URBYEMANUELSON

Urby Emanuelson
Nama Lengkap : Urby Vitorrio Diego Emanuelson
Tempat Lahir : Amsterdam, Belanda
Tanggal Lahir : 16 Juni 1986 (28 Tahun)
Kebangsaan : Belanda
Klub : AC Milan
Posisi : Gelandang
No Punggung : 28
Tinggi : 176 cm

Karir

Emanuelson merupakan salah satu pemain produk dari sistem pembinaan usia muda Ajax Amsterdam. Sebelum bermain untuk Ajax, ia sempat bergabung dengan Voorland SC. Dia melakukan debut pada musim 2004-05 pada 10 April 2005 dalam sebuah kemenangan di kandang Ajac dengan skor 4-2 atas AZ Alkmar.

Pada musim 2005-06 ia menjadi pilihan utama di posisi bek kiri. Pada musim tersebut ia sukses memenangkan trofi pertama dalam karirnya. Ia sukses memenangkan trofi Johan Cruijff- Schaal serta Piala KNVB 2006. Sebagai hasil dari kerja kerasnya, ia dianugrahi gelar "Amsterdam Talent of the Year 2006". Kedua gelar yang ia raih, yakni Johan Cruijff-Schaal dan Piala KNVB, berhasil dipertahankan di musim 2006-07. Hebatnya, ia juga sukses membantu Ajax membawa pulang trofi Johan Cruijff-Schaal untuk kali ketiga beruntun pada awal musim 2007-08.

Pada tahun terakhirnya di Ajax, Emanuelson kerap dimainkan sebagai gelandang kiri karena kemampuan pertahanannya yang lemah. Dia mengalami perkembangan yang signifikan dalam peran barunya di sayap kiri. Ia kerap membuat melakukan dribel yang mampu merusak pertahanan lawan dan tak jarang ia juga sukses mencetak gol bagi Ajax. Pada 2009-10, Emanuelson sukses memenangkan Piala KNVB untuk ketiga kalinya dalam karirnya bersama Ajax.

Pada 2011, Emanuelson secara resmi diperkenalkan sebagai pemain AC Milan. Milan sukses menggaet pemain yang lahir pada 16 Juni tersebut setelah kedua kubu sepakat dengan nominal transfer senilai €2,5juta. Dia melakoni debutnya untuk Milan pada 26 Januari 2011 di pertandingan Coppa Italia melawan Sampdoria. Pada pertandingan tersebut, ia kerap merepotkan barisan pertahanan lawan dan sukses memberikan assist untuk Alexandre Pato sehingga Milan sukses memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-1.

Emanuelson mencetak gol pertamanya untuk Milan dalam pertandingan Coppa Italia melawan Palermo, ia mencetak gol penyeimbang untuk membantu Milan menyudahi pertandingan dengan skor 2-2. Dia membantu Milan untuk memenangkan Scudetto pertama mereka dalam tujuh tahun terakhir meski kerap muncul sebagai pemain pengganti. Ia juga sukses membantu Milan memenangkan Supercoppa Italiana 2011.

Tak kunjung mendapat tempat utama di Milan, Emanuelson memutuskan untuk bermain di klub Liga Premier Inggris Fulham dengan status pinjaman pada paruh kedua musim 2012/2013. Dia melakoni debut pada tanggal 2 Februari melawan Manchester United di Craven Cottage setelah masuk menggantikan Giorgos Karagounis.

Urby mencetak gol pertama untuk Fulham dalam kemenangan 3-0 atas Swansea City pada laga terakhir musim tersebut. Sebenarnya banyak fans Milan yang keberatan dengan peminjaman Urby ke Fulham. Sosok Urby dipandang sangat sentral guna merusak pertahanan lawan dan membantu Montolivo menyuplai bola untuk Balotelli atau El-Shaarawy.

Namun karena arsitek Milan, Massimiliano Allegri, lebih memilih Boateng, Kaka serta mengorbitkan talenta lokal Bryan Cristante maka posisi Emanueslon menjadi tergeser dari skuat utama Milan.

Di level Internasional, Urby adalah anggota dari skuad Belanda U-20 yang berlaga pada Piala Dunia tahun 2005 yang diselenggarakan di negara asalnya, Belanda. Sayangnya, Belanda tersingkir di perempat final setelah kalah melawan Nigeria.

Urby Emanuelson juga merupakan anggota skuad Belanda yang memenangi UEFA U-21 Championship pada tahun 2006 dan namanya masuk kedalam susunan Tim Terbaik sepanjang Turnamen sebagai bek kiri. Selain itu ia juga adalah anggota skuad Belanda pada Olimpiade Musim Panas 2008 di mana Belanda lagi-lagi tersingkir di perempat final oleh sang juara, Argentina.

Pada tanggal 16 Agustus 2006 ia melakukan debut untuk Tim Nasional Belanda pada laga persahabatan melawan Republik Irlandia. Meski bermain untuk Belanda selama kualifikasi Euro 2008, ia tidak terpilih dalam skuad yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Urby Emanuelson

Ekspektasi Tinggi Maicon Bersama Roma

Ekspektasi Tinggi Maicon Bersama Roma

07-08-2014 01:08

Dengan tambahan pemain dan pengalaman musim lalu, Maicon memiliki ekspektasi tinggi yang diusungnya musim ini.

Salih Ucan Bertekad Bawa Roma ke Puncak

Salih Ucan Bertekad Bawa Roma ke Puncak

17-07-2014 20:46

Pemain baru AS Roma Salih Ucan bertekad ingin membawa Giallorossi ke posisi puncak di musim depan.

Roma Presentasikan Urby Emanuelson

Roma Presentasikan Urby Emanuelson

17-07-2014 14:13

Pada 16 Juli 2014 waktu setempat, AS Roma mempresentasikan rekrutan baru mereka, yakni Urby Emanuelson.

Emanuelson Bidik Scudetto Bersama Roma

Emanuelson Bidik Scudetto Bersama Roma

16-07-2014 22:25

Urby Emanuelson mengungkapkan bahwa ia dan AS Roma memiliki kesamaan visi, yakni memenangkan Scudetto musim 2014-2015 ini.

AS Roma Resmi Ikat Urby Emmanuelson

AS Roma Resmi Ikat Urby Emmanuelson

12-07-2014 00:08

AS Roma mengumumkan bahwa mereka berhasil mendapatkan pemain baru, Urby Emmanuelson

Simeone Tak Mau Balotelli Mendapatkan Suplai Bola

Simeone Tak Mau Balotelli Mendapatkan Suplai Bola

11-03-2014 06:00

Inilah sekelumit hasil konferensi pers Diego Simeone jelang leg kedua lawan Milan.

Tonton Derby Madrid, Emanuelson Waspadai Permainan Kasar Atletico

Tonton Derby Madrid, Emanuelson Waspadai Permainan Kasar Atletico

05-03-2014 11:30

Pemain asal Belanda ini mewaspadai permainan keras Los Rojiblancos, yang dianggapnya melakukan begitu banyak pelanggaran.

Kaka: Atletico Datang, Saya Akan Ada Di Sana

Kaka: Atletico Datang, Saya Akan Ada Di Sana

17-02-2014 13:53

Kaka mengungkapkan keyakinannya bisa bermain di laga 16 besar Liga Champions melawan Atletico Madrid, meski ia sedang berjuang mengatasi kondisi staminanya.

Hadapi Bologna, Deretan Pemain Cedera Milan Bertambah

Hadapi Bologna, Deretan Pemain Cedera Milan Bertambah

14-02-2014 01:15

Jelang lawan Bologna dalam lanjutan Serie A akhir pekan ini, deretan pemain cedera yang dimiliki AC Milan justru bertambah.

Urby Emanuelson Puji Performa AC Milan dan Adil Rami

Urby Emanuelson Puji Performa AC Milan dan Adil Rami

02-02-2014 08:22

Meski tak mencetak gol, Urby Emanuelson mengaku menikmati pertandingan melawan Torino. Tanpa ragu, Emanuelson pun memuji pencetak gol balasan Milan, Adil Rami.