Pemain Timnas Senior Boleh Dikontrak Klub

25-05-2010 16:35
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

Bola.net - Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengatakan pemain timnas senior yang akan memperkuat Tim Merah Putih pada beberapa pertandingan internasional boleh dikontrak oleh klub yang berkompetisi di tanah air.

"Setelah kami merapatkan dengan Badan Tim Nasional (BTN) dan pelatih (Alfred Riedl red) maka diputuskan pemain timnas senior boleh memperkuat klub. Nanti TC akan diberlakukan sistem on off," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya PSSI dan pelatih timnas Alfred Riedl memutuskan bahwa pemain yang akan memperkuat timnas akan menjalani Training Camp (TC) panjang dan tidak boleh memperkuat klub.

TC panjang sesuai dengan jadwal akan dilakukan mulai awal Agustus hingga awal Desember. Khusus untuk timnas senior akan dipersiapkan untuk pertandingan Piala AFF dan Pra Piala Dunia 2014.

Nurdin menambahkan, berdasarkan hasil rapat, kemungkinan besar pelaksanaan TC akan dimajukan. Namun demikian belum ditentukan dengan pasti jadwal terbaru tersebut.

"Pokoknya sebelum Liga Super dimulai TC sudah dilakukan. Yang jelas pemain yang akan masuk timnas akan diseleksi langsung oleh tim yang telah dibentuk," katanya menambahkan.

Ditanya sistem kontrak bagi pemain yang masuk timnas senior, Nurdin mengaku sudah dibicarakan dengan baik dengan semua pihak terkait dan telah disetujui.

PSSI akan menanggung penuh gaji maupun kontrak bagi pemain yang memperkuat timnas senior. Hanya saja besarnya nilai kontrak sesuai dengan lamanya pemain memperkuat timnas.

"Misalnya pemain oleh klub dikontrak Rp800 juta per tahun. Pemain selanjutnya akan memperkuat timnya selama 2,5 bulan. Maka yang akan ditanggung oleh PSSI adalah kontrak selama 2,5 bulan saja," katanya menjelaskan.

Setelah masa kontrak dengan PSSI habis, pemain bisa kembali memperkuat klub pada kompetisi baik di Liga Super Indonesia maupun Divisi Utama.

Ia menambahkan, khusus untuk gaji, pemain timnas akan memperoleh Rp10 juta per bulan di samping bonus yang telah disepakati sebelumnya.

"Intinya PSSI menanggung penuh kontrak dan gaji pemain selama memperkuat timnas. Jadi klub sama sekali tidak dirugikan. Apalagi sistem TC on off," katanya dengan tegas.

Untuk menentukan siapa yang masuk timnas senior, PSSI beserta jajaran pelatih akan menyeleksi 48 pemain di dua kota. 24 pemain akan diseleksi di Makassar, 2-3 Juni dan 24 di Jakarta, 6-7 Juni.

Nurdin menambahkan, dari 48 pemain yang akan diseleksi sembilan di antaranya adalah pemain muda (U-23). Mereka adalah pemain yang selama ini telah bergabung dengan timnas senior pada beberapa pertandingan internasional.

"Kami tegaskan jika pemain yang boleh memperkuat klub hanya pemain timnas senior saja. Untuk timnas U-23 tidak boleh dikontrak karena akan terus melakukan TC hingga menjelang SEA Games 2011 nanti," katanya menegaskan.

Timnas U-23 adalah tim yang diharapkan mampu memberikan hasil terbaik pada event dua tahunan terbesar di Asia Tenggara yang rencananya digelar di Tanah Air. Anak asuh Alfred Rield itu ditargetkan meraih medali emas. (ant/cax)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.


Komentar Pembaca (6 komentar)
paudra, bandung
17:19 02 Juni 2010
bung nurdin ga usah bayak omong anda itu ga pantes jadi ketum pssi..dah berapa duit yang dikorup sm anda selama jadi ketua pssi..dah lumayan ya
tri endang yulyastanti, Jepara
08:47 01 Juni 2010
Keputusan ini yg kami tunggu2. Club tdk akan kehilangan pemain yg brgbg dg timnas.
Antonius, Sekadau
22:29 29 Mei 2010
Mudah-mudaham tahun 2010 ini Timnas kita dapat mencapai pretasi yang gemilang.. ayo kami sangat mengharapkan bukti !!!
jumarlan, cilegon banten
00:48 28 Mei 2010
Pemain yang masih berlatih di Uruguai jg banyak yg bagus2 kok, seperti syamsir Alam,Yericho Christiantoko,Abdurrahman, Alfin Tuasalamoni,di padu dgn pemain senior, mereka jg memiliki Talenta yg luar biasa berilah kesempatan mereka untuk menunjukan kemampuannya selama berguru di Uruguai,saya yakin mereka bisa menunjukan yg terbaik di kancah sepakbola internasional, jadikanlah kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran untuk lebih maju di masa depan Bravo sepakbola Indonesia, Bravo TIMNAS,Bravo PSSI Amin,,,
M.Fakurochman, Solo
11:03 26 Mei 2010
Waduh kalau mau maju ganti aja managment PSSI dan pemainnya seperti Bambang Cs saatnya gantung sepatu karena dari piala Asia sampai sekarang hasilnya NOLLLL.
Program latihan di negara mana aja sama kali cuma SDMnya yang beda......
Maju teruss INDONESIA



Lihat Berita Tim Nasional

- - -