Nama Lengkap : Mario Gotze
Tempat Lahir : Memmingen, Jerman
Tanggal Lahir : 03 Juni 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Bayern Munich
Posisi : Gelandang
No Punggung : 19
Tinggi : 176 cm

Karir

Mario Gotze atau yang sering dipanggil dengan Gotze adalah pemain sepakbola hasil dari binaan akademi Dortmund. Ia lahir Memmingen pada 3 Juni 1992. Sebelum bergabung dengan akademi Dortmund, Gotze terlebih dahulu memulai karirnya dari akademi lokal, SC Ronsberg, pada 1997.

Kemudian Gotze pindah dan mengasah bakatnya selama 3 tahun di FC Eintracht Hombruch. Setelah dari Hombruch inilah Gotze bergabung dengan youth team Borussia Dortmund. Delapan tahun di youth team cukup bagi Gotze untuk mendapat panggilan untuk promosi ke Borussia Dortmund II.

Tidak terlalu banyak laga yang Gotze jalani karena di musim yang sama, tepatnya di jeda musim dingin 2009-2010, Götze dipromosikan ke tim utama oleh pelatih Dortmund, Jurgen Klopp. Setelah dipanggil, Gotze menjalani debutnya pada 21 November 2009 melawan Mainz 05 dalam laga yang berakhir imbang 0-0.

Gelar mayor pertamanya ia raih saat berperan penting dalam mengantarkan Dortmund meraih gelar Bundesliga 2010-2011. Gotze mengalami cedera pinggang pada Januari 2012 karena terjadi peradangan pada tulang rawan pinggangnya karena stres.

Gotze menandatangani kontrak baru pada 27 Maret 2012 yang mengikatnya di Dortmund sampai dengan 2016. Gotze menyatakan bahwa ia sangat nyaman berada di Dortmund dan meskipun sudah meraih gelar bersama Dortmund, ia masih perlu berkembang dan ingin melakukannya bersama Dortmund.

Sukses Gotze dan Dortmund berlanjut pada musim 2011-2012 saat berhasil meraih double winner, titel Bundesliga dan DFB-Pokal. Bahkan juga membuat Dortmund menorehkan rekor poin terbanyak Bundesliga dengan 81 poin. Gotze bermain dalam 26 pertandingan dan mencetak 7 gol pada musim tersebut.

Musim 2012-2013 adalah musim terkahir Gotze berseragam hitam kuning. Meskipun gagal mempersembahkan gelar Bundesliga untuk ketiga kali secara berturut-turut, peran Gotze sangatlah vital pada musim tersebut di ajang Liga Champions. Dortmund berhasil diantarnya ke babak final menghadapi Muenchen. Sayang, karena cedera yang didapatnya saat menghadapi Real Madrid di semifinal, ia tak turun di laga final dan Dortmund pun dikalahkan Muenchen dengan skor 2-1.

Adalah Bayer Muenchen yang menawar dan mengaktifkan klausul pelepasan dari Gotze seharga 37 juta Euro atas kemauan pelatih baru Muenchen, Pep Guardiola. Kala itu Gotze menjadi pemain termahal Jerman sebelum akhirnya dipecahkan oleh transfer Mesut Ozil ke Arsenal. Yang lebih menggemparkan dari transfer Götze adalah pengumuman tuntasnya transfer yang dilakukan 36 jam sebelum laga final Liga Champion melawan Muenchen sendiri.

Bersama klub barunya, Gotze menjalani debutnya pada 11 Agustus 2013 di laga persahabatan melawan juara Hungaria, Gyori ETO. Pada musim 2013-2014, tepatnya pada 23 November 2013, Götze bermain dan mencetak gol pertama saat melawan mantan klubnya, Borussia Dortmund.

Sebagai pemain berharga 37 juta Euro, memang pantas bagi Gotze untuk bermain di timnas Jerman. Gotze bahkan sudah membela timnas Jerman dimulai dari U-15 sampai U-17, kemudian berlanjut dengan U-21, dan mendapatkan panggilan timnas senior pertamanya pada 17 November 2010 untuk melawan Swedia.

Gotze yang hanya mencatatkan 2 caps bersama U-21, menjadi pemain termuda Jerman yang membela timnas setelah Uwe Seeler. Pada Agustus 2011, Götze mencetak gol pertamanya untuk Jerman ke gawang Brasil dan menjadikannya sejajar dengan Klaus Stürmer sebagai pemain termuda yang mencetak gol internasional di era setelah perang.    

Di keluarga Gotze , bukan hanya ia yang menekuni dunia sepakbola. Sang kakak, Fabian juga merupakan pemain sepakbola yang tergabung dalam klub SpVgg Unterhaching. Begitu pula dengan adiknya, Felix, yang bermain untuk akademi Dortmund U-15.   

 

Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Mario Gotze

Gotze Digosipkan ke Liverpool, Ini Kata Bos Jerman

Gotze Digosipkan ke Liverpool, Ini Kata Bos Jerman

29-05-2016 01:00

Mario Gotze sering dikaitkan dengan kepindahan ke Liverpool, sebelum ia akhirnya memastikan diri ingin bertahan di Allianz Arena dan siap bekerja bersama manajer baru - Carlo Ancelotti.

Loew Tak Menyesal Minta Gotze Lebih Baik dari Messi

Loew Tak Menyesal Minta Gotze Lebih Baik dari Messi

29-05-2016 00:40

Manajer Jerman, Joachim Loew, mengatakan bahwa ia tidak menyesal mengatakan pada Mario Gotze untuk membuktikan pada dunia, bahwa ia lebih baik dari Lionel Messi.

Bayern Masih Bisa Lepas Mario Gotze

Bayern Masih Bisa Lepas Mario Gotze

26-05-2016 15:05

Direktur Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge, belum lama ini memberikan petunjuk bahwa Mario Gotze masih bisa pergi dari klub meski belum lama ini menolak tawaran Liverpool, dengan mengatakan masa depan sang gelandang 'sulit diprediksi.'

Bierhoff: Gotze Tolak Liverpool, Bagus untuk Jerman

Bierhoff: Gotze Tolak Liverpool, Bagus untuk Jerman

26-05-2016 07:21

Manajer tim Jerman, Oliver Bierhoff, mengatakan bahwa Mario Gotze bisa membuat dampak yang istimewa di Euro 2016, usai menolak tawaran Liverpool dan memutuskan bertahan di Bayern Munchen.

Karena Riwayat Cedera, Liverpool Disarankan Tak Beli Gotze

Karena Riwayat Cedera, Liverpool Disarankan Tak Beli Gotze

25-05-2016 08:30

Mantan kiper Liverpool, David James menyarankan agar mantan timnya tak mendatangkan Mario Gotze musim panas ini. Menurutnya, gelandang Bayern Munchen itu memiliki sejarah cedera yang bisa merugikan tim.

Barnes: Liverpool Wajib Datangkan Gotze

Barnes: Liverpool Wajib Datangkan Gotze

25-05-2016 08:10

John Barnes meminta mantan klubnya untuk mendatangkan Mario Gotze jika memang ada kesempatan.

Matthaus: Gotze Tak Tepat untuk Liverpool

Matthaus: Gotze Tak Tepat untuk Liverpool

25-05-2016 07:05

Lothar Matthaus memuji keputusan Mario Gotze untuk memperjuangkan tempatnya di Bayern Munchen, ketimbang meminta dijual ke tim lain.

Ayah Gotze Tepis Anaknya Akan Gabung Liverpool

Ayah Gotze Tepis Anaknya Akan Gabung Liverpool

24-05-2016 17:07

Ayah dari pemain Mario Gotze membantah anaknya akan bergabung dengan Liverpool. Jika hal itu terjadi, mestinya ia tahu karena Gotze adalah anaknya.

Hitzfeld: Gotze Cocok untuk Liverpool

Hitzfeld: Gotze Cocok untuk Liverpool

24-05-2016 06:59

Mantan bos Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld, percaya bahwa akan jadi solusi yang pas, jika Mario Gotze akhirnya bereuni dengan Jurgen Klopp di Liverpool.

Gotze Akan Bertahan di Bayern Munchen

Gotze Akan Bertahan di Bayern Munchen

23-05-2016 20:55

Santer dikabarkan akan kembali ke Borussia Dortmund, gelandang Mario Gotze justru memberikan isyarat akan terus bertahan di Bayern Munchen.