PHILIPPECOUTINHO

Philippe Coutinho
Nama Lengkap : Philippe Coutinho Correia
Tempat Lahir : Rio de Janeiro
Tanggal Lahir : 12 Juni 1992 (22 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Liverpool
Posisi : Gelandang
No Punggung : 10
Tinggi : 171 cm

Karir

Pemuda bernama lengkap Philippe Coutinho Correia ini lahir di Rio de Janeiro pada 12 Juni 1992. Coutinho adalah produk dari akademi muda klub Brasil, Vasco da Gama, yang juga merupakan klub kebanggaan tempat lahirnya, Rio de Janeiro.

Di usianya yang masih sangat muda saat itu, ia sudah dapat memukau publik Brasil. Gaya permainannya saat itu sering dibandingkan dengan bintang-bintang modern lapangan hijau Brasil semacam Kaka atau Ronaldinho. Ketertarikan klub-klub Eropa pun mulai muncul saat bermain di kejuaraan Piala Amerika Selatan U-17. Ia menjadi pemain kunci dan mengantarkan Brasil menjadi juara.

Adalah Inter Milan yang memenangkan perburuan tanda tangan Coutinho meskipun banyak juga klub-klub lain yang menginginkannya. Didatangkan saat Inter Milan ada di bawah asuhan Rafael Benítez, ia digadang-gadang akan menjadi bintang masa depan I Nerrazzurri oleh Rafa dan Presiden Inter Milan, Massimo Moratti.

Sebelum diboyong Inter Milan, Coutinho bermain sebanyak 43 kali dan mencetak 5 gol. Ketika menandatangani kontrak, usia Coutinho saat itu masih 16 sehingga ia belum dapat memperoleh izin kerja. Akhirnya menetap di Vasco da Gama dengan status pinjaman sekaligus melanjutkan sekolahnya sampai ia berusia 18 tahun.

Juli 2010, Coutinho resmi pindah ke Inter setelah usianya menginjak 18 tahun. Pada 27 Agustus 2010, Coutinho menandai debutnya bersama Inter Milan saat ia turun sebagai pemain pengganti di babak final UEFA Super Cup. Sayang Inter harus mengakui keunggulan 2-0 untuk kemenangan Atlético Madrid.

Setelah laga tersebut, Coutinho mulai menjadi bagian penting skuad utama Nerazzurri. Gol pertamanya ia cetak melalui tendangan bebas saat Inter Milan menang 3-1 melawan Fiorentina di kandang pada 8 Mei 2011. Selama musim tersebut, Coutinho berhasil mencetak 3 gol dan 16 assist untuk Inter Milan di berbagai ajang.

Coutinho tidak menyelesaikan musim 2011-2012 sepenuhnya bersama Inter Milan, karena pada 30 Januari 2012, ia sempat dipinjamkan ke klub Spanyol, Espanyol sampai akhir musim. Penampilannya di Espanyol tidaklah mengecewakan. Bermain konsisten dan mencetak 5 gol dari 16 penampilan, Mauricio Pochettino, pelatih Espanyol, menyamakan gaya permainannya seperti Lionel Messi.

Masa pinjamannya habis pada 18 Mei 2012 dan ia langsung kembali bergabung bersama Inter Milan di Angelo Moratti Training Facility. Coutinho termasuk 1 dari 20 pemain yang dibawa Inter Milan untuk melawat ke Indonesia dalam sebuah tur laga persahabatan. Namun pada musim barunya, Coutinho kurang mendapat kepercayaan untuk mengisi skuad utama.

Faktor pergantian pelatih juga membuat masa depan Coutinho tidak jelas. Memanfaatkan ini, Liverpool melakukan pendekatan dan akhirnya berhasil menyegel kesepakatan dengan Coutinho pada 26 Januari. Meskipun ia juga diburu oleh Southampton yang dilatih Mauricio Pochettino, Coutinho memilih Liverpool dan menandatangani kontrak dengan harga 8.5 juta Poundsterling setelah urusan izin kerjanya selesai.

Memakai jersey nomor 10, Coutinho memulai debutnya yang kembali diwarnai kekalahan Liverpool pada 11 Februari 2013. Gol pertamanya ia cetak saat Liverpool berpesta gol 5-0 ke gawang Swansea City pada 17 Februari 2013. Selanjutnya Coutinho pun mulai sering diturunkan sebagai starter meskipun kadang harus memulai permainan dari bangku cadangan. Ia juga sempat mengalami cedera bahu pada 16 September 2013 saat melawan Swansea City.

Timnas Brasil pun sudah memakai jasa Coutinho di dalam skuad. Selain masuk di timnas Brasil U-17, Coutinho juga masuk ke skuad Brasil U-20. Bahkan ia sudah pernah masuk timnas senior meskipun masih baru bermain sekali kala Brasil menghadapi Iran dalam sebuah laga persahabatan pada 7 Oktober 2010 silam.

Di klub maupun timnas, Coutinho dikenal sebagai pemain yang lekat dengan nomor punggung 10. Ia bisa dimainkan sebagai sayap, gelandang serang, dan second striker di belakang striker utama. Skill, visi, drible, dan ketajaman di depan gawang membuatnya dipuji rekan-rekannya di Liverpool sebagai gelandang yang mampu memecah konsentrasi pertahanan lawan.  
   

Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Philippe Coutinho

Legenda Reds Nilai Liverpool Bermain di Bawah Standar Lawan Villa

Legenda Reds Nilai Liverpool Bermain di Bawah Standar Lawan Villa

21-04-2015 00:23

Legenda Liverpool Ronnie Whelan merasa sangat kecewa melihat penampilan yang ditunjukkan oleh pasukan Brendan Rodgers saat melawan Aston Villa.

Sherwood: Villa Mendominasi Jalannya Laga Lawan Liverpool

Sherwood: Villa Mendominasi Jalannya Laga Lawan Liverpool

20-04-2015 17:29

Manajer Aston Villa, Tim Sherwood, mengatakan bahwa anak-anak asuhnya mampu mendominasi laga kontra Liverpool di semifinal Piala FA, Minggu (19/04) berkat dukungan luar biasa para fans.

Gol Dianulir, Balotelli 'Speechless'

Gol Dianulir, Balotelli 'Speechless'

20-04-2015 02:50

Mario Balotelli mengaku tak bisa berkomentar apa-apa terkait golnya yang dianulir kala Liverpool bermain lawan Aston Villa di semifinal Piala FA, Minggu (19/04).

Rodgers Sebut Liverpool Tak Bernyali Dalam Laga Big Match

Rodgers Sebut Liverpool Tak Bernyali Dalam Laga Big Match

20-04-2015 01:54

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, mengakui bahwa anak-anak asuhnya tak memiliki mental yang tangguh dalam melakoni laga-laga besar.

Rodgers Sebut Liverpool Terlalu Pasif

Rodgers Sebut Liverpool Terlalu Pasif

20-04-2015 01:25

Brendan Rodgers mengatakan bahhwa skuat Liverpool bermain sedikit pasif melawan Aston Villa di semifinal Piala FA di Wembley, Minggu (19/04).

Rodgers Akui Villa Lebih Perkasa

Rodgers Akui Villa Lebih Perkasa

20-04-2015 00:56

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, mengakui bahwa Aston Villa tampil lebih solid ketimbang timnya di semifinal Piala FA, Minggu (19/04).

Hasil Pertandingan: Aston Villa 2 vs 1 Liverpool

Hasil Pertandingan: Aston Villa 2 vs 1 Liverpool

19-04-2015 22:55

Liverpool dipastikan tak bisa memberi apa-apa pada Steven Gerrard di musim terakhirnya. Pada semifinal FA Cup, Minggu (19/04) Aston Villa berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Coutinho Merasa Terhormat Bisa Temui Pele di Anfield

Coutinho Merasa Terhormat Bisa Temui Pele di Anfield

19-04-2015 02:13

Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho mengakui jika dirinya merasa sangat terhormat bisa bertemu secara langsung dengan legenda sepak bola asal Brasil, Pele.

Bintang Liverpool Ini Ternyata Idolakan Legenda Barcelona

Bintang Liverpool Ini Ternyata Idolakan Legenda Barcelona

19-04-2015 01:14

Gelandang andalan Liverpool, Philippe Coutinho ternyata sangat mengidolakan sosok legenda Barcelona, Ronaldinho.

Carragher: Piih Coutinho, Terry Usung Taktik Lawas

Carragher: Piih Coutinho, Terry Usung Taktik Lawas

19-04-2015 00:10

Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, percaya bahwa suara yang diberikan oleh John Terry di PFA Player of the Year merupakan bagian dari taktik tertentu.