Hadapi Belanda, Timnas Diminta Mainkan 6 Pemain Papua Sekaligus

28-05-2013 16:36
Hadapi Belanda, Timnas Diminta Mainkan 6 Pemain Papua Sekaligus
Timnas Indonesia. Eggi Paksha

Bola.net - Masuknya 7 pemain asal Papua dalam skuad Timnas Indonesia menghadapi Timnas Belanda 7 Juni mendatang disambut positif oleh Pelatih Uncen FC Daniel Womsiwor. Jika ke-7 pemain asal Papua itu diturunkan bersamaan menurut Womsiwor, Timnas Indonesia akan lebih berbahaya.

"Kita ambil contoh, Timnas Malaysia dan Thailand paling sering mengalahkan timas senior, dan info yang saya dapat timnas mereka sangat khawatir jika ada lima atau enam pemain asal Papua jika bermain bersamaan dalam timnas. Mungkin ini hanya sebagai masukan saja, agar pemain-pemain Papua juga dipercayakan apalagi lawan timnas Belanda," ucap Womsiwor seperti dilansir Antara.

Womsiwor juga mendukung langkah Jacksen F Tiago yang putra terbaik Papua untuk memperkuat Timnas Indonesia. Jacksen disebutnya sudah melakukan langkah yang tepat dengan memanggil pemain klub yang sedang berjaya untuk memenuhi skuad timnas.

Dukungan kepada Jacksen untuk memaksimalkan tenaga pemain asal Papua juga datang dari Ketua Asosiasi Mantan Pemain (AMP) Persipura Benny Jansenem. Menurutnya Jacksen sudah paham benar dengan karakter pemain Papua khususnya dari Persipura, sehingga diyakini bisa membuat timnas menjadi lebih kuat.

"Saya kira ini kesempatan pemain asal Papua untuk unjuk kebolehanya saat menghadapi Timnas Belanda, kita bisa tunjukkan sepak bola ala Papua dan Indonesia sudah maju dan bukan untuk berkiprah di Asia saja tetapi sduah go Internasional," ucap Benny seperti dilansir Antara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Tim Nasional (BTN) telah mengumumkan 21 nama pemain yang dipanggil untuk dipersiapkan menghadapi Timnas Belanda pada 7 Juni mendatang, termasuk empat pemain naturalisasi. Dan tujuh pemain berasal dari Papua, lima di antaranya dari Persipura Jayapura, tim pemuncak klasemen sementara Indonesia Super League.

Lima pemain Persipura yang dipanggil itu yakni Ruben Karel Sanadi, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, Boaz Solossa dan Ian Louis Kabes. Sementara tambahan dua pemain Papua lainnya adalah yang bermain di Indonesian Premier League, Hengky Ardiles Rumbiak dan Vendry Mofu.  (ant/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Tim Nasional

- - -