Review: United vs Bilbao, Runtuhnya Old Trafford

09-03-2012 05:09

 | Wayne Rooney

Review: United vs Bilbao, Runtuhnya Old Trafford
Wayne Rooney saat Manchester United dikalahkan Bilbao AFP

Bola.net - Pertandingan terakhir Manchester United kontra Athletic Bilbao di panggung Eropa adalah di perempat final European Champion Clubs' Cup yang digelar pada 6 Februari 1957. Setelah 50 tahun lebih berselang, keduanya bertemu lagi. Kali ini, tajuknya adalah babak 16 besar Liga Europa leg pertama.

United melangkah ke babak ini setelah mengeliminasi Ajax dengan agregat 3-2 di babak sebelumnya, sedangkan Bilbao unggul gol away dalam agregat 2-2 atas Lokomotiv Moscow.

Kekalahan 1-2 atas Ajax di babak 32 besar leg kedua merupakan akhir dari 11 laga kandang tak terkalahkan United di Eropa musim ini.

United mengincar kemenangan demi mengembalikan keangkeran Old Trafford. Sir Alex Ferguson menurunkan De Gea, Rafael, Smalling, Evans, Evra, Park, Jones, Giggs, Young, Hernandez dan Rooney dari menit awal. Amos, Ferdinand, Fabio, Anderson, Carrick, Nani dan Welbeck didudukkan di bangku cadangan.

Sementara itu, starting eleven Bilbao diisi oleh Iraizoz, Iraola, Javi Martinez, San Jose, Aurtenetxe, Iturraspe, Herrera, De Marcos, Muniain, Llorente dan Susaeta.

Melawan salah satu tim terbaik Eropa, Bilbao tak menunjukkan rasa gugup sedikit pun. Di babak pertama, Bilbao bahkan bermain seolah Old Trafford adalah kandangnya sendiri dan mendominasi serangan di laga ini. Bilbao melepaskan 7 tembakan yang 3 di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan United 4 tembakan dengan 3 tembakan tepat sasaran. Berkat aksi-aksi penyelamatan David de Gea, gawang United hanya kebobolan satu kali.

Kedua tim menutup babak pertama dengan skor sama kuat 1-1, masing-masing lewat pemain terbaiknya. United membuka skor pada menit ke-22 berkat gol Wayne Rooney, sedangkan tim tamu membalas lewat Fernando Llorente di menit 44.

Babak kedua tak ada perubahan berarti bagi United. Bilbao masih mendominasi permainan, serangan, serta tembakan ke arah gawang, bahkan berbalik unggul pada menit ke-72 lewat tendangan voli rendah dan menyilang De Marcos. Gol itu tercipta setelah pemain bernomor punggung 10 tersebut menerima chip indah dari Ander yang melewati bagian atas barisan pertahanan United. Skor 2-1 untuk Bilbao, dan United pun berada di ambang kekalahan kandang beruntun keduanya di Eropa.

Pada menit ke-89, benteng Old Trafford seolah runtuh setelah Bilbao mencetak gol ketiganya. Tendangan keras De Marcos dari luar kotak penalti hanya bisa ditepis De Gea. Iker Muniain dengan kecepatan tinggi menyongsong bola muntah itu dan menceploskannya ke gawang. Fabio yang lengah dan membiarkan Muniain menyelinap di belakangnya membuat United ketinggalan 1-3.

United nyaris game over, tapi harapan kembali muncul. Wasit memberikan hadiah penalti pada menit ke-92 setelah umpan silang Javier Hernandez dihadang dengan tangan oleh bek Bilbao. Rooney mengeksekusi penalti itu dengan sempurna.

Sayang sekali bagi United, itu adalah gol terakhir di laga ini, dan Bilbao pun pulang ke Spanyol dengan kemenangan 3-2. Sekali lagi, penyelamatan-penyelamatan gemilang De Gea telah menghindarkan United dari kekalahan yang lebih besar.

Pertemuan kedua di San Mames, arena di mana Athletic Bilbao tak tersentuh kekalahan dalam lima laga kandang terakhirnya di Eropa musim ini, akan digelar seminggu lagi, yakni pada tanggal 15 Maret 2012.

Hasil pertandingan lain:
AZ Alkmaar 2-0 Udinese
Standard Liege 2-2 Hannover
Valencia 4-2 PSV Eindhoven. (bola/gia)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Eropa UEFA

- - -