Nama Lengkap : Rafael Pereira da Silva
Tempat Lahir : Petropolis, RJ, Brasil
Tanggal Lahir : 09 Juli 1990 (24 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Posisi : Bek
No Punggung : 2
Tinggi : 173 cm

Karir

Rafael Pereira da Silva, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Rafael atau Rafael da Silva, adalah pemain profesional asal Brazil. Dia bisa ditempatkan di posisi bek kanan atau sebagai gelandang di sayap kanan lapangan.

Rafael sudah berkeinginan untuk menjadi pemain sepak bola sejak berusia 5 tahun. Rafael bermain sebagai striker amatir di Boa Esperança. Lalu, dia dan saudara kembarnya, Fabio Pereira da Silva, menemukan bakat sepak bola mereka oleh perwakilan klub Fluminense. Mereka mulai tinggal di akademi tersebut saat berusia 11 tahun.

Di Fluminense, Rafel ditempatkan untuk bermain di posisi bek. Ketika klub ambil bagian untuk bermain di Nike Premier Cup 2005 yang diadakan di Hong Kong, kru dari Manchester United terpikat oleh pola permainan kembar Da Silva. Pada tahun 2005, menghubungi Fluminense dan meminta ijin untuk memberikan pelatihan kepada si kembar di Manchester. Si kembar Da Silva resmi bergabung bersam Manchester United, pada Februari tahun 2007, setelah hengkang dari Fluminense yang belum memberi gaji sepeser pun untuk si kembar selama bermain bersama klub.

Kembar Da Silva pindah ke Manchester pada Januari 2008, namun masih belum bisa bermain hingga pertengahan Juli 2008.

Debut bermain Rafael bersama tim ketika bermain melawan Peterborough United dengan kemenangan 2-0 untuk klub pada 4 Agustus 2008.

Pada musim 2008-2009, Rafael masuk ke dalam tim senior United dan mendapat kaos bernomer punggung 21. Debut resminya di pembukaan kompetisi Liga Premier, menggantikan Fraizer Campbell di laga kandang melawan Newcastle United.

Pada 19 April 2009, di partai semi-final FA CUp, untuk pertama kalinya Rafael dan Fabio bermain selapangan untuk Mancester United.

Di akhir musim pertamanya, Rafael menjadi salah satu nominasi untuk penghargaan PFA Young Player of the Year. Karena kesusksesan tersebut, Rafael memperpanjang kontraknya selama 2 tahun bersama United.

United pernah sesekali melakukan kesalahan ketika memainkan si kembar. Fabio bermain di lapangan ketika yang diinginkan bermain adalah Rafael.

Pada April 2010, kembar yang lahir pada 9 Juli 1990 silam ini, harus keluar dari lapangan untuk pertama kalinya setelah menerima 2 kartu kuning saat melawan Bayern Munich di perempat final Liga Champion.

Di awal Januari 2011, Rafael mendapat peringatan dan denda sebesar £ 8,000 karena pelanggaran dan kartu merah yang diterimanya.

Rafael pernah bermain partner bersama United asal Korea Selatan, Park Ji-Sung saat menjamu Blackburn Rovers sebagai gelandang bertahan, sebelum dipindah posisi di bek kanan pada babak kedua.

Pada Juli 2012, Rafael memperpanjang kontraknya dalam jangka waktu 4 tahun bersama United, dan mengganti nomer kaosnya menjadi nomer 2.

Rafael pernah diusir dari lapangan ketika akan beradu otot dengan salah satu pemain Chelsea, David Luiz, pada 5 Maei 2012.

Di turnamen Piala Dunia U-17 tahun 2007, Rafael bermain untuk tim nasional U-17 Brazil. Kembar Da Silva pernah mendapat tawaran untuk bermain bersama Portugal karena kewarganegaraan ganda yang mereka miliki. Namun, tawaran itu ditolak dan mereka lebih memilih untuk bermain bersama Brazil.

Rafael dipanggil untuk masuk dalam skuad Timnas senior Brasil pada 26 Juli 2010. Rafael dimainkan di pertandingan persahabatan menjamu Amerika Serikat pada Agustus di tahun yang sama.

Rafael mencetak gol pertama untuk tim senior Brasil di Olimpiade London ketika menghadapi Mesir pada 26 Juli 2012.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Rafael

Van Gaal Tertarik Boyong Uchida

Van Gaal Tertarik Boyong Uchida

30-10-2014 12:17

Louis van Gaal dikabarkan tertarik untuk memboyong Atsuto Uchida sebagai solusi menambal sektor kanan Manchester United.

Ladeni Chelsea, Kartu Merah Ancam United

Ladeni Chelsea, Kartu Merah Ancam United

24-10-2014 10:23

Manchester United akan menjamu Chelsea pada matchday 9 Premier League 2014/15, Minggu (26/10). Ada satu hal yang pantas dicemaskan United di laga ini, yaitu kartu merah.

Rafael: Old Trafford Akan 'Meraung' Sambut Chelsea

Rafael: Old Trafford Akan 'Meraung' Sambut Chelsea

23-10-2014 12:26

Pemain asal Brasil ini yakin bahwa teriakan fans The Red Devils akan sangat membantu MU untuk menaklukkan sang pemimpin klasemen, yang sejauh ini belum tersentuh kekalahan dalam sembilan laga awal Premier League.

Rafael Yakin Man United Bisa Tumbangkan Chelsea

Rafael Yakin Man United Bisa Tumbangkan Chelsea

22-10-2014 23:16

Meskipun fakta menunjukkan saat ini ada perbedaan yang sangat jauh terlihat antara Man United dan Chelsea, Rafael yakin timnya bisa menumbangkan The Blues akhir pekan ini.

Rafael: Saya Sudah Merasa Seperti Mancunian

Rafael: Saya Sudah Merasa Seperti Mancunian

19-10-2014 03:40

Pemain 24 tahun ini mengaku tak ingin meninggalkan kota Manchester, yang dianggapnya sudah seperti rumah sendiri.

Demi Posisi Dua, Rafael Ingin MU Bekuk Chelsea dan City

Demi Posisi Dua, Rafael Ingin MU Bekuk Chelsea dan City

17-10-2014 15:10

Fullback Manchester United, Rafael meminta timnya untuk waspada jelang menghadapi tiga laga berat di Premier League.

Rafael Yakin Van Gaal Akan Bawa Man United Kembali Berjaya

Rafael Yakin Van Gaal Akan Bawa Man United Kembali Berjaya

16-10-2014 18:30

Pemain bertahan Manchester United, Rafael yakin bahwa kehadiran Louis van Gaal di posisi pelatih akan membawa Setan Merah kembali meraih juara.

Rafael: Moyes Beda Jauh dengan Van Gaal

Rafael: Moyes Beda Jauh dengan Van Gaal

16-10-2014 14:34

Rafael belum lama ini mengungkap perbedaan antara David Moyes dan bos Manchester United saat ini, Louis van Gaal.

Rafael: United Masih Bisa Juara Premier League

Rafael: United Masih Bisa Juara Premier League

16-10-2014 04:35

Pemain Brasil milik Man United, Rafael optimis menghadapi tiga pertandingan sulit yang menghadang timnya.

Rafael: Akhirnya Saya Bisa Tidur!

Rafael: Akhirnya Saya Bisa Tidur!

28-09-2014 20:21

Bek sayap Manchester United, Rafael mengakui bahwa kemenangan atas West Ham membuat tekanan di pundak seluruh pemain United berkurang. Pemain Brasil ini pun mengaku dirinya kini bisa kembali tidur.