UEFA Tunda Pembagian Uang Hadiah Kompetisi Eropa

12-09-2012 04:00


UEFA Tunda Pembagian Uang Hadiah Kompetisi Eropa
Atleti belum terima uang hadiah dari UEFA. © AFP

Bola.net - Menjelang diterapkannya aturan Financial Fair Play, UEFA mulai menunjukkan sikap tegas. Organisasi sepakbola seluruh Eropa itu mulai memberlakukan sanksi kepada klub-klub yang dianggap tak patuh terhadap peraturan FFP.

Untuk kali ini, UEFA tidak melihat neraca laba-rugi klub. UEFA lebih menyoroti kewajiban-kewajiban penting sebuah klub. UEFA ingin memastikan bahwa seluruh klub telah menyelesaikan kewajiban mereka kepada klub lain (dalam hal transfer), kepada para karyawannya dan kepada pejabat pajak yang berwenang.

UEFA kini tengah melakukan investigasi menyeluruh untuk memastikan bahwa tak ada klub yang bermasalah. Saat ini UEFA masih menahan uang hadiah bagi 23 klub yang berkompetisi di bawah kendali mereka.

Atletico Madrid yang menjadi juara Liga Europa juga menjadi korban ketegasan UEFA ini. Atleti harus memberikan laporan terbaru sebelum 30 September mendatang kepada komite khusus UEFA yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Belgia, Jean-Luc Dehaene.

Pernyataan resmi UEFA berbunyi: Tindakan ini (penahanan uang hadiah) akan terus berlaku hingga semua pos keuangan dilaporkan dengan jelas atau Komite khusus UEFA telah membuat keputusan final.

Selain Atleti dan Malaga dari Spanyol, ada nama-nama klub seperti Dinamo Bucharest dan Rapid Bucharest dari Rumania, Fenerbahce dari Turki dan Partizan Belgrade dari Serbia. Tak ada klub dari Prancis, Italia, Jerman dan Inggris yang masuk dalam daftar cekal hadiah UEFA ini. (foes/hsw)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Eropa UEFA

- - -