Timnas U-19 Bantai Taiwan

12-11-2009 21:00


Piala Asia AFC U-19
Piala Asia AFC U-19

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Taiwan 6-0 (3-0) pada penyisihan Piala Asia U-19 Grup F yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Kamis.

Gol kemenangan tim asuhan pelatih Cesar Payovich itu dicetak oleh Alan Martha menit 6 dan 57, Syamsir Alam menit 20 dan 48 serta dua lainnya dicetak Ferdiansyah menit 23 dan Feri Firmansyah 67.

Sukses menggulung Taiwan sekaligus kemenangan pertama. tuan rumah Indonesia pada penyisihan Grup F. Tim Merah Putih sebelumnya kalah 0-1 dari Singapura dan kalah telak 0-7 dari Jepang.

"Kemenangan ini sangat berarti bagi Tim Indonesia dan menambah motivasi bagi pemain untuk tampil maksimal pada dua pertandingan sisa," kata Pelatih Timnas Indonesia, Cesar Payovich.

Berbeda dengan dua pertandingan sebelumnya, Syamsir Alam dkk tampil lepas tanpa beban. Tim yang berlatih selama dua tahun di Uruguay itu langsung menggebrak sejak kick off.

Striker Syamsir Alam yang diistirahatkan pada laga sebelumnya lawan Jepang, tampil lebih lugas berduet dengan Alan Martha.

Lewat serangan yang dibangun apik, striker Alan Martha melakukan aksi spektakuler membobol gawang Taiwan melalui tembakan salto pada menit ke-6.

Gol cepat penyerang masa depan Indonesia itu membuat semangat Tim Merah Putih meningkat. Kerja keras yang dibangun di semua lini membuat Taiwan tertekan.

Puncaknya, dua gol dijaringkan Syamsir Alam dan pemain belakang Ferdiansyah menit 20 dan 23 sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-3 untuk Indonesia yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah kembali melakukan gebrakan dengan mencetak gol cepat lewat Syamsir Alam pada saat pertandingan babak kedua baru berlangsung tiga menit.

Taiwan sendiri tampil lebih buruk dibandingkan saat meladeni Australia yang tampil prima hingga pertengahan babak kedua. Sementara laga lawan Indonesia seakan menjadi anti klimaks dari tim itu.

Kao Fung Hung dkk praktis terkurung sepanjang babak kedua. Pasukan Timnas Indonesia menggenapkan kemenangan pertamanya dengan mencetak dua gol tambahan melalui tembakan Alan Martha menit 57 dan pemain belakang Ferry Firmansyah menit 67.

Hujan gol ke gawang Taiwan baru berhenti ketika pelatih Lin Yi Yung mengganti kipernya Pan Wen Chieh dengan Tsai Chih Hsin menit ke-70.

Timnas sendiri memasukkan dua penyerangnya Vava Mario dan Yandi yang masuk menggantikan Sadek Sanaki dan Alan Martha. Namun hingga peluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 0-6 untuk Indonesia.

Pertandingan yang dipimpin wasit Kurbanov Charymurat berlangsung bersih tanpa satu kartu pun keluar.

Sementara itu pelatih Indonesia, Cesar Payovich menyatakan puas dengan kemenangan telak sekaligus kebangkitan timnya.

"Pemain tampil bagus di semua lini, hasil ini sangat berarti bagi tim untuk pertandingan selanjutnya," kata Cesar.

Meski demikian, ia mengakui kans untuk lolos ke babak berikutnya dari grup F cukup berat karena bersaing dengan Jepang dan Australia yang selalu menang besar dalam setiap pertandingannya.

"Jepang dan Australia jelas sulit dihentikan, mereka tim kuat. Namun jujur saja, posisi tiga lebih realistis. Yang terpenting pemain bermain maksimal dalam setiap pertandingan, itu saja cukup," kata Cesar Payovich.

Dengan modal kemenangan lawan Taiwan, kata Payovich diharapkan bisa tampil lebih baik pada dua pertandingan sisa lawan Australia dan Hongkong.

Sementara itu pelatih Taiwan, Lin Yi Lung tampak sangat kecewa dengan kekalahan telak dari Timnas Indonesia. Lun enggan berkomentar banyak terkait kekalahan telak timnya itu.

"Semuanya tidak ada yang perlu dikomentari," katanya singkat.

Dari mimik mukanya, ia begitu kecewa karena tak menyangka timnya kalah telak dalam pertandingan itu. Padahal Taiwan sebelumnya sempat merepotkan timnas Australia meski akhirnya kalah 0-4.

Timnas Taiwan saat ini merupakan satu-satunya tim yang belum pernah meraih kemenangan pada penyisihan Grup F. Tuan rumah Indonesia sendiri saat ini bertengger di peringkat ke-4 dengan skor 3.  (ant/row)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.


Komentar Pembaca (1 komentar)
yusman, medan
13:01 15 November 2009
kemenangan ini jadi pembalasan kekalahan yang lalu jadi jangan ragu dan bimbang bahwa pemain kita setingkat dengan team yang berlaga di piala afc ini.hajar terus.kami sebagai penonton memberi dukungan penuh buat team garuda cilik.



Lihat Berita Tim Nasional

- - -