LUCASMOURA

Lucas Moura
Nama Lengkap : Lucas Rodrigues Moura da Silva
Tempat Lahir : Sao Paulo
Tanggal Lahir : 13 Agustus 1992 (23 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : PSG
Posisi : Gelandang
No Punggung : 29
Tinggi : 173 cm

Karir

  • 2010 - 2013 : Sao Paulo
  • 2013 - : PSG

Lucas Moura lahir di kota Sao Paulo, Brazil. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dibekali skill individu yang apik. Dia biasa beroperasi di sektor  sayap dan dengan kemampuan dribel diatas rata-rata, ia mampu melewati lawan dengan menawan layaknya tarian samba.

Pemain yang lahir pada 13 Agustus 1992 ini mengawali karirnya di dunia sepak bola bersama dengan Clube Atletico Juventus pada tahun 1999. Ia bermain untuk tim akademi  Juventus –SP hingga tahun 2002. Setelah itu Lucas bermain untuk akademi Corinthians hingga tahun 2005. Permainannya yang kian menanjak membuat Sao Paulo tertarik untuk merekrutnya ke dalam bagian tim junior mereka.

Sejak tahun 2005, Lucas menimba ilmu di akademi klub kota kelahirannya, Sao Paulo. Karirnya bersama dengan Sao Paulo tidak langsung melejit layaknya beberapa bintang lainnya. Ia harus menunggu dan bermain untuk tim junior Sao Paulo selama beberapa tahun. Hal itu dikarenakan saat itu Sao Paulo memiliki beberapa pemain berpengalaman yang tampil solid sepanjang musim.

Lucas sendiri tak ambil pusing dengan keadaan tersebut. Meski ia tak kunjung mendapat tempat di skuad utama, namun ia menyadari hal itu adalah karena usianya yang masih terbilang muda. Ia terus tampil dan menimba pengalaman bersama tim junior Sao Paulo hingga tahun 2010 kala dia dinilai sudah layak untuk tampil bersama dengan tim utama Sao Paulo.

Pada musim kompetisi 2010/2011, Lucas dipromosikan ke tim utama Sao Paulo. Ia tampil apik bersama Sao Paulo dimusim pertamanya. Hal itu ditunjukkan dengan kontribusi 4 gol dan 4 assist yang ia torehkan dalam 25 kali penampilannya. Penampilannya semakin apik pada musim selanjutnya. Ia sukses menyarangkan 9 gol kegawang lawan dan memberikan assist sebanyak 4 kali dalam 28 kali penampilannya. Penampilan padunya bersama dengan tim utama tak lepas dari kebersamaan Lucas yang selama 5 tahun bermain untuk tim akademi dan junior. Ia pun juga sukses membawa Sao Paulo menjuarai Copa Sudamericana pada tahun 2012.

Atas pertimbangan penampilannya yang impresif bersama Sao Paulo, Lucas Moura dipanggil untuk memperkuat tim nasional Brazil U-20 pada South American Under-20 tournament yang digelar pada tahun 2011. Penampilan Lucas sepanjang turnamen bisa dibilang mengesankan. Ia bahkan sukses mencetak hat-trick saat melawan Uruguay dimana pertandingannya sendiri berakhir dengan skor 6 gol tanpa balas. Penampilan impresif itulah yang membuat Lucas menjadi langganan tim nasional senior Brazil sejak tahun 2011.

Penampilannya yang impresif tersebut membuat beberapa klub elit eropa menginginkan jasanya. Tercatat ada Manchester United dan Inter Milan yang sempat menawarnya hingga €30 juta. Namun yang berhasil mendapatkan jasanya adalah klub kaya raya asal Perancis, Paris Saint-Germain. PSG sendiri harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk mendapatkan pemain ini. Harga pemain yang bernama lengkap Lucas Rodrigues Moura da Silva ini mencapai €43 juta kala PSG memboyongnya dari Sao Paulo. Tak ayal hal tersebut menjadi rekor pembelian termahal bagi PSG dan juga penjualan paling menguntungkan bagi Sao Paulo.

Lucas memang resmi dibeli oleh PSG pada jeda transfer musim panas 2012, namun ia baru membela klub asal ibu kota Perancis tersebut pada Januari 2013. Lucas menerangkan bahwa pelatih PSG saat itu, Leonardo, yang telah sukses membuatnya menolak tawaran dari Manchester United dan memilih PSG.

Lucas sudah menjadi langganan Timnas senior sejak tahun 2011. Pada kompetisi piala konfederasi pada tahun 2013, ia juga turut menjadi anggota Timnas Brazil yang sukses merebut trofi juara pada turnamen tersebut.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Lucas Moura

Dapat Kontrak Baru, Lucas Ingin Bawa PSG Juara Liga Champions 2016

Dapat Kontrak Baru, Lucas Ingin Bawa PSG Juara Liga Champions 2016

04-06-2015 04:05

Playmaker Brasil, Lucas Moura resmi memperpanjang kontraknya bersama PSG usai turut mempersembahkan quadruple gelar musim 2015-16.

Moura: Ibra Absen Lawan Barca? Ada Cavani

Moura: Ibra Absen Lawan Barca? Ada Cavani

13-04-2015 13:43

Lucas Moura mengaku tidak terlalu khawatir, meski PSG tidak akan diperkuat oleh Zlatan Ibrahimovic, kala mereka menjamu Barcelona di leg pertama babak perempat final Liga Champions di Paris tengah pekan ini.

Moura: Messi Terbaik Dunia, Dia Idola Saya

Moura: Messi Terbaik Dunia, Dia Idola Saya

13-04-2015 13:39

Lucas Moura, pemain PSG, mengaku ia amat mengidolakan Lionel Messi, bintang Barcelona yang disebut-sebut sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang ada dunia untuk saat ini.

Moura: Neymar Seorang Jenius

Moura: Neymar Seorang Jenius

13-04-2015 13:33

Lucas Moura memberikan pujian pada Neymar, jelang duel perempat final Liga Champions antara PSG dan Barcelona, yang akan digelar di Parc des Princes tengah pekan ini.

Lucas Moura Ternyata Nyaris Gabung MU

Lucas Moura Ternyata Nyaris Gabung MU

31-03-2015 17:35

Agen gelandang PSG Lucas Moura mengungkapkan bahwa kliennya nyaris saja bergabung dengan Manchester United.

Prancis Nilai 'Tim Baru' Brasil Lebih Seimbang

Prancis Nilai 'Tim Baru' Brasil Lebih Seimbang

26-03-2015 03:10

Kondogbia menilai Brasil tak pernah berubah dengan statusnya sebagai negara sepak bola papan atas.

Moura Bertekad Bawa PSG Hapus Trauma Stamford Bridge

Moura Bertekad Bawa PSG Hapus Trauma Stamford Bridge

10-03-2015 15:05

Winger PSG, Lucas Moura mengungkapkan keyakinannya untuk bisa meraih kemenangan dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra di kandang Chelsea.

Remy: PSG Timpang, Tapi Tetap Berbahaya

Remy: PSG Timpang, Tapi Tetap Berbahaya

17-02-2015 13:43

PSG akan menjamu Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2014/15 tanpa sejumlah pemain pilarnya yang cedera, Rabu (18/2). Meski demikian, penyerang The Blues Loic Remy menilai PSG masih tetap lawan yang berbahaya.

Minus Empat Pemain, PSG Bakal Keropos Kontra Chelsea

Minus Empat Pemain, PSG Bakal Keropos Kontra Chelsea

15-02-2015 17:45

Jelang menjamu Chelsea tengah pekan nanti, PSG mengalami badai cedera, empat pemain tumbang dalam satu pertandingan.

Tinggalkan Barca, Dani Alves Condong PSG

Tinggalkan Barca, Dani Alves Condong PSG

15-02-2015 00:10

Masa depan Dani Alves di Barcelona memang belum akan ditentukan dalam waktu dekat, namun pemain Brasil itu nampaknya bakal condong memilih PSG andai harus pergi dari Camp Nou, menurut laporan Mundo Deportivo.