Hanny S Surkatty: BSI Proliga 2012 Diprediksi Lebih Ketat

08-02-2012 15:10
Hanny S Surkatty: BSI Proliga 2012 Diprediksi Lebih Ketat
Suasana konferensi Pers Proliga Musim 2012 Esa-Bola

Bola.net - Kompetisi bola voli Proliga musim 2012, kembali bergulir dengan tajuk BSI Proliga. Sebanyak 12 Kota, Palembang, Pekanbaru, Bontang, Solo, Yogyakarta, Banyuwangi/Surabaya, Indramayu, Semarang, Gresik, Malang, Bandung dan Jakarta akan menjadi tempat pelaksanaan kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air.

"Kompetisi akan diputar mulai 17 Februari di Palembang dan berakhir 20 Mei 2012 di Jakarta. Sebanyak 15 klub akan menjadi peserta, dengan rincian delapan klub putra dan tujuh putri mengikuti kompetisi yang sudah diputar sebanyak 11 kali ini," terang Direktur Proliga, Hanny S Surkatty, kepada Bola.net, di Jakarta, Rabu (8/2).

Sedangkan alasan tempat pembukaan dihelat di Palembang, Surkatty mengatakan itu karena Palembang Bank Sumsel Babel merupakan juara putra tahun lalu. Surkatty juga mengklaim bahwa kompetisi tahun ini dipastikan berlangsung lebih ketat. Pasalnya, tim peserta telah melakukan persiapan lebih lama, bahkan hampir seluruh peserta telah memanggil pemain asingnya sejak jauh hari sebelum pelaksanaan BSI Proliga 2012.

"Persaingan ke tangga juara akan lebih ketat. Dengan waktu persiapan yang lebih lama, klub-klub tentunya ingin membuktikan diri dengan meraih kemenangan di setiap pertandingan. Karena itu, hampir semua tim sudah merekrut pemain asing sejak awal," tambahnya.

Tim-tim papan atas yang juga tetap konsisten yakni, juara bertahan putra Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Sananta, Surabaya Samator, Jakarta Electric PLN, Semarang Bank Jateng, Jakarta BNI 46, dan Jogja Yuso. Sementara di bagian putri, juara bertahan Jakarta Electric PLN, Jakarta Popsivo Polwan, Gresik Petrokimia, Jakarta TNI AU, Jakarta BNI 46, Indramayu Alko, dan Bontang LNG Badak.

Dari 12 kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah, Pekanbaru, Indramayu, dan Banyuwangi merupakan Kota pelaksana yang baru. Di Pekanbaru yang akan berlangsung 24-26 Februari, merupakan markas tim putri Jakarta Popsivo Polwan. Sedangkan Indramayu, 6-8 April, merupakan markas dari Indramayu Alko yang tahun lalu bermarkas di Bandung.

Kota lain yang baru kali ini menjadi tuan rumah adalah Banyuwangi. Surabaya Samator memindahkan tempat pertandingannya di Banyuwangi, 30 Maret hingga 1 April. Sebelumnya, Surabaya Samator mengambil markas di Surabaya ataupun Malang.

Sementara final four, kembali berlangsung dengan dua putaran. Malang akan menjadi tuan rumah putaran pertama, 4-6 Mei. Sedangkan di putaran kedua di Bandung, 11-13 Mei. Terakhir, kompetisi akan ditutup pada 20 Mei mendatang di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (esa/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Voli

- - -