Voli: Timnas Putri Uji Coba di Taiwan

14-09-2011 15:45

Bola.net - Timnas bola voli putri yang diproyeksikan turun pada SEA Games 2011 mencoba kemampuannya pada Kejuaraan Asia di Taiwan, 15-23 September nanti.

Anak asuh Viktor Laiyan itu pada Kejuaraan Asia akan berada di Grup A bersama Taiwan dan Iran. Pada laga perdana grup, Indonesia akan menghadapi tuan rumah pada Kamis (15/9), dan selanjutnya bertemu Iran dua hari berikutnya, Sabtu (17/9).

"Di atas kertas, kekuatan Thailand jauh di atas kita. Thailand merupakan juara Asia, susah bagi kita mengatasi mereka. Yang bisa kita hadapi hanya Vietnam, meskipun juga berat. Kita akan berusaha," kata pelatih timnas Viktor Laiyan di Jakarta, Rabu (14/9).

Pada Kejuaraan Asia ini, Amalia Fajrina dan kawan-kawan juga diharapkan bisa mengintip calon lawannya pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November nanti yaitu Thailand dan Vietnam. Hanya saja, timnas tidak bisa melihat kemampuan Filipina karena tidak tampil di kejuaraan ini.

Menurut dia, pada kejuaraan ini pihaknya menargetkan mampu memperbaiki peringkat ditingkat Asia. Pada kejuaraan dua tahun lalu Indonesia hanya berada diposisi 13 dari 14 peserta.

Pada kejuaraan tahun ini peserta tetap 14 negara di antaranya adalah juara bertahan Thailand, China, Jepang, Australia, Iran, Korea Selatan, dan Kazakstan.

"Kita berusaha untuk memperbaiki peringkat, namun kita juga ingin menambah jam terbang anak-anak," ucap pelatih yang telah kenyang pengalaman baik ditingkatan klub maupun timnas ini.

Sementara itu, Manager Timnas Indonesia Paulus Waterpauw mengatakan, pada kejuaraan ini para pemain tidak diberi target khusus. Hanya saja, pihaknya berharap kejuaraan Asia itu bisa dijadikan momen untuk meningkatkan kemampuan dan kekompakan tim.

"Dengan kejuaraan ini, kita ingin agar para pemain bisa mematangkan kekompakan tim, menambah pengalaman bertanding mereka serta menambah jam terbang," paparnya.

Pada Kejuaraan Asia ini, pelatih Viktor Laiyan membawa formasi terbaiknya, meski sedikit terganggu dengan kurang bugarnya Maya Kurnia Indri yang mengalami gejala tifus. Posisinya digantikan oleh Novia Andriyanti. Maya sendiri tetap dibawa ke Taiwan, dengan harapan kondisinya akan terus membaik.

Pemain yang akan menjadi pilihan utama, menurut Viktor, adalah Amalia Fajrina, Netty Dyah, Agustin Wulandari, Lailatul Aisyah, Gunarti Indahyani, dan libero Berllian Marsheilla. Para pemain ini sebenarnya juga menjadi andalan di Kejuaraan Asia 2009 lalu.

Setelah tampil di Taiwan, para pemain yang diproyeksikan turun di SEA Games 2011 akan melanjutkan pematangan tim dengan mengikuti kejuaraan di Filipina, Oktober mendatang. (ant/zul)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.


Komentar Pembaca (2 komentar)
SIROJUL MUNIR, jawa timur
22:57 20 November 2011
mania, andik tibo, patrich kunci sukses indonesia akan mudah kalahkan malaysia, skor 3:0....ganyang malaysia
Rudi Sanjaya, http:///www.tassouvenir.co.id
08:37 14 Oktober 2011
Ayo Timnas kalian pasti bisa!
Bawa medali emas untuk Indonesia!
http://www.tassouvenir.co.id



Lihat Berita Voli

- - -