Review: Petaka 5 Menit Bilbao

20-04-2012 04:44

 | Emiliano Insua

Review: Petaka 5 Menit Bilbao
Capel dan Insua, pencetak gol Sporting © AFP

Bola.net - Leg pertama semifinal Liga Europa mempertemukan tim semenanjung Iberia, Sporting Lisbon lawan Athletic Bilbao. Pertandingan dilangsungkan di Estadio Jose Alvalade pada Jumat (20/4).

Pertandingan diawali dengan lambat. Kedua tim masih terlihat berhati-hati. Akibatnya tidak banyak peluang bagus tercipta di babak pertama kendati kedua tim sama-sama memiliki kecepatan yang dahsyat.

Kendati bermain di kandang lawan, Bilbao lebih menguasai bola dengan passing akurat dan kecepatan sayap-sayap mereka. Namun kehati-hatian kedua tim membuat pertandingan babak pertama diakhiri tanpa gol.

Kedua tim baru berani keluar menyerang di babak kedua. Bilbao unggul terlebih dulu lewat kaki Jon Aurtenetxe Borde di menit ke 54. Gol away ini dirayakan dengan penuh kegembiraan oleh kubu Bilbao.

Gol itu membuat pertandingan menjadi lebih terbuka dan menarik, kedua tim sama-sama ingin mencetak gol. Hasilnya, jual beli serangan terjadi di sisa pertandingan.

Tetapi Sporting yang didukung penuh suporternya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke 76 lewat kepala mantan pemain Liverpool, Emiliano Insua.

Kedua tim sepertinya tak ingin pertandingan berakhir dengan hasil imbang. Saling serang dan adu kecepatan mewarnai menit-menit akhir pertandingan.

Hanya empat menit setelah setelah gol Insua, Sporting berbalik unggul lewat pemain Spanyol Diego Capel. Capel melepaskan tendangan cantik yang gagal dihalau oleh Iraizoz.

Gol ini membuat Sporting makin bersemangat dan Bilbao terlihat down. Sporting terus menyerang tetapi tidak ada gol tercipta hingga peluit akhir ditiup wasit.

Leg kedua akan dilangsungkan di San Mames minggu depan. Meski kalah, Bilbao telah mendapatkan gol away yang berharga.

Statistik Sporting - Bilbao
Penguasaan bola: 57% - 43%
Shot (on goal): 16 (5) - 7 (3)
Corner: 4 - 4
Pelanggaran: 9 - 16
Offside: 1 - 2
Kartu kuning: 2 - 3
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 2 - 5

Pencetak gol:
Jon Aurtenetxe (54')
Emiliano Insua (75')
Diego Capel (80')

Kartu kuning:
Oscar de Marcos (11'), Ander Iturraspe (29'), Marat Izmailov (60'), Joao Pereira (67'), Fernando Llorente (86')

Kartu merah: (bola/hsw)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Eropa UEFA

- - -