Nama Lengkap : Robson de Souza
Tempat Lahir : Sao Vicente, Brazil
Tanggal Lahir : 25 Januari 1984 (31 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : AC Milan
Posisi : Penyerang
No Punggung : 7
Tinggi : 172 cm

Karir

Robinho lahir pada tanggal 25 Januari 1984 di Sao Vicente, Brazil. Ia merupakan salah satu pemain yang memiliki talenta hebat. Sejak usia 16 tahun, Robinho telah menunjukkan kemampuan hebatnya sebagai seorang penyerang. Torehan gol – gol serta kecepatan dan akurasi dribelnya kerap disandingkan dengan legenda Brazil, Pele. Bahkan Pele sendiri kala melihat permainan Robinho di tim junior Santos mengatakan bahwa memang Robinho memiliki talenta yang mirip dengan dirinya.

Karir profesional pemain kelahiran 25 Januari ini dimulai pada tahun 2002 setelah ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Santos FC setelah menghabiskan tahun-tahun di tim akademi Santos dengan gemilang. Selama musim debut Robinho tampil aktif dan kreatif meski ia masih belum memiliki pengalaman bermain di divisi utama.

Pemain kelahiran Sao Vicente tersebut bermain dengan penuh percaya diri dan mencetak banyak gol. Atas dasar debut yang mengesankan tersebut, banyak pihak yang meyakini bahwa ia akan menjadi salah satu bintang sepak bola Brazil.

Musim-musim berikutnya ia lalui dengan gemilang. Torehan gol demi gol ia lesakkan bagi Santos dan hal tersebut mengundang perhatian serta minat banyak klub elit Eropa. Total ia sukses menyumbang dua gelar Campeonato Brasileiro pada tahun 2002 dan 2004 untuk Santos sepanjang 2002 hingga 2005 sebelum ia memutuskan untuk pindah ke Real Madrid.

Robinho resmi menjadi pemain Real Madrid setelah menandatangani kontrak transfer senilai € 24 juta. Sejak melakoni debutnya untuk Real Madrid, Robinho menjadi terkenal karena gaya permainannya yang mencolok khas pemain Brazil.

Musim pertama ia lalui dengan lancar. Namun pada musim keduanya, ia harus berjuang mendapatkan tempat utama pada paruh pertama musim 2006/207. Baru pada paruh kedua musim 06/07 sang arsitek, Fabio Capello, memutuskan untuk memasukkannya pada starting eleven tim.

Selama 3 musim Robinho berada di starting eleven Los Blancos ia cenderung kesulitan mengulangi kesuksesannya bersama Santos. Meski demikian, toreah 25 gol dalam 101 pertandingan serta sumbangan gelar La Liga dan Supercopa menjadi salah satu buti bahwa ia juga memberikan kontribusi positif di Madrid.

Pada tahun 2008, Real Madrid setuju untuk menjual Robinho ke Manchester City senilai €42 juta. Robinho menandatangani kontrak jangka panjang dengan Manchester City.

Sayangnya, dengan rekor transfer sebesar itu, kontribusi Robinho terbilang sangat sedikit. Pada awalnya ia memang sukses menempati starting eleven tim, tapi seiring waktu berlalu penampilannya menjadi cenderung menurun.

Adaptasinya yang kurang berjalan sempurna di liga Inggris diduga menjadi salah satu faktor gagalnya Robinho di City disamping beban sebagai pemain dengan nominal transfer termahal City saat itu. Pada bulan Januari 2010 Robinho kembali ke Brasil dan Santos FC pinjaman.

Kala menjalani masa peminjaman di Santos, Robinho sukses menemukan performa gemilangnya kembali. Menjalani paruh kedua musim dengan gemilang, ia sukses membantu Santos menjuarai Copa do Brasil serta Campeonato Paulista pada tahun 2010. Robinho sendiri memilih untuk bertahan di Santos daripada harus kembali ke Manchester. Sayangnya, kubu City menolak proposal peminjaman kembali maupun transfer permanen yang diajukan oleh Santos.

Pada musim panas tahun 2010, AC Milan resmi mendapatkan Robinho seharga €18 juta. Robinho bermain di hampir setiap pertandingan AC Milan pada musim pertamanya berseragam Milan dengan torehan satu gelar Serie A. Sayangnya, performanya cenderung menurun di musim-musim selanjutnya hingga posisinya secara perlahan digeser oleh pemain lain.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Robinho

Lupakan Piala Dunia, Brasil Fokus Copa America

Lupakan Piala Dunia, Brasil Fokus Copa America

30-03-2015 06:38

Robinho menegaskan ia dan rekan-rekannya sudah melupakan Piala Dunia dan fokus ke Copa America 2015.

Inilah Skuat Brasil Untuk Lawan Prancis dan Chile

Inilah Skuat Brasil Untuk Lawan Prancis dan Chile

06-03-2015 17:16

Pelatih Brasil, Dunga akhirnya merilis nama-nama pemain yang akan ia siapkan untuk dua laga uji coba melawan Prancis dan Chile akhir bulan ini.

Robinho Tak Akan Kembali ke Milan

Robinho Tak Akan Kembali ke Milan

18-02-2015 19:47

Agen pemain asal Brasil Robinho mengatakan bahwa kliennya tidak akan kembali ke AC Milan begitu masa peminjamannya di Santos berakhir.

Brasil, Rekrutan Nomor Satu Perez di Madrid

Brasil, Rekrutan Nomor Satu Perez di Madrid

24-01-2015 14:27

Dua periode menjabat Presiden Real Madrid, Florentino Perez telah mendatangkan sederet bintang asing ke Santiago Bernabeu. Dari semuanya, talenta-talenta Brasil adalah yang paling sering direkrut oleh Perez untuk Madrid.

Lucas Silva Berubah Haluan ke Barca?

Lucas Silva Berubah Haluan ke Barca?

29-12-2014 15:45

Lucas Silva dikabarkan berbalik ingin membela Barcelona, usai terlihat akrab dengan bintang Camp Nou, Neymar, belum lama ini.

Neymar 'Bajak' Mobil, Robinho Pura-pura Cedera

Neymar 'Bajak' Mobil, Robinho Pura-pura Cedera

27-12-2014 13:09

Neymar dan Robinho belum lama ini melakukan aksi menarik kala keduanya terlibat laga amal di Brasil.

Robinho Ogah Kembali ke Milan

Robinho Ogah Kembali ke Milan

19-11-2014 00:05

Robinho mengakui dirinya tak berhasrat sama sekali untuk kembali ke klub asalnya, AC Milan, dan memilih bertahan di Santos.

Hazard Akui Curi Trik Ronaldinho dan Robinho

Hazard Akui Curi Trik Ronaldinho dan Robinho

12-11-2014 12:18

Eden Hazard mengaku ia banyak belajar teknik bermain sepakbola yang benar dari video dua pemain Brasil, Ronaldinho dan Robinho.

Robinho Tersangkut Kasus Pelecehan Seksual Gadis 18 Tahun

Robinho Tersangkut Kasus Pelecehan Seksual Gadis 18 Tahun

23-10-2014 12:15

Robinho belum lama ini dilaporkan tersangkut kasus pelecehan seksual yang ia lakukan kala masih membela AC Milan.

Sekencang 2010/11, Milan Juara Serie A?

Sekencang 2010/11, Milan Juara Serie A?

21-10-2014 10:19

Bisakah AC Milan menjuarai Serie A 2014/15? Peluang untuk itu cukup terbuka. Pasalnya, laju Rossoneri sejauh ini mirip dengan ketika merebut Scudetto terakhirnya musim 2010/11 silam.