Kehebatan Messi Bersumber dari Otak Jeniusnya

07-02-2013 09:53

 | Lionel Messi

Kehebatan Messi Bersumber dari Otak Jeniusnya
Lionel Messi AFP

Bola.net - Hasil penelitian menyebutkan jika pergerakan gesit dan lincah yang dimiliki Lionel Messi terkait erat oleh kerja otak pemain asal Argentina tersebut. Menurut penelitian di Inggris itu, otak pemain berbakat seperti Messi bekerja lebih giat dibandingkan rata-rata pemain lainnya.

Para peneliti di Universitas Brunel Inggris menemukan fakta jika pesepakbola dengan skill tinggi mampu mengaktifkan area otak yang lebih luas sehingga membantu pergerakan mereka di lapangan. Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Sport and Exercise Psychology menemukan fakta jika pemain berbakat seperti Messi dapat menemukan cara untuk lolos dari jeratan lawan dengan cepat, seperti halnya insting ketika di lapangan.

Penelitian itu mengambil contoh 39 pemain dari level pemula hingga semi profesional untuk discan menggunakan MRI. Saat discan, 39 pemain tadi masing-masing disimulasikan dalam permainan sepakbola, kemudian aktivitas otak mereka dipantau melalui MRI.

Hasilnya terlihat jika para pemain yang mampu bereaksi lolos dari jeratan lawan menunjukkan kerja otak yang lebih kompleks dan lebih luas dibandingkan pemain lainnya. "Dari data kerja otak jelas terlihat jika pergerakan otot sangat erat kaitannya dengan kerja otak. Bisa dilihat dari perbandingan pesepakbola handal dengan yang pemula ketika mengambil keputusan untuk melakukan pergerakan di depan lawan," ucap peneliti Daniel Bishop dari Brunel University.

"Kami percaya jika koordinasi kerja otak dan otot ini bisa dikembangkan melalui latihan yang intens, jadi langkah selanjutnya adalah melihat bagaimana otak bisa dilatih untuk bisa mengantisipasi pergerakan lawan," pungkas Daniel.  (afp/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Spanyol

- - -