TOMCLEVERLEY

Tom Cleverley
Nama Lengkap : Thomas William Cleverley
Tempat Lahir : Basingstoke, Inggris
Tanggal Lahir : 12 Agustus 1987 (26 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Gelandang
No Punggung : 23
Tinggi : 175 cm

Karir

Thomas William Cleverley atau yang lebih dikenal sebagai Tom Cleverley ini merupakan seorang pemain yang berposisi sebagai gelandang. Kelihaiannya dalam hal memberikan umpan-umpan akurat membuat pemain kelahiran Basingstoke ini menjadi sesosok pemain yang berperan sentral terhadap peyerangan tim yang ia bela.

Meski lahir di Basingstoke, Cleverley tumbuh di lingkungan Bradford. Hal itu membuat ia memilih untuk mengawali karirnya di dunia sepak bola bersama dengan akademi tim lokal kota tempat ia tumbuh, Bradford City.

Cleverley menunjukkan perkembangan kemampuan yang pesat kala menimba ilmu bersama dengan akademi Bradford. Setelah 2 musim menimba ilmu bersama dengan klub kota tempat ia tumbuh, Cleverley memutuskan untuk bergabung bersama dengan tim akademi Manchester United saat usianya masih berusia 12 tahun.

Bersama dengan akademi Setan Merah, Cleverley sukses menjadi pemain yang tak tergantikan di posisi gelandang. Kemampuannya dalam hal akurasi umpan membuat pemain asal Basingstoke ini menjadi playmaker handal untuk tim akademi setan merah.

Peran sentralnya di tim akademi membuat pihak manajemen klub Manchester United memberinya kesempatan untuk bermain bersama tim reserve united. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini kemudian dipromosikan dari sistem pembinaan pemain muda Manchester United untuk menjadi kapten sementara di tim reserve United.

Hebatnya, nama Cleverley juga dinominasikan dalam penghargaan bergengsi Denzil Haroun Reserve Player of the Year pada tahun 2007/2008.

Pada Januari 2009, Tom Cleverley dipinjamkan ke klub League One Liga Inggris, Leicester City. Ia memulai debutnya bersama dengan Leicester kala mereka melawan Yeovil Town. Setelah pertandingan debut tersebut, grafik penampilan Cleverley cenderung kian naik.

Hal itu terbukti dengan torehan 15 kali pertandingan yang ia lakoni bersama dengan Leicester. Sayangnya, ia harus puas hanya bermain 15 kali untuk Leicester karena setelah itu ia mendapat cedera bahu yang memaksanya untuk mengakhiri musim kompetisi dengan torehan 2 gol dari 15 kali pertandingan. Beruntungnya, torehan tersebut cukup untuk membantu Leicester mendapat tiket promosi dari League One Liga Inggris.

Setelah masa peminjamannya bersama Leicester berakhir, Cleverley kembali dipinjamkan oleh pihak Manchester United. Kali ini ia dipinjamkan ke salah satu klub Championship, Watford. Bersama dengan Watford, Tom Cleverley menjadi salah satu pemain yang turut membantu Watford meraih capaian positif pada musim 2009/2010.

Penampilan apiknya membuat Watford menjadi salah satu tim dengan kolektivitas permainan yang baik. Terhitung ia sukses menorehkan 11 gol dari 33 kali permainan untuk Watford. Dengan torehan tersebut, ia dianugerahi gelar Pemain Terbaik Sepanjang Musim untuk Watford.

Sekembalinya dari masa peminjaman dari Watford, Cleverley sempat dibawa United untuk mengikuti tur pramusim yang dilakukan oleh skuat Setan Merah. Pada tur pramusim tersebut, penampilan Cleverley terbilang sangat bagus dengan torehan 2 gol dan beberapa assistnya bagi United.

Meski posisinya terlihat aman untuk tim utama United, namun lagi-lagi pihak United memilih untuk meminjamkan pemain kelahiran 12 Agustus ini dengan alasan memberinya pengalaman bermain di kompetisi ketat Premier League. Bersama dengan Wigan, Cleverley tampil cukup bagus dengan torehan 25 penampila dan 4 gol yang ia lesakkan untuk kubu Wigan Athletic.

Dengan pensiunnya Scholes pada awal 2011-2012 membuat Cleverley menjadi pilihan di skuat utama United. Ia dan Michael Carrick bergantian menjadi penyeimbang permain United sejak musim 2011/2012.

Cleverley kemudian membayar kepercayaan tersebut dengan baik. Terbukti ia sukses membantu United memenangkan gelar piala FA 2011 dan 2013 serta menjuarai gelaran Liga Premier Inggris untuk musim 2012/2013.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Tom Cleverley

Ditekuk Bayern, Welbeck & Cleverley Pesta Semalam Suntuk

Ditekuk Bayern, Welbeck & Cleverley Pesta Semalam Suntuk

12-04-2014 12:57

Danny Welbeck dan Tom Cleverley terlihat keluar dari klub malam, usai melakoni pesta semalam suntuk, tak lama usai United kalah 1-3 dari Bayern Munich di Liga Champions.

Empat Pemain United Bersiap Teken Kontrak Baru

Empat Pemain United Bersiap Teken Kontrak Baru

04-04-2014 11:58

Manchester United tak lama lagi diklaim siap menawarkan kontrak baru terhadap empat penggawa mereka.

Moyes Sisipkan Cleverley Dalam Daftar Jual

Moyes Sisipkan Cleverley Dalam Daftar Jual

29-03-2014 11:06

David Moyes sepertinya hilang kesabaran dengan Tom Cleverley dan kini siap memasukkannya dalam daftar jual Manchester United.

Moyes Ingin United Tampil Bagus Lawan Aston Villa Demi Bayern

Moyes Ingin United Tampil Bagus Lawan Aston Villa Demi Bayern

28-03-2014 22:49

Man Utd membutuhkan performa bagus lawan Aston Villa sebagai modal menghadapi Bayern Munich.

'Moyes Tak Pernah Peduli Pada Pemain Muda'

'Moyes Tak Pernah Peduli Pada Pemain Muda'

17-03-2014 20:07

Kritikan terhadap David Moyes terus datang bertubi-tubi.

Diabaikan di Hawthorns, Cleverley Masih Masuk Rencana Moyes

Diabaikan di Hawthorns, Cleverley Masih Masuk Rencana Moyes

10-03-2014 12:25

David Moyes menegaskan bahwa Tom Cleverley masih akan masuk dalam rencananya di sisa musim ini, meski sang pemain ditepikan di laga melawan West Brom (08/03).

United Tawari Cleverley Kontrak 15 Juta Pound

United Tawari Cleverley Kontrak 15 Juta Pound

10-03-2014 03:48

Moyes dikabarkan telah menawarkan kontrak baru berdurasi lima musim untuk Tom Cleverley.

Martinez: Publik Inggris Kelewat Kejam Pada Cleverley

Martinez: Publik Inggris Kelewat Kejam Pada Cleverley

08-03-2014 19:00

Ia ragu bahwa fenomena penolakan terhadap Cleverley akan terjadi seandainya ia bermain untuk negara lain.

Martinez Tak Paham Ada Yang Meragukan Cleverley

Martinez Tak Paham Ada Yang Meragukan Cleverley

08-03-2014 15:20

Manajer Everton, Roberto Martinez mengaku tak bisa mengerti ada yang memberi kritik kepada gelandang Manchester United, Tom Cleverley.

Giliran Moyes Bela Tom Cleverley

Giliran Moyes Bela Tom Cleverley

07-03-2014 21:55

Usai Roy Hodgson, kini giliran pelatih Manchester United, David Moyes yang memberikan pembelaan kepada Tom Cleverley setelah nama terakhir mendapatkan petisi online.