Review: Timnas U-19 Benamkan Persiba Bantul

05-02-2014 22:31

 | Indra Sjafri

Review: Timnas U-19 Benamkan Persiba Bantul
Evan Dimas © Eggi Paksha

Bola.net - Tim nasional Indonesia U-19 kembali meraih kemenangan dalam Tur Nusantara yang mereka lakoni. Melawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, Rabu (05/02) malam, Evan Dimas dkk meraih kemenangan dua gol tanpa balas.

Pelatih Indra Sjafri yang kembali menurunkan skuat terbaik minus kiper Ravi Murdianto yang kali ini digantikan Awan Seto tampil dengan mengandalkan ball possession. Di motori Evan Dimas, Hargianto dan Zulfiandi, Garuda Jaya mampu mendominasi di lini tengah.

Baru 13 menit babak pertama berjalan, timnas Indonesia U-19 mampu menjebol gawang Persiba Bantul yang dikawal Ari Kuswanto. Gol ini berawal dari pergerakan Zulfiandi di sisi kiri pertahanan Persiba yang sukses melepas umpan terobosan ke mulut gawang yang mampu dimaksimalkan oleh Muchlis Hadi Ning.

Unggul satu gol membuat timnas Indonesia semakin bersemangat. Sementara Persiba Bantul yang tak ingin malu di depan publuk sendiri mencoba membalas melalui Heru Kuswanto lima menit setelah gol Muchlis.

Namun dua menit setelah peluang Heru, Garuda Jaya justru kembali menjebol gawang Ari Kuswanto. Kali ini giliran Evan Dimas yang sukses memperdaya kiper Persiba setelah melewati hadangan satu pemain belakang Persiba.

Tertinggal dua gol membuat Persiba melakukan pergantian pemain. Kiper Ari Kuswanto ditarik keluar digantikan M Yasir, sementara Alfian Rabda digantikan oleh Solehudin. Namun keunggulan Garuda Jaya tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indra Sjafri melakukan pergantian dengan menarik keluar Ilham Udin Armayn dan memasukkan Dinan Yahdian.

Perubahan permainan juga ditunjukkan oleh tuan rumah. Pada menit ke-52, Ryan Wahyu memaksa kiper timnas Indonesia U-19, Awan Setho melakukan penyelamatan. Nama yang sama juga hampir mencetak gol setelah tendangannya melambung tipis di atas mistar gawang Garuda Jaya.

Garuda Jaya tak tinggal diam. Pada menit ke-67 peluang emas didapat Muchlis Hadi. Namun peluang tersebut gagal berbuah gol meskipun tinggal berhadapan one on one dengan kiper Persiba, M Yasir.

Di sisa waktu pertandingan,  Persiba Bantul terus mencoba untuk mengejar ketertinggalan tersebut dengan terus meningkatkan serangan ke pertahanan Garuda Jaya, namun hingga pertandingan usai, skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19.

Hasil ini merupakan kemenangan kedua yang diraih pasukan Indra Sjafri setelah kemenangan 3-1 atas PSS Sleman di laga pertama Tur Nusantara.

Susunan pemain

Persiba Bantul: Ari Kuswanto (M. Yasir 26), Rico, Romi, Suni, Iner Sontany, Ugiek Sugianto, Isak konon, Arwin, Heru Kuswanto (Johan Manaji 73), Alfian Rabda (Solehudin 38), Majid Mony.

Timnas U-19: Awan Seto, Putu Gede, Hansamu Yama, M. Fatchurochman, M. Sahrul K, Evan Dimas (Paulo Sitanggang 79), M. Hargianto, Zulfiandi, Dinan Yahdian, Ilham Udin (Dinan Yahdian 48), Muchlis Hadi (Reza Pahlevi 84). (bola/dzi)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Tim Nasional

- - -