Review: Indonesia Tantang Vietnam di Final AFF U-19

20-09-2013 21:55

 | Evan Dimas

Review: Indonesia Tantang Vietnam di Final AFF U-19
Selebrasi gol dari Hargianto © Fajar Rahman

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 akhirnya mampu melaju ke partai puncak Piala AFF U-19 usai mengandaskan perlawanan Timor Leste U-19 dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (20/9) malam. Di partai final, Indonesia akan menghadapi Vietnam yang mengalahkan Laos di babak semifinal.

Menghadapi Timor Leste, Garuda Jaya kembali memainkan skuad terbaiknya. Maldini yang pada dua laga sebelumnya menghuni bangku cadangan kembali dimainkan sejak menit awal. Sedangkan di lini belakang, Hansamu Yama dan Fatchur Rohman kembali menjadi andalan sementara Muchlis Hadi Ning kembali masuk sebagai ujung tombak utama setelah sempat mengalami cedera.

Indonesia mampu unggul satu gol di babak pertama. Gol Garuda Jaya tersebut dicetak oleh Ilham Udin Armayn saat pertandingan baru berjalan sepuluh menit usai menerima umpan dari Muchlis Hadi Ning.

Unggul satu gol membuat Indonesia semakin nyaman dalam membangun serangan. Tercatat beberapa upaya dari Evan Dimas, M Hargianto hingga tendangan keras Zulfandi masih belum mampu menambah keunggulan Garuda Jaya di babak pertama.

Di babak kedua Indonesia tak mengendurkan serangan. Semenit babak kedua berjalan, Evan Dimas hampir menambah keunggulan. Sayang tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan Ilham Udin masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Timor Leste, Fagio Augosto Da Silva.

Upaya Indonesia untuk menambah keunggulan akhirnya terwujud pada menit ke-60. Kali ini giliran M Hargianto yang sukses mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti.

Unggul dua gol tak membuat serangan Indonesia melemah. Sebaliknya, para pemain Indonesia semakin bersemangat menggempur pertahanan Timor Leste. Salah satunya melalui peluang dari tendangan Evan Dimas pada menit ke-74 yang masih mampu diamankan dengan sangat baik oleh Fagio.

Timor Leste bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-81, sebuah serangan dari Timor Leste nyaris memperkecil kedudukan. Beruntung tendangan Jose Dos Santos Almeida masih melambung dari gawang Indonesia.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia terus memberikan tekanan lewat kecepatan Muchlis Hadi dan Dinan Javier yang masuk menggantikan Ilham Udin Armayn. Namun hingga pertandingan usai, skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia tak mengalami perubahan.

Dengan hasil tersebut, Evan Dimas dkk akan menantang Vietnam U-19 di partai final Piala AFF U-19 yang rencananya akan digelar Minggu, 22 September 2013.

Susunan pemain

Timor Leste: Fagio Augosto Da Silva Pereira (GK); Jorge Sabas Victor, Candido Monteiro, Moises Pina Amorin, Ezequiel Dos Santos; Marcos Morais Gusmao (Jose Dos santos Almeida 65'), Henrique Wilson Martinz, Jorge Manuel Alvez, Nataniel De Jesus Reis (C); Frangcyatma Alves, Adelino de Oliveira.

Indonesia: Ravi Murdianto (GK) (Rully Desrian 39'); M Fatchu Rahman, M Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama, Putu Gede Juni Antara; Zulfiandi (Hendra Sandi 80'), Hargianto; Evan Dimas (C); Maldini, Ilham Udin (Dinan Javier 70'), Mukhlis Hadi. (bola/dzi)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Tim Nasional

- - -