RYOMIYAICHI

Ryo Miyaichi
Nama Lengkap : Ryo Miyaichi
Tempat Lahir : Okazaki, Aichi, Jepang
Tanggal Lahir : 14 Desember 1992 (22 Tahun)
Kebangsaan : Jepang
Klub : Arsenal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 31
Tinggi : 183 cm

Karir

Ryo Miayichi merupakan salah satu pemain Asia yang memiliki talenta besar hingga bisa bermain di kompetisi elit Eropa. Kemampuannya mengecoh pemain belakang lawan dengan kecepatan dan teknik mengolah bola miliknya menjadi senjata andalan pemain asal Jepang ini.

Pemain sepak bola kelahiran Okazaki ini lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga atlit. Ayahnya adalah mantan pemain basket dan mantan manajer tim basket Toyota Motors dan saudaranya juga adalah seorang pemain sepak bola.

Sejak kecil ayahnya selalu mendidik Ryo dan saudaranya untuk aktif berolahraga. Dengan dukungan penuh dari keluarga atlit inilah Ryo mulai menemukan dan dapat memngembangkan potensinya di dunia sepak bola dengan baik.

Karir pemain Jepang ini bermula kala ia bermain untuk tim Sylphid F.C. saat ia masih berstatus sebagai pelajar sekolah dasar. Disana ia menemukan kesukaan pada sepak bola. Pada saat ia masuk level Sekolah Menengah Atas, ia meneruskan bermain sepak bola bersama dengan tim sekolahnya, Chukyodai Chukyo High School.

Bersama dengan tim sekolahnya tersebut, Ryo merasakan permainan di kompetisi yang ketat. Hal itu dikarenakan kompetisi All Japan High School Soccer Tournament yang berhasil mereka ikuti karena telah lolos kualifikasi adalah kompetisi pelajar yang sangat serius di Jepang. Bahkan pertandingannya pun sampai disiarkan dengan hak komersil di televeisi.

Pada musim panas 2010 setelah selesai membela tim sekolahnya pada All Japan High School Tournament, Ryo mendapat kesempatan untuk mengikuti program percobaan bersama dengan salah satu klub besar liga Inggris asal kota London, Arsenal. Pada masa percobaan tersebut Ryo sukses memberikan kesan positif kepada pihak manajemen Arsenal, terutama sang arsitek, Arsene Wenger.

Kecepatan dan kemampuannya mengontrol si kulit bundar menjadi kelebihan Ryo dan hal itu membuat Wenger menginginkannya untuk masuk kedalam jajaran pemain Arsenal. Pada Januari 2011, Ryo resmi bergabung bersama Arsenal dengan status kontrak profesional.

Segera setalah ia mendapat kontrak resmi bersama Arsenal, Ryo dipinjamkan ke salah satu klub asal Belanda, Feyenoord. Ia dipinjamkan karena di Inggris ia belum mengantongi izin kerja. Ryo menjalani masa peminjaman 5 bulan yang sangat mengesankan bersama dengan Feyenoord.

Ia menunjukkan penampilan apik dan mengesankan kala berseragam Feyenoord. Kemampuan dribel dan kecepatan larinya menjadi andalan Feyenoord saat mengalahkan lawan. Ia sukses bermain sebanyak 12 kali pertandingan dengan mengemas 3 gol untuk Feyenoord. Bahkan para pendukung Feyenoord pun menjulukinya “Ryodinho” karena kemiripan gaya bermainnya dengan pemain Brazil, Ronaldinho.

Pada musim 2011/2012, Ryo sudah mengantongi izin kerja dari pemerintah Inggris sehingga ia diperbolehkan untuk bermain bersama Arsenal. Ia sempat bermain kala Arsenal menjalani tur pramusim melawan Malaysia XI dan kala Arsenal melawan Shrewsbury Town pada laga lanjutan League Cup den beberapa laga tim reserve sebelum ia dibekap cedera.

Pada januari 2012, ia dipinjamkan ke Bolton guna mendapat pengalaman bermain di kompetisi utama Liga Inggris. Ia bermain mengesankan kala Bolton mengalahkan Millwall pada laga lanjutan piala FA. Ia bahkan mendapat penghargaan pemain terbaik Bolton pada bulan Februari.

Dan pada Agustus 2012, pihak Arsenal kembali meminjamkan Ryo kepada salah satu klub Liga Premier, Wigan, guna memberinya pengalaman bersaing dan bermain di ketatnya kompetisi liga Inggris. Meski pada pertandingan debutnya Ryo sukses memberi assist kepada Callum McManaman, namun ia harus puas hanya bermain 3 kali untuk Wigan karena cedera yang ia dapat.

Pada awal musim 2013/2014, ia bermain untuk Arsenal saat menghadapi tim kota kelahirannya, Nagoya Grampus, yang merupakan salah satu rangkaian tur pra-musim tim Meriam London ke Asia. Kala itu Ryo sukses mencetak gol melalui tendangan pinalti pada menit ke 26.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Ryo Miyaichi

Arsenal Kembali Kirim Miyaichi ke Eredivisie

Arsenal Kembali Kirim Miyaichi ke Eredivisie

02-09-2014 12:08

Melalui situs resminya, The Gunners mengumumkan bahwa pemain asal Jepang ini akan dipinjamkan ke klub Eredivisie, Twente selama semusim ke depan.

Salah Bawa Pemain, Wenger Kehilangan Satu Cadangan

Salah Bawa Pemain, Wenger Kehilangan Satu Cadangan

12-03-2014 04:08

Tim-tim Inggris yang bertanding melawan Bayern Munich nampaknya terserang semacam kelengahan.

Arsenal Bersikeras Pertahankan Ryo Miyaichi

Arsenal Bersikeras Pertahankan Ryo Miyaichi

31-01-2014 08:57

Manajer Arsene Wenger menilai bahwa tenaga pemain 21 tahun tersebut dibutuhkan Arsenal dalam melewati jadwal padat di tiga kompetisi.

Kostum Unik Pemain Arsenal Sambut Natal

Kostum Unik Pemain Arsenal Sambut Natal

19-12-2013 08:46

Para pemain Arsenal mengenakan kostum unik dalam perayaan menyambut Natal.

Inter dan Arsenal Bersaing Dapatkan Gelandang Produktif Jepang

Inter dan Arsenal Bersaing Dapatkan Gelandang Produktif Jepang

31-10-2013 11:17

Arsenal saat ini dikabarkan tengah bersaing dengan dua raksasa Eropa lainnya, Internazionale dan Galatasaray untuk memburu talenta menjanjikan asal Jepang, Yoichiro Kakitani.

Miyaichi Curhat Soal Pengalaman Depresi

Miyaichi Curhat Soal Pengalaman Depresi

19-10-2013 16:02

"Ketika saya mengenang kembali, tiga tahun terasa begitu cepat berlalu. Saya pernah cedera sepanjang musim, benar-benar periode yang berat," kenang Miyaichi.

Finishing Memalukan Ryo Miyaichi Bersama Arsenal U-21

Finishing Memalukan Ryo Miyaichi Bersama Arsenal U-21

18-09-2013 14:51

Peluang yang seharusnya 100 persen berbuah gol tersebut akhirnya melenceng ke samping kiri gawang dan hanya menghasilkan goal kick bagi WBA.

Masa Depan Miyaichi di Arsenal Belum Jelas

Masa Depan Miyaichi di Arsenal Belum Jelas

18-08-2013 02:00

Saat ini winger asal Jepang tersebut tengah menjalani pemulihan cedera tulang rusuk dan tidak bisa memperkuat The Gunners awal musim ini.

Miyaichi Jadi Bagian Rencana Wenger Musim Depan

Miyaichi Jadi Bagian Rencana Wenger Musim Depan

27-07-2013 02:00

Arsene Wenger mengatakan ketidaksetujuannya melepas winger Jepang; Ryo Miyaichi sebagai pemain pinjaman, maupun untuk dijual pada bursa transfer musim panas.

Highlights Friendly: Nagoya Grampus 1 vs 3 Arsenal

Highlights Friendly: Nagoya Grampus 1 vs 3 Arsenal

22-07-2013 21:00

Hasil positif kembali diraih Arsenal dalam tur pramusim ke Asia. Setelah Indonesia dan Vietnam, giliran klub asal Jepang, Nagoya Grampus yang merasakan sengatan anak asuh Arsene Wenger ini.