Nama Lengkap : Lucas Rodrigues Moura da Silva
Tempat Lahir : Sao Paulo
Tanggal Lahir : 13 Agustus 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : PSG
Posisi : Gelandang
No Punggung : 29
Tinggi : 173 cm

Karir

  • 2010 - 2013 : Sao Paulo
  • 2013 - : PSG

Lucas Moura lahir di kota Sao Paulo, Brazil. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dibekali skill individu yang apik. Dia biasa beroperasi di sektor  sayap dan dengan kemampuan dribel diatas rata-rata, ia mampu melewati lawan dengan menawan layaknya tarian samba.

Pemain yang lahir pada 13 Agustus 1992 ini mengawali karirnya di dunia sepak bola bersama dengan Clube Atletico Juventus pada tahun 1999. Ia bermain untuk tim akademi  Juventus –SP hingga tahun 2002. Setelah itu Lucas bermain untuk akademi Corinthians hingga tahun 2005. Permainannya yang kian menanjak membuat Sao Paulo tertarik untuk merekrutnya ke dalam bagian tim junior mereka.

Sejak tahun 2005, Lucas menimba ilmu di akademi klub kota kelahirannya, Sao Paulo. Karirnya bersama dengan Sao Paulo tidak langsung melejit layaknya beberapa bintang lainnya. Ia harus menunggu dan bermain untuk tim junior Sao Paulo selama beberapa tahun. Hal itu dikarenakan saat itu Sao Paulo memiliki beberapa pemain berpengalaman yang tampil solid sepanjang musim.

Lucas sendiri tak ambil pusing dengan keadaan tersebut. Meski ia tak kunjung mendapat tempat di skuad utama, namun ia menyadari hal itu adalah karena usianya yang masih terbilang muda. Ia terus tampil dan menimba pengalaman bersama tim junior Sao Paulo hingga tahun 2010 kala dia dinilai sudah layak untuk tampil bersama dengan tim utama Sao Paulo.

Pada musim kompetisi 2010/2011, Lucas dipromosikan ke tim utama Sao Paulo. Ia tampil apik bersama Sao Paulo dimusim pertamanya. Hal itu ditunjukkan dengan kontribusi 4 gol dan 4 assist yang ia torehkan dalam 25 kali penampilannya. Penampilannya semakin apik pada musim selanjutnya. Ia sukses menyarangkan 9 gol kegawang lawan dan memberikan assist sebanyak 4 kali dalam 28 kali penampilannya. Penampilan padunya bersama dengan tim utama tak lepas dari kebersamaan Lucas yang selama 5 tahun bermain untuk tim akademi dan junior. Ia pun juga sukses membawa Sao Paulo menjuarai Copa Sudamericana pada tahun 2012.

Atas pertimbangan penampilannya yang impresif bersama Sao Paulo, Lucas Moura dipanggil untuk memperkuat tim nasional Brazil U-20 pada South American Under-20 tournament yang digelar pada tahun 2011. Penampilan Lucas sepanjang turnamen bisa dibilang mengesankan. Ia bahkan sukses mencetak hat-trick saat melawan Uruguay dimana pertandingannya sendiri berakhir dengan skor 6 gol tanpa balas. Penampilan impresif itulah yang membuat Lucas menjadi langganan tim nasional senior Brazil sejak tahun 2011.

Penampilannya yang impresif tersebut membuat beberapa klub elit eropa menginginkan jasanya. Tercatat ada Manchester United dan Inter Milan yang sempat menawarnya hingga €30 juta. Namun yang berhasil mendapatkan jasanya adalah klub kaya raya asal Perancis, Paris Saint-Germain. PSG sendiri harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk mendapatkan pemain ini. Harga pemain yang bernama lengkap Lucas Rodrigues Moura da Silva ini mencapai €43 juta kala PSG memboyongnya dari Sao Paulo. Tak ayal hal tersebut menjadi rekor pembelian termahal bagi PSG dan juga penjualan paling menguntungkan bagi Sao Paulo.

Lucas memang resmi dibeli oleh PSG pada jeda transfer musim panas 2012, namun ia baru membela klub asal ibu kota Perancis tersebut pada Januari 2013. Lucas menerangkan bahwa pelatih PSG saat itu, Leonardo, yang telah sukses membuatnya menolak tawaran dari Manchester United dan memilih PSG.

Lucas sudah menjadi langganan Timnas senior sejak tahun 2011. Pada kompetisi piala konfederasi pada tahun 2013, ia juga turut menjadi anggota Timnas Brazil yang sukses merebut trofi juara pada turnamen tersebut.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Lucas Moura

Moura Ungkap Detik-detik Tolak MU dan Pilih PSG

Moura Ungkap Detik-detik Tolak MU dan Pilih PSG

06-04-2016 08:35

Bintang PSG, Lucas Moura mengungkapkan bagaimana dia pada akhirnya memutuskan menolak gabung Manchester United dan terbang ke Paris.

Adu Akurasi David Luiz vs Lucas Moura, Siapa Menang?

Adu Akurasi David Luiz vs Lucas Moura, Siapa Menang?

05-04-2016 08:28

Meski akan menjamu tim sekelas Manchester City di leg pertama perempat final Liga Champions tengah pekan ini, namun PSG rupanya tetap mempertahankan suasana berlatih yang rileks.

Moura: Saya Lebih Suka Neymar Timbang Messi di PSG

Moura: Saya Lebih Suka Neymar Timbang Messi di PSG

28-03-2016 07:05

Lucas Moura mengatakan ia lebih suka bermain dengan Neymar, ketimbang Lionel Messi, andai satu dari dua bintang Barcelona tersebut pindah ke PSG di masa mendatang.

Liverpool Siap Layangkan Tawaran untuk Lucas Moura

Liverpool Siap Layangkan Tawaran untuk Lucas Moura

28-03-2016 02:20

Liverpool dikabarkan siap melayangkan tawaran resmi kepada klub kaya raya Ligue 1, PSG untuk memboyong penyerang sayap Lucas Moura di jendela transfer musim panas mendatang.

Moura Ingin Bentuk Trio Maut di PSG Bersama Neymar

Moura Ingin Bentuk Trio Maut di PSG Bersama Neymar

08-03-2016 07:16

Lucas Moura mengatakan bahwa ia amat mengidamkan kehadiran Neymar di PSG, namun mengakui bahwa akan sulit bagi bintang muda asal Brasil untuk pergi dari Barcelona.

PSG Tak 'Parkir Bus' di Markas Chelsea

PSG Tak 'Parkir Bus' di Markas Chelsea

07-03-2016 21:15

Paris Saint-Germain memastikan bahwa mereka tidak akan menerapkan taktik ultra defensif saat berjumpa dengan Chelsea pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions

Duel Kontra Chelsea, PSG Takut Pada Willian

Duel Kontra Chelsea, PSG Takut Pada Willian

06-03-2016 23:13

Pemain PSG, Lucas Moura, meminta teman-temannya untuk mewaspadai setiap gerak-gerik winger Chelsea Willian pada pertandingan tengah pekan ini.

Obi Mikel Akui Sengaja Langgar Lucas

Obi Mikel Akui Sengaja Langgar Lucas

17-02-2016 22:16

Gelandang John Obi Mikel mendapat banyak kecaman usai pertandingan PSG menjamu Chelsea di babak 16 besar Liga Champions (17/2).

Lucas: Coutinho Salah Satu Talenta Terhebat Samba

Lucas: Coutinho Salah Satu Talenta Terhebat Samba

15-02-2016 22:24

Winger PSG, Lucas Moura, memuji Philippe Coutinho setinggi langit dengan menyebutnya sebagai pemain kelas dunia sekaligus salah satu talenta terbaik yang dimiliki Brasil.

Lucas Bela Kinerja Di Maria di Man United

Lucas Bela Kinerja Di Maria di Man United

11-02-2016 05:38

Lucas Moura merasa bahwa Angel Di Maria mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan di Inggris.