Nama Lengkap : Stephan El Shaarawy
Tempat Lahir : Savona, Italia
Tanggal Lahir : 27 Oktober 1992 (22 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : AC Milan
Posisi : Penyerang
No Punggung : 92
Tinggi : 178 cm

Stephan Kareem El Shaarawy atau yang lebih akrab dengan panggilan EL Shaarawy ini adalah pesepak bola profesional asal Italia yang terlahir dari ayah yang berasal dari Mesir ibu yang berdarah Italia. Pemain yang lahir pada 27 Oktober 1992 silam ini juga mendapat sebutan dengan nama Il Faraone atau The Pharaoh.

El Shaarawy memulai karir sepakbolanya bersama klub Seri A, Genoa, dan bergabung bersama tim mudanya sejak berusia 14 tahun. Pada 21 Desember 2008, ketika berusia 16 tahun 55 hari El Shaarawy memulai karir profesionalnya bersama tim senior Genoa di laga melawan Chievo.

Pada debut tersebut, Stephan menjadi pemain termuda keempat di sepanjang sejarah Seri A saat itu. Permainan debutnya itu adalah penampilan tunggalnya di musim tersebut, dan selanjutnya El Shaarawy lebih sering ditempatkan di bangku cadangan.

Pada Juni 2010, dia menandatangani kontrak untuk bermain bersama klub yang bermain di Seri B, Padova, sebagai pemain pinjaman pada musim 2010-2011. Dalam waktu yang singkat, El Shaarawy segera menjadi sebagai pemain andalan dan mengantarkan tim yang berjuluk the Venetian ini unjuk kebolehan di pertandaingan promosi partai final melawan Novara.

Namun sayang, Padova harus menerima kekalahan. El Shaarawy mendapat penghargaan sebagai Player of the Year tahun 2011 di Seri B karena performanya yang sangat mengagumkan.

Pada 25 Juni 2011, El Shaarawy resmi bergabung dengan klub besar Italia A.C. Milan dan menjalani debut pada 18 September 2011 di laga melawan Napoli di stadion San Paolo. Sangat disayangkan, Milan mengalami kekalahan dengan hasil akhir 3-1. Tiga hari kemudian ketika dia dimainkan untuk menggantikan Alexander Pato, El Shaarawy mencetak gol pertamanya yang menghasilkan skor akhir imbang 1-1 ketika melawan Udinese.

Dia sempat dikabarkan akan dijadikan sebagai pemain pinjaman, namun klub mempertahankan keberadaannya untuk tetap bermain di Milan. Performanya di milan semakin meningkat dan menjadikannya sebagai salah satu pemain muda yang berbakat di Italia. Sejak saaat itu, namanya tidak luput dari sebagai pemain kunci milik A.C. Milan sejak pindahnya salah satu pemainnya, Zlatan Ibrahimovic ke Paris Saint-Germain.

Di tahun 2012, El Shaarawy memperpanjang kontraknya bersama klub yang berjuluk Rossoneri ini. Di musim keduanya bersama Milan, gol-gol cantik berhasil dikoleksi dari tendangan kaki kanannya. Di paruh musim, dia menjadi pencetak gol terbanyak di Seri A dengan jumlah 14 gol. El Shaarawy juga menjadi pencetak gol terbanyak di seluruh pertandingan dengan total 16 gol. Namanya berada di posisi ke-52 dari 100 nama pesepakbola terbaik di dunia yang dirilis oleh koran nasional asal Inggris Raya, The Guardian.

Setelah kemunculan berita dan spekulasi tentang klub yang akan dibela El Shaarawy, pada 2 Juli 2013 Milan secara resmi mengumumkan bahwa pemainnya tersebut memutuskan untuk tetap bergabung bersama klub. Di awal musim 2013-2014, dia mencetak gol pertamanya di musim tersebut saat melawan PSV di putaran pertama Liga Champion pada Februari 2013. Namun di paruh pertengahan musim, dia mengalami cedera dan hanya mampu bermain di 7 pertandingan hingga musim berakhir.

Karena kewarganegaraan ganda yang dimilikinya, dia memenuhi syarat untuk bermain bersama Tim Nasional Mesir, namun pelatih Mesir saat itu, Hassan Shehata menyarankannya untuk bermain bagi Italia demi menyongsong masa depan yang lebih cerah. Lalu El Shaarawy memutuskan untuk bermain bersama Tim Nasional muda Italia sejak berada di level U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-21. Bersama Timnas U-17, dia ambil bagian bermain di Piala Eropa U-17 dan Piala Dunia U-17.

Pada pertengahan November 2011, El Shaarawy melakoni debut bersama tim U-21 di pertandingan melawan Hungaria. Hingga pada 15 Agustus 2012, dia melakoni debut bersama tim senior Italia di pertandingan persahabatan melawan Inggris. il Pharaone mencetak gol pertamanya ketika melawan Perancis pada 14 November 2012.


Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru El Shaarawy

Comeback, Baresi Beri Semangat El Shaarawy

Comeback, Baresi Beri Semangat El Shaarawy

19-04-2014 01:28

Legenda AC Milan Franco Baresi sangat antusias ingin melihat Stephan El Shaarawy kembali merumput di lapangan hijau.

Cassano Ikuti Uji Fisik Azzurri

Cassano Ikuti Uji Fisik Azzurri

12-04-2014 12:59

Pelatih Italia Cesare Prandelli telah memanggil 42 pemain untuk mengikuti uji fisik guna menentukan apakah mereka layak masuk skuat Piala Dunia 2014 atau tidak. Salah satu nama di dalamnya adalah Antonio Cassano. Namun sayang, Totti tak dapat tempat.

Kondisi El Shaarawy Masih Meragukan Saat Piala Dunia

Kondisi El Shaarawy Masih Meragukan Saat Piala Dunia

11-04-2014 22:21

Kondisi Stephan El Sharawy yang tak kunjung fit membuatnya jarang tampil membela klubnya di musim ini.

Milan Tak Akan Lepas Shaarawy ke Napoli Musim Depan

Milan Tak Akan Lepas Shaarawy ke Napoli Musim Depan

11-04-2014 22:01

AC Milan tidak punya rencana untuk melepas striker Stephan El Shaarawy ke Napoli pada musim panas mendatang.

'Selamatkan Karir, El Shaarawy Sebaiknya Gabung Genoa'

'Selamatkan Karir, El Shaarawy Sebaiknya Gabung Genoa'

08-04-2014 10:48

Eks pemain Milan, Luca Antonini memberikan saran kepada El Shaarawy untuk bergabung dengannya di Genoa.

El Shaarawy Pede Jelang Laga Terakhir Milan

El Shaarawy Pede Jelang Laga Terakhir Milan

15-05-2013 01:30

Stephan El Shaarawy tengah on fire dan berharap mengakhiri musim dengan mencetak gol saat Milan melakoni pertandingan hidup mati lawan Siena.

Allegri: Tempat Ketiga Target Terbaik

Allegri: Tempat Ketiga Target Terbaik

15-04-2013 07:59

Allenatore Milan, Massimiliano Allegri menegaskan Rossoneri harus puas berada di tempat ke tiga. Pernyataan itu dilontarkan setelah pertandingan melawan Napoli yang berakhir imbang 1-1.

Sharaawy: Kami Adalah Generasi Italia

Sharaawy: Kami Adalah Generasi Italia

24-03-2013 01:01

Stephan El Shaarawy sangat menikmati bermain bersama Mario Balotelli baik di klub maupun di timnas Italia. Baginya, seorang Balotelli adalah seorang panutan.

Data dan Fakta Serie A Giornata 23: AC Milan vs Udinese

Data dan Fakta Serie A Giornata 23: AC Milan vs Udinese

03-02-2013 15:31

Udinese siap melanjutkan catatan apik mereka saat bertemu AC Milan. Lima pertemuan terakhir kedua tim, Udinese hanya sekali merasakan kekalahan.

"Milan Terlalu Banyak Buat Kesalahan"

18-11-2012 09:15

Meski mengaku bersyukur dengan hasil seri yang diraih Milan di kandang Napoli. Massimiliano Allegri menegaskan timnya harus meminimalisir kesalahan untuk dapat bangkit.