Nama Lengkap : Luis Alberto Suarez Diaz
Tempat Lahir : Salto, Uruguay
Tanggal Lahir : 24 Januari 1987 (29 Tahun)
Kebangsaan : Uruguay
Klub : Barcelona
Posisi : Penyerang
No Punggung : 11
Tinggi : 181 cm

Karir

  • 2005 - 2006 : Nacional
  • 2006 - 2007 : FC Groningen
  • 2007 - 2011 : Ajax Amsterdam
  • 2011 - 2014 : Liverpool
  • 2014 - : Barcelona

Luis Alberto Suarez Daaz, atau yang lebih akrab disapa dengan Luis Suarez, adalah pemain sepak bola profesional asal Uruguay yang sudah meniti karirnya sejak tahun 2005. Karir sepak bolanya dimulai ketika dia bermain bersama Nacional. Bersama Tricolores, julukan dari Nacional, Suarez telah menyarangkan 12 gol di 29 pertandingan yang dimainkannya. Kehadirannya di klub juga mengantarkan Nacional ke DIvisi Primera pada tahun 2006.

Dengan terciptanya gol-gol tersebut, banyak dari pencari bakat asal Eropa yang tertarik untuk mengontrak Suarez. Dan pilah hati Suarez tertuju pada sebuah klub asal Belanda, Groningen. Di sana, dia mendapat tempat yang sangat cocok dengan spesialisasinya sebagai striker. Namun, karena pertama kalinya bermain di Eropa, Suarez harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan dengan keadaan.

Dengan menyumbangkan kontribusi yang baik, sangat jelas bahwa Suarez mampu untuk bermain di level yang lebih tinggi. Tidak heran jika Suarez pindah dan bergabung bersama Ajax pada Agustus 2007 yang memberinya tawaran gaji yang cukup besar.

Bersama Ajax di musim pertamanya, Suarez sudah mengoleksi 20 gol di 40 pertandingan dan makin menambah gol di musim-musim berikutnya, dimana dia mendapat penghargaan sebagai Player of the Year di Ajax.

Di musim keduanya, Suarez mendapat penghargaan sebagai Dutch Player of the Year, sekaligus menjadi pemain penting di Ajax.

Karirnya pernah berada di ujung tanduk ketika Suarez terlibat insiden dengan pemain PSV Eindhoven, Otman Bakkal, dan mendapat larangan bermain di 7 pertandingan.

Pada Januari 2011, Suarez resmi bergabung dengan Liverpool. Di musim pertamanya, Suarez telah mencetak 17 gol di 39 pertandingan.

Debut Suarez bersama Liverpool ketika berhadapan dengan Stoke, diturunkan dari bangku cadangan pada 2 Februari 2011. Di pertandingan tersebut, dia hanya butuh waktu 16 menit setelah dimainkan untuk menjebol gol pertamanya untuk klub.

Prestasi lain yang diraih Suarez di musim pertamanya adalah hat-trick gol yang ditendang melalui 45 yard dari luar gawang.

Di musim keduanya bersama Liverpool, Suarez terlibat dalam insiden dengan seorang pemain Manchester United, Patrice Evra, karena melakukan diskriminasi ras. Suarez mendapatkan larangan bermain di 8 pertandingan dan denda sebanyak £ 40,000. Di laga selanjutnya ketika melawan United, Suarez menolak untuk bersalaman sebelum permain di mulai.

Suarez mendapat larangan bermain lagi di 1 pertandingan karena melakukan gesture yang kurang pantas untuk fans Fulham.

Tim nasional Uruguay memiliki reputasi dan menjadi salah satu tim yang memiliki beberapa pemain kuat yang sudah memiliki banyak pengalaman di sepak bola Eropa. Penampilan Suarez dipasangkan dengan Diego Forlan adalah kombinasi pemain yang bagus yang dapat mengantar tim mendapat tempat ke-4 di Piala Dunia 2010. Di turnamen tersebut, Suarez mengoleksi 3 gol di 6 pertandingan.

Sangat disayangkan, permainannya yang sangat baik itu dibayangi oleh kontroversi handballnya di kotak penalti yang membuatnya dikeluarkan dari lapangan di detik-detik krusial di perepmpat final saat melawan Ghana.

Di Copa Amerika 2011, Suarez berperan penting dalam membawa Uruguay di kemenangan ke-15. Dia juga mendapat penghargaan sebagai Man of the Match di semifinal ketika melawan Peru, serta sebagai the Man of the Tournament.

Di Olimpiade London yang diselenggarakan pada tahun 2012, Suarez diberi mandat untuk menjadi kapten. Namuun, Suarez masih belum mampu mencetak gol dan harus kalah di babak eliminasi grup.



Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Luis Suarez

Suarez Sesalkan Gol Hantu dan Kinerja Buruk Barca

Suarez Sesalkan Gol Hantu dan Kinerja Buruk Barca

30-01-2017 00:44

Luis Suarez mengakui bahwa Barcelona memang bermain di bawah standar mereka saat melawan Real Betis.

Suarez: Gol Hantu, Bola Sudah Masuk Satu Meter

Suarez: Gol Hantu, Bola Sudah Masuk Satu Meter

29-01-2017 22:45

Barcelona sempat mencetak gol tetapi wasit tidak melihat bola telah melewati gawang dan alhasil skor pun tidak berubah.

Messi dan Suarez Tak Terbendung

Messi dan Suarez Tak Terbendung

27-01-2017 10:13

Lionel Messi dan Luis Suarez tak terbendung di tahun 2017. Dua pilar lini depan Barcelona itu sejauh ini adalah pemain berbasis La Liga dengan gol + assist terbanyak di semua ajang.

Kesal, Luis Suarez Sikut Perut Lawan Hingga Tersungkur

Kesal, Luis Suarez Sikut Perut Lawan Hingga Tersungkur

27-01-2017 07:25

Suarez menyikut perut Yuri yang menarik tangannya dalam sebuah insiden perebutan bola.

Carragher: Seperti Suarez, Coutinho Masih Bisa ke Barcelona

Carragher: Seperti Suarez, Coutinho Masih Bisa ke Barcelona

26-01-2017 12:40

Jamie Carragher berpikir Philippe Coutinho akan mengikuti jejak Luis Suarez dengan meninggalkan Liverpool, jika Barcelona datang padanya.

Spesial Ultah Luis Suarez: Best XI Kelahiran 1987

Spesial Ultah Luis Suarez: Best XI Kelahiran 1987

25-01-2017 15:47

Tanggal 24 Januari kemarin, Luis Suarez genap berusia 30. Seiring ulang tahun striker Barcelona dan Uruguay kelahiran 1987 itu, akun Twitter resmi Liga Champions menyusun sebuah Best XI spesial.

Silva: Suarez Sudah Selevel Messi

Silva: Suarez Sudah Selevel Messi

25-01-2017 13:30

Bek Granada, Gaston Silva, belum lama ini mengatakan bahwa Luis Suarez memiliki level permainan yang sama dengan Lionel Messi di Barcelona.

Video: Gol-gol Terbaik Suarez di Latihan Barcelona

Video: Gol-gol Terbaik Suarez di Latihan Barcelona

25-01-2017 10:29

Insting pembunuh Luis Suarez tidak hanya bisa dilihat di pertandingan sebenarnya. Di sesi latihan Barcelona, striker Uruguay itu juga berulang kali memperlihatkan kemampuannya dalam menjebol gawang.

Messi-Suarez Tandem Terganas di Eropa

Messi-Suarez Tandem Terganas di Eropa

25-01-2017 10:07

Lionel Messi dan Luis Suarez masing-masing sudah mencetak 15 gol untuk Barcelona di La Liga 2016/17. Dengan total 30 gol, mereka berdua adalah pasangan penyerang paling mematikan di Eropa.

Rakitic: Trio MSN Seperti dari Dunia Lain

Rakitic: Trio MSN Seperti dari Dunia Lain

24-01-2017 15:00

Ivan Rakitic belum lama ini memuji kombinasi lini depan Barcelona, yang terdiri dari Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez, sebagai, barisan pemain yang berasal dari 'dunia lain'.