Nama Lengkap : Robin van Persie
Tempat Lahir : Rotterdam, Belanda
Tanggal Lahir : 06 Agustus 1983 (31 Tahun)
Kebangsaan : Belanda
Posisi : Penyerang
No Punggung : 20
Tinggi : 188 cm

Karir

Robin van Persie adalah pesepakbola yang bermain untuk klub Manchester United dan berposisi sebagai penyerang. Persie lahir di Rotterdam, Belanda dari sebuah keluarga seniman. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibunya adalah seorang pelukis serta desainer perhiasan.

Diharapkan dapat meneruskan karir orangtuanya, van Persie lebih memilih untuk menekuni dunia sepakbola daripada dunia seni. Di usia 5 tahun, van Persie bergabung dengan klub tempat lahir SBV Exelcior. Ia meninggalkan Exelcior pada usia 15 karena adanya konflik pelatih dengan ibunya.

Van Persie memilih bergabung dengan klub tempat lahir yang lebih besar, Feyenoord. Baru bergabung di usia 15, van Persie sudah ditarik ke tim utama di usia 17 karena adanya badai cedera yang menghantam tim utama. Di akhir musim 2001-2002 van Persie meraih penghargaan KNVB Best Young Talent dan juga menandatangani kontrak profesional 3.5 tahun pada musim selanjutnya.

Ia sempat diasingkan untuk membela tim reserve karena bertengkar dengan pelatih Bert van Marwijk. Bert van Marwijk tidak senang dengan bahasa tubuhnya saat van Persie diganti di laga semifinal UEFA Super Cup 2002 melawan Real Madrid. Selama musim tersebut van Persie bermain dalam 28 laga dan mencetak 8 gol.

Di musim terakhirnya bersama Feyenoord, van Persie masih terus berkonflik dengan van Marwijk. Ini berujung pada gagalnya perjanjian kontrak baru van Persie. Di musim ini, 2003-2004, van Persie lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. 3 musim di Feyenoord, van Persie berhasil menyumbangkan piala UEFA Cup.

Sempat mengalami kekurangan peminat karena sifat van Persie yang pemberontak, akhirnya ia dikontrak oleh Arsenal pada 17 Mei 2004 dengan harga 2.75 juta Pounsterling. Ia diproyeksikan sebagai pengganti jangkan panjang untuk Dennis Bergkamp yang mulai termakan usia. Arsene Wenger pun mengganti posisinya dari penyerang sayap menjadi penyerang tengah.

Di musim pertamanya yaitu 2004-2005, ia banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan karena van Persie juga harus bersaing dengan penyerang asal Spanyol, José Antonio Reyes. Ia juga mendapat kartu merah pertamanya di musim ini, dihukum selama 4 laga, serta mendapat cedera.

Van Persie mengawali musim keduanya dengan cukup bagus karena mencetak 8 gol dalam 8 laga yang membuatnya meraih Arsenal Player of the Month pertamanya. Van Persie juga mendapat perpanjangan kontrak selama 5 tahun. Sayang ia juga mendapat cedera patah jari kaki yang membuatnya sempat bermain dengan sepatu yang dilubangi untuk mengurangi rasa sakit.

Ia meraih penghargaan Rotterdam Sportsman of the Year pada tahun 2006. Sebuah golnya pada tahun tersebut juga berhasil dinobatkan sebagai BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan September. Di Arsenal, van Persie cukup sering mengalami cedera yang pernah memaksanya absen selama 5 bulan.

Paska kepindahan Thierry Henry ke Barcelona, van Persie dipercaya menjadi striker utama pada musim 2007-2008. Di musim tersebut, sebuah golnya kembali menjadi BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan Desember. Di musim ini pula van Persie meraih penghargaan Arsenal Player of the Month keduanya.

Memperpanjang kontrak pada 2009, van Persie terus bermain untuk membantu Arsenal meraih piala yang belum pernah diraih kembali sejak 2005. Pada musim 2011-2012, van Persie diplot menjadi kapten Arsenal setelah pindahnya Cesc Fàbregas ke Barcelona. Pada 4 Juli 2012, van Persie memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Arsenal.

Pada 17 Agustus 2012, van Persie pindah ke Manchester United dengan harga 22.5 juta Poundsterling setelah menjalani 277 laga dan mencetak 132 gol di segala ajang. Di Manchester United, ia diberi nomor jersey 20 setelah diyakinkan asisten pelatih Rene Meulensteen bahwa kedatangannya akan mendatangkan gelar Premier League ke 20 Manchester United.

Selain sukses di level klub, van Persie cukup sukses di karir timnas, Ia sudah bermain untuk timnas Belanda usia 17, 19, dan 21. Van Persie sendiri saat ini merupakan top skorer timnas dengan 41 gol dari 78 caps. Di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, van Persie menjadi top skorer dengan 11 gol.      
     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Robin van Persie

Courtois: Chelsea Sulit Dikejar

Courtois: Chelsea Sulit Dikejar

27-10-2014 22:59

Kiper Chelsea Thibaut Courtois memberi peringatan kepada rival-rivalnya bahwa Chelsea saat ini susah dikejar.

Matic Senang Chelsea Tetap Pertahankan Unbeaten

Matic Senang Chelsea Tetap Pertahankan Unbeaten

27-10-2014 22:33

Gelandang Chelsea Nemanja Matic mengaku sangat senang karena timnya berhasil mempertahankan unbeaten sampai pekan ke sembilan.

Luke Shaw Akui Ketangguhan De Gea dan Courtois

Luke Shaw Akui Ketangguhan De Gea dan Courtois

27-10-2014 22:14

Meski Drogba dan Van Persie mencetak gol dalam big match Man United versus Chelsea, Luke Shaw justru kagum dengan performa kiper dari kedua tim.

Smalling Puji Semangat Juang United

Smalling Puji Semangat Juang United

27-10-2014 20:46

Chris Smalling memberikan apresiasi atas semangat tak pantang menyerah yang ditunjukkan Manchester United saat melawan Chelsea.

Smalling Sebut United Pantas Mendapat Hasil Imbang

Smalling Sebut United Pantas Mendapat Hasil Imbang

27-10-2014 20:26

Chris Smalling menegaskan Manchester United pantas mendapatkan hasil imbang melawan Chelsea.

Carragher Prihatinkan Usia Lini Depan United

Carragher Prihatinkan Usia Lini Depan United

27-10-2014 15:15

Manchester United memang punya salah satu lini depan tergahar di dunia, namun potensi kelanjutannya di masa mendatang dianggap tak bagus untuk tim.

Matikan Fabregas, Van Persie Sanjung Fellaini

Matikan Fabregas, Van Persie Sanjung Fellaini

27-10-2014 14:42

Robin van Persie memberikan pujian pada Marouane Fellaini, yang bermain baik kala Manchester United sukses mengimbangi Chelsea 1-1 di Old Trafford.

Wasit Tak Acuhkan Pelanggaran Keras MU, Terry Frustrasi

Wasit Tak Acuhkan Pelanggaran Keras MU, Terry Frustrasi

27-10-2014 14:34

John Terry mengaku amat kecewa usai Chelsea gagal mendapat tiga angka penuh usai bermain imbang 1-1 melawan Manchester United.

Disebut Bos Bodoh, Van Persie Tak Sesali Selebrasi

Disebut Bos Bodoh, Van Persie Tak Sesali Selebrasi

27-10-2014 12:02

Robin van Persie mengaku tak menyesal telah melakukan selebrasi yang membuatnya mendapat kartu kuning di laga melawan Chelsea (24/10).

Gagal Atasi United, Courtois Salahkan Ivanovic

Gagal Atasi United, Courtois Salahkan Ivanovic

27-10-2014 09:55

Thibaut Courtois menyebut kartu merah yang diterima oleh Branislav Ivanovic sebagai titik bangkit yang menyebabkan Manchester United akhirnya bisa mengimbangi Chelsea (24/10).