Nama Lengkap : Sergio Leonel Aguero del Castillo
Tempat Lahir : Quilmes, Argentina
Tanggal Lahir : 02 Juni 1988 (28 Tahun)
Kebangsaan : Argentina
Posisi : Penyerang
No Punggung : 16
Tinggi : 172 cm

Karir

Sergio Leonel "Kun" Agüero del Castillo lahir pada 2 Juni 1988. Dia adalah pemain sepak bola Argentina yang bermain sebagai striker untuk klub Liga Premier Inggris, Manchester City dan tim nasional Argentina.

Pada tanggal 5 Juli 2003, ia menjadi pemain termuda yang melakukan debut di Argentina Primera División pada 15 tahun dan 35 hari, memecahkan rekor sebelumnya yang dimiliki oleh Diego Maradona pada tahun 1976.

Pada tingkat internasional, Agüero mewakili Argentina di tim U-20 dalam Piala Dunia FIFA U-20 pada tahun 2005 dan pada tahun 2007, dia membantu Argentina memenangkan kedua turnamen tersebut.

Agüero bermain di Olimpiade Beijing 2008, ia mencetak dua gol dalam kemenangan semifinal 3-0 melawan Brasil saat Argentina memenangkan medali emas. Agüero terpilih untuk mewakili Argentina di Piala Dunia FIFA 2010 dan 2011 Copa América.

Pada tahun 2006, Agüero pindah ke Eropa untuk bermain untuk tim La Liga, Atletico Madrid dengan biaya sebesar € 23.000.000 dari Independiente. Dia menarik perhatian dari klub-klub top Eropa dengan mencetak 101 gol dalam 234 penampilan saat memenangkan Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA pada tahun 2010.

Agüero pindah ke klub Premier League Manchester City pada bulan Juli 2011 untuk biaya transfer yang tidak diungkapkan diduga berada di kisaran £ 35 juta. Pada hari terakhir musim debut dengan klub, Agüero mencetak gol di menit ke-94, dalam kemenangan melawan Queens Park Rangers yang membuat Manchester City mendapat gelar liga pertama mereka dalam 44 tahun terakhir.

Pada tahun 2012, ia memenangkan Manchester City’s Player of The Year yang dipilih oleh para fans. Dengan 13 gol, ia menjadi pencetak gol terbanyak Manchester City di kompetisi Eropa, rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Manchester City Francis Lee.

Agüero adalah striker dan dianggap sebagai penyerang tengah yang sangat hebat, tetapi juga bisa bermain sebagai second striker, posisi yang sering ia tempati di Atletico Madrid, bersama dengan Diego Forlan.

Agüero memiliki badan yang kecil dengan fisik yang kekar, yang telah menyebabkan dia dibandingkan dengan mantan rekan setimnya di Manchester City Carlos Tévez, dan striker masa lalu seperti Romario dan Diego Maradona. Mantan manajer Manchester City, Roberto Mancini, telah membandingkan Agüero dengan mantan striker Brasil, Romario.

Agüero dikenal karena kelincahan, percepatan dan kekuatan, yang digambarkan sebagai striker yang "tajam dan cerdas" oleh mantan pemain Argentina Osvaldo Ardiles. Pandangan yang juga dimiliki oleh kapten di tim nasionalnya, Lionel Messi, yang percaya Agüero memiliki "kekuatan besar, kekuatan dan etos kerja yang luar biasa". Dikombinasikan dengan kontrol bola yang bagus dan kekuatan untuk menjaga bola, ia digambarkan sebagai ancaman yang menakutkan dalam kotak penalti.

Agüero menikah dengan Giannina Maradona, putri bungsu dari legenda sepakbola Argentina Diego Maradona. Pada tanggal 19 Februari 2009, Giannina melahirkan seorang putra, Benjamín, di Madrid. Diego Maradona ada di sana untuk kelahiran cucu pertamanya, sementara Agüero kemudian melewatkan sesi latihan Atletico pada hari sebelumnya. Pada Januari 2013, Agüero dan Giannina bercerai, anak Agüero secara permanen tinggal bersama Giannina di Buenos Aires, Argentina.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Sergio Aguero

Guardiola Pastikan Aguero Bertahan di City

Guardiola Pastikan Aguero Bertahan di City

22-01-2017 02:20

Josep Guardiola mengatakan Sergio Aguero sudah mengikat kontrak dengan Manchester City hingga 2020 dan berkeras pemain Argentina bisa bertahan di klub selama yang ia mau.

Man City Siap Terima Tawaran untuk Aguero

Man City Siap Terima Tawaran untuk Aguero

21-01-2017 05:23

Manchester City dikabarkan siap melepas Sergio Aguero jika memang ada tawaran yang cocok. Masa depan penyerang asal Argentina tersebut sudah diragukan sejak awal-awal musim ini.

Guardiola: Aguero Kaya, Dia Mentraktir Saya

Guardiola: Aguero Kaya, Dia Mentraktir Saya

21-01-2017 02:50

Josep Guardiola mengakui bahwa ia memang baru menjalani pertemuan dengan Sergio Aguero.

Data dan Fakta Premier League: Manchester City vs Tottenham

Data dan Fakta Premier League: Manchester City vs Tottenham

19-01-2017 16:12

Manchester City memiliki kesempatan untuk membalas dendam atas kekalahan mereka saat menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Minggu (22/1) dini hari. Musim ini, Spurs menjadi tim pertama yang sukses mengalahkan The Citizens di Premier League.

Aguero: Saya Sempat Tak Tahu Siapa Messi

Aguero: Saya Sempat Tak Tahu Siapa Messi

06-01-2017 12:50

Sergio Aguero dan Lionel Messi dikenal sebagai sahabat dekat. Keduanya sudah dipertemukan sejak membela timnas Argentina di level U-20. Striker Manchester City belum lama ini bahkan mendukung Messi untuk meraih trofi pemain terbaik FIFA.

Aguero: Messi Cuma Manusia Biasa

Aguero: Messi Cuma Manusia Biasa

06-01-2017 07:30

Sergio Aguero belum lama ini membuka tabir mengenai kepribadian Lionel Messi, bintang Barcelona yang juga merupakan rekannya di timnas Argentina.

Soal Fernandinho dan Aguero, Guardiola Ketusi Media

Soal Fernandinho dan Aguero, Guardiola Ketusi Media

03-01-2017 08:17

Manajer Manchester City, Josep Guardiola, memberikan tanggapan yang kurang ramah usai mendapatkan pertanyaan mengenai kartu merah yang didapatkan oleh Fernandinho di pertandingan melawan Burnley.

Hasil Pertandingan Manchester City vs Burnley: Skor 2-1

Hasil Pertandingan Manchester City vs Burnley: Skor 2-1

02-01-2017 23:36

Manchester City harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan tiga poin ketika menghadapi Burnley di Etihad Stadium, Senin (2/1). Sebab dalam pertandingan ini, City harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 32.

Kalahkan City, Klopp Puji Cara Bertahan Liverpool

Kalahkan City, Klopp Puji Cara Bertahan Liverpool

01-01-2017 23:01

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memuji gaya timnya saat bertahan setelah mereka berhasil mengalahkan pasukan Josep Guardiola, Manchester City.

Tak Ada Aguero di Kotak Penalti Liverpool

Tak Ada Aguero di Kotak Penalti Liverpool

01-01-2017 08:49

Bermain penuh selama 90 menit, Aguero membukukan 32 sentuhan. Namun, dari 32 ball touches Aguero tersebut, tak ada satupun yang di dalam kotak penalti Liverpool. The Reds sukses mematikan dan menjauhkannya dari jantung pertahanan mereka.