19 Pemain Lampung Lolos Seleksi Awal Timnas U-18

31-01-2013 10:14


19 Pemain Lampung Lolos Seleksi Awal Timnas U-18
Indra Sjafri Eggi Paksha

Bola.net - Sebanyak 19 pemain dari 130 peserta dinyatakan lolos seleksi nasional tim U-18 dan selanjutnya akan mengikuti psikotes di Jakarta. Tetapi untuk jadwal psikotes belum bisa dipastikan menunggu data pemain selesai diverifikasi, seperti yang disampaikan oleh Penanggung jawab Timnas U-18, Indra Sjafri di Bandarlampung, Kamis (31/1).

"Saya tidak ingin ada kesalahan data pemain, sehingga timbul masalah di kemudian hari baik bagi pemain itu sendiri maupun tim," ucap Indra Sjafri seperti dilansir Antara.

Terkait lolosnya 19 pemain asal Lampung, Indra tidak memberikan jaminan jika pemain-pemain tersebut bisa lolos ke tim yang akan dipersiapkan dalam setahun ini. Ia mengatakan, ada sekitar lima pemain hasil seleksi di Lampung yang meraih nilai 55 yang menjadi standar dalam pembentukan tim.

"Mudah-mudahan pada tes psikotes nanti, lebih banyak pemain yang bisa meraih nilai tinggi," katanya.

Menurutnya, saat ini sebanyak 35 pemain tergabung dalam tim nasional U-18 dari berbagai provinsi dan mereka telah menjalani pembinaan selama satu tahun belakangan ini dengan pembinaan atau program safari. Ia mengharapkan pemain asal Lampung bisa menembus skuad timnas untuk melengkapi 55 pemain yang digabung dari berbagai provinsi.

"Kami akan melakukan safari di Sumatera, yang dimulai dari Aceh dengan membawa 55 pemain muda. Dari sanalah nantinya kami menyeleksi pemain-pemain terbaik tanah air. Kami akan mencari 5 pemain untuk masing-masing posisi. Depan, tengah, belakang dan penjaga gawang. Kami akan terbuka dan menginginkan yang terbaik, sehingga mendapatkan pemain terbaik," lanjutnya.

Indra mengatakan, pemain Lampung tidak kalah dengan pemain-pemain daerah lain baik kualitas individu maupun tim sehingga sulit untuk bisa memutuskan para pemain di timnas. Hasil seleksi di Lampung sendiri telah menghasilkan 19 pemain terbaik dari 35 pemain dalam tes fisik yang berlangsung di Stadion Pahoman Bandarlampung, yang dipimpin langsung oleh Indra Sjafri.

Selanjutnya, para pemain Lampung yang lolos seleksi psikotes mendatang, akan bergabung dengan pemain-pemain lainnya guna mengikuti safari di Pulau Sumatera, setelah tim pulang dari Hongkong untuk mengikuti event. Indra menambahkan pemain-pemain muda Lampung memiliki peluang bisa masuk dalam tim mengingat kemampuan mereka merata, tinggal poin-poin terakhir yang sangat menentukan, yaitu skill, insting, fisik dan mental.

"Untuk safari ke Sumatera kemungkinan beberapa bulan lagi, lantaran masih banyak yang harus kami siapkan. Mudah-mudahan saat safari nanti para pemain Lampung sudah bisa bergabung, sehingga mereka tidak tertinggal dengan pemain-pemain lainnya. Tahun ini kami akan menghadapi tiga even penting. Itu semua untuk persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 tahun 2015 mendatang," tambahnya. (ant/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Tim Nasional

- - -