Rangking FIFA, Indonesia Ditarget Naik ke Posisi 130 Besar

10-01-2017 06:50
Rangking FIFA, Indonesia Ditarget Naik ke Posisi 130 Besar
Ade Wellington © Fitri Apriani

Bola.net - Tim nasional Indonesia ditargetkan untuk bisa berprestasi dan bisa masuk ranking 130 besar FIFA di akhir tahun 2017 nanti. Target tersebut ditetapkan sendiri oleh induk sepakbola di tanah air, PSSI.

Setelah terpuruk akibat pembekuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan sanksi dari FIFA, rangking Indonesia terus melorot. Kini, mereka berada di posisi 171 dunia dengan perolehan 120 poin.

Bandingkan dengan Filipina yang kini ada di posisi 120, lalu Thailand 126, dan Vietnam yang ada di peringkat 134. Posisi Myanmar dan Malaysia bahkan lebih baik dari Indonesia, yakni 159 dan 161.

Di sepanjang tahun 2017 ini, timnas Indonesia hanya memiliki 10 agenda laga resmi dari FIFA. Dari 10 pertandingan tersebut, PSSI berharap skuat Merah Putih bisa berjuang maksimal untuk mengangkat posisinya di ranking tersebut. Sebab PSSI tak mau Garuda kian tertinggal dari para negara tetangga.

"Target kami rangking Indonesia di 130-140 sampai akhir tahun ini. Masa kami kalah dengan Thailand dan Filipina," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington.

Demi merealisasikan target tersebut, Ade menerangkan bahwa PSSI sudah merancang sejumlah program uji coba. Tim-tim yang dihadapi nanti adalah tim-tim di seputar Asia Tenggara.

"Pertama periode Februari-Maret. Jadi, sebelum periode Juli-Agustus, kami maksimum ada tiga kali ujicoba di FIFA match-day. Kami mesti pintar-pintar strategi dalam ujicoba supaya peringkat kami bisa naik secara maksimal," tutur Ade.

"Sementara bayangan kami lawannya dari Asia Tenggara dulu. Saat ini yang punya level di atas kami kan Vietnam, Filipina, dan Thailand. Sekitaran mereka lawannya nanti," sambungnya.

Selain dengan tim-tim tersebut, ada kemungkinan Indonesia juga akan adu kekuatan dengan Taiwan. Diterangkan oleh Ade, negara tersebut mengundang skuat Merah Putih untuk beruji coba pada akhir tahun nanti. Namun ajakan tersebut belum pasti diterima PSSI.

"Taiwan mengundang pada Desember. Selain uji coba, mereka juga melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara. Kalau di akhir tahun kami punya agenda turnamen kecil ya kami tidak ikut, jadi kami hanya ujicoba saja," pungkasnya. (fit/pra)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Tim Nasional

- - -