Segera Lepas Tiga Pemain Muda MU Ini

Mourinho Segera Lepas Tiga Pemain Muda MU Ini

20-07-2016 13:06

Laporan terbaru menyebut bahwa The Special One akan melepas empat pemain muda Setan Merah pada bursa transfer kali ini, yaitu James Wilson, Tyler Blackett, dan Will Keane.

Mourinho Minta Fellaini Tiru Aksi Obi Mikel

Mourinho Minta Fellaini Tiru Aksi Obi Mikel

20-07-2016 11:30

Jose Mourinho dikabarkan sudah punya rencana khusus untuk Marouane Fellaini.

Mourinho Siap Pertahankan Mata, Asal Jadi Cadangan

Mourinho Siap Pertahankan Mata, Asal Jadi Cadangan

20-07-2016 11:09

Bos Manchester United, Jose Mourinho, mengatakan pada Juan Mata bahwa ia bisa bertahan di klub, namun tidak sebagai pilihan utama di skuatnya musim depan.

Galeri: Skuat MU Bersiap Terbang ke Tiongkok

Galeri: Skuat MU Bersiap Terbang ke Tiongkok

20-07-2016 01:27

Skuat Manchester United, dengan dipimpin oleh Jose Mourinho dan sang Kapten Wayne Rooney, bersiap untuk terbang ke Tiongkok untuk melakoni sesi tur pra musim mereka.

Paddy McNair Ingin Buktikan Kualitasnya Pada Mourinho

Paddy McNair Ingin Buktikan Kualitasnya Pada Mourinho

19-07-2016 22:17

Pramusim adalah saat yang tepat bagi setiap pemain muda guna membuktikan kualitasnya kepada pelatih bahwa ia layak untuk tampil membela tim utama. Hal ini akan dimanfaatkan oleh Paddy McNair bersama Manchester United.

Lawan Dortmund dan Man City di Tiongkok, MU Bawa 25 Pemain

Lawan Dortmund dan Man City di Tiongkok, MU Bawa 25 Pemain

19-07-2016 17:48

Pelatih Jose Mourinho sudah memutuskan untuk membawa skuat yang berisikan 25 pemain. Termasuk juga beberapa pemain yang tampil di Euro 2016 seperti David De Gea, Wayne Rooney dan Chris Smalling

Sebut Messi, Mourinho Tak Pilih Ronaldo Sebagai Pemain Terbaik

Sebut Messi, Mourinho Tak Pilih Ronaldo Sebagai Pemain Terbaik

19-07-2016 15:29

Jose Mourinho belum lama ini diklaim telah menyebut tiga nama pemain yang menurutnya merupakan sosok terbaik di sepanjang sejarah sepakbola dunia.