Nama Lengkap : Robin van Persie
Tempat Lahir : Rotterdam, Belanda
Tanggal Lahir : 06 Agustus 1983 (31 Tahun)
Kebangsaan : Belanda
Posisi : Penyerang
No Punggung : 20
Tinggi : 188 cm

Karir

Robin van Persie adalah pesepakbola yang bermain untuk klub Manchester United dan berposisi sebagai penyerang. Persie lahir di Rotterdam, Belanda dari sebuah keluarga seniman. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibunya adalah seorang pelukis serta desainer perhiasan.

Diharapkan dapat meneruskan karir orangtuanya, van Persie lebih memilih untuk menekuni dunia sepakbola daripada dunia seni. Di usia 5 tahun, van Persie bergabung dengan klub tempat lahir SBV Exelcior. Ia meninggalkan Exelcior pada usia 15 karena adanya konflik pelatih dengan ibunya.

Van Persie memilih bergabung dengan klub tempat lahir yang lebih besar, Feyenoord. Baru bergabung di usia 15, van Persie sudah ditarik ke tim utama di usia 17 karena adanya badai cedera yang menghantam tim utama. Di akhir musim 2001-2002 van Persie meraih penghargaan KNVB Best Young Talent dan juga menandatangani kontrak profesional 3.5 tahun pada musim selanjutnya.

Ia sempat diasingkan untuk membela tim reserve karena bertengkar dengan pelatih Bert van Marwijk. Bert van Marwijk tidak senang dengan bahasa tubuhnya saat van Persie diganti di laga semifinal UEFA Super Cup 2002 melawan Real Madrid. Selama musim tersebut van Persie bermain dalam 28 laga dan mencetak 8 gol.

Di musim terakhirnya bersama Feyenoord, van Persie masih terus berkonflik dengan van Marwijk. Ini berujung pada gagalnya perjanjian kontrak baru van Persie. Di musim ini, 2003-2004, van Persie lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. 3 musim di Feyenoord, van Persie berhasil menyumbangkan piala UEFA Cup.

Sempat mengalami kekurangan peminat karena sifat van Persie yang pemberontak, akhirnya ia dikontrak oleh Arsenal pada 17 Mei 2004 dengan harga 2.75 juta Pounsterling. Ia diproyeksikan sebagai pengganti jangkan panjang untuk Dennis Bergkamp yang mulai termakan usia. Arsene Wenger pun mengganti posisinya dari penyerang sayap menjadi penyerang tengah.

Di musim pertamanya yaitu 2004-2005, ia banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan karena van Persie juga harus bersaing dengan penyerang asal Spanyol, José Antonio Reyes. Ia juga mendapat kartu merah pertamanya di musim ini, dihukum selama 4 laga, serta mendapat cedera.

Van Persie mengawali musim keduanya dengan cukup bagus karena mencetak 8 gol dalam 8 laga yang membuatnya meraih Arsenal Player of the Month pertamanya. Van Persie juga mendapat perpanjangan kontrak selama 5 tahun. Sayang ia juga mendapat cedera patah jari kaki yang membuatnya sempat bermain dengan sepatu yang dilubangi untuk mengurangi rasa sakit.

Ia meraih penghargaan Rotterdam Sportsman of the Year pada tahun 2006. Sebuah golnya pada tahun tersebut juga berhasil dinobatkan sebagai BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan September. Di Arsenal, van Persie cukup sering mengalami cedera yang pernah memaksanya absen selama 5 bulan.

Paska kepindahan Thierry Henry ke Barcelona, van Persie dipercaya menjadi striker utama pada musim 2007-2008. Di musim tersebut, sebuah golnya kembali menjadi BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan Desember. Di musim ini pula van Persie meraih penghargaan Arsenal Player of the Month keduanya.

Memperpanjang kontrak pada 2009, van Persie terus bermain untuk membantu Arsenal meraih piala yang belum pernah diraih kembali sejak 2005. Pada musim 2011-2012, van Persie diplot menjadi kapten Arsenal setelah pindahnya Cesc Fàbregas ke Barcelona. Pada 4 Juli 2012, van Persie memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Arsenal.

Pada 17 Agustus 2012, van Persie pindah ke Manchester United dengan harga 22.5 juta Poundsterling setelah menjalani 277 laga dan mencetak 132 gol di segala ajang. Di Manchester United, ia diberi nomor jersey 20 setelah diyakinkan asisten pelatih Rene Meulensteen bahwa kedatangannya akan mendatangkan gelar Premier League ke 20 Manchester United.

Selain sukses di level klub, van Persie cukup sukses di karir timnas, Ia sudah bermain untuk timnas Belanda usia 17, 19, dan 21. Van Persie sendiri saat ini merupakan top skorer timnas dengan 41 gol dari 78 caps. Di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, van Persie menjadi top skorer dengan 11 gol.      
     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Robin van Persie

Van Persie: Manchester United Percaya Van Gaal

Van Persie: Manchester United Percaya Van Gaal

27-01-2015 12:25

Robin van Persie menegaskan bahwa para pemain Manchester United percaya dengan metode kepelatihan yang diusung oleh Louis van Gaal.

Van Persie: Man United Ingin Merebut Gelar FA Cup

Van Persie: Man United Ingin Merebut Gelar FA Cup

27-01-2015 04:01

RVP juga mengungkap bagaimana kondisi timnya setelah bermain tanpa gol di R Costings Abbey Stadium akhir pekan lalu.

Minim Gol, van Persie Berhasrat Tingkatkan Performa

Minim Gol, van Persie Berhasrat Tingkatkan Performa

27-01-2015 01:45

Merasa bertanggung jawab dengan ketajaman lini depan timnya, RVP juga berbicara mengenai kesulitan The Red Devils untuk menghasilkan gol.

Tak Bahagia, van Persie Ragukan Masa Depannya di Man United

Tak Bahagia, van Persie Ragukan Masa Depannya di Man United

27-01-2015 01:13

RVP mengungkap ketidakpastian atas masa depannya di Old Trafford, apalagi dengan kontrak yang tersisa 18 bulan.

Review: United Hanya Imbang Kontra Cambridge

Review: United Hanya Imbang Kontra Cambridge

24-01-2015 04:47

Meski tampil dengan banyak pemain utama, Manchester United tak mampu mengalahkan Cambridge di FA Cup.

Van Gaal Ogah Bocorkan Line-up Man United

Van Gaal Ogah Bocorkan Line-up Man United

22-01-2015 21:15

Louis van Gaal menghadiri sesi konferensi pers jelang pertandingan FA Cup menghadapi Cambridge United.

Owen: Van Persie Tak Seperti Dulu Lagi

Owen: Van Persie Tak Seperti Dulu Lagi

21-01-2015 19:05

Michael Owen mengkritik performa barisan penyerang Manchester United, terutama sosok Robin Van Persie.

Owen Tak Terkesan Dengan Performa Mata dan Van Persie

Owen Tak Terkesan Dengan Performa Mata dan Van Persie

20-01-2015 22:32

Michael Owen mengaku tidak terlalu terkesan dengan performa dua penggawa Manchester United Juan Mata dan Robin Van Persie di musim ini.

Van Persie Diragukan Lawan QPR

Van Persie Diragukan Lawan QPR

16-01-2015 19:39

Manajer Manchester United Louis van Gaal mengungkapkan bahwa kondisi strikernya Robin Van Persie saat ini tengah mengalami cedera ringan.

Van Persie Gundah Pikirkan Masa Depan di MU

Van Persie Gundah Pikirkan Masa Depan di MU

16-01-2015 13:30

Robin van Persie disebut tengah ragu menatap masa depannya di Manchester United.