FOLLOW US:


Hasil Chile vs Uruguay: Skor 1-0

25-06-2015 08:35

 | Edinson Cavani

Hasil Chile vs Uruguay: Skor 1-0
Chile mengalahkan Uruguay dengan skor 1-0. © AFP
Bola.netBola.net - Tuan rumah Chile berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor tipis 1-0 dalam duel perempat final Copa America 2015 di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos (25/06). Gol tunggal Mauro Isla memastikan La Roja melangkah ke babak semifinal.

Sebagai tuan rumah Chile tentu saja tak mau malu di hadapan pendukungnya sendiri. Mereka langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu untuk mencari gol di babak pertama.

Jorge Valdivia menjadi sosok yang berbahaya di kubu Chile. Beberapa kali pergerakannya mampu menyulitkan pemain Uruguay. Bahkan di menit ke-26 ia sempat melepas tembakan keras namun berhasil diamankan kiper Fernando Muslera.

Uruguay tampak kesulitan mengembangkan permainan. Tekanan yang diberikan tuan rumah memaksa mereka hanya bisa berkonsentrasi memperkuat lini belakang. Serangan balik yang digalang Edinson Cavani dkk selalu gagal.

Sebaliknya serangan Chile justru semakin deras. Gary Medel, Alexis Sanchez, dan Arturo Vidal sempat melakukan percobaan namun belum mampu mengubah papan skor.

Begitu juga dengan ancaman Uruguay yang dilancarkan Carlos Sanchez belum berhasil membuka keunggulan untuk timnya. Akhirnya kedua tim harus puas dengan skor imbang tanpa gol saat menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua Chile masih tetap tampil dengan sepakbola menyerang. Tak membutuhkan waktu lama Arturo Vidal melepas tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke-49 tapi masih bisa ditangkap Muslera.

Uruguay ternyata mampu membalas. Di menit ke-51 giliran Cavani yang mengancam tapi sayang tendangan kerasnya sedikit melambung di atas gawang Chile.

Dua menit berselang Uruguay kembali mendapatkan peluang. Namun Claudio Bravo lagi-lagi tampil gemilang dengan menggagalkan tendangan Diego Rolan dari situasi kemelut di depan gawang.

Uruguay harus bermain dengan sepuluh pemain di menit ke-63 setelah Cavani di usir wasit. Pemain PSG itu mendapat kartu kuning kedua setelah kedapatan menampar pemain lawan. Cavani sempat tidak terima dan mengamuk, bahkan harus dipisah dua orang rekannya.

Unggul jumlah pemain berusaha dimanfaatkan oleh Chile, namun mereka masih kesulitan menembus pertahanan dari Uruguay. Melihat tak ada perubahan pelatih Jorge Sampaoli memasukkan dua pemain sekaligus. Marcelo Diaz dan Edu Vargas ditarik keluar dan perannya digantikan Mauricio Pinilla dan Matias Fernandez.

Gol yang ditunggu Chile akhirnya datang di menit ke-81. Mendapat operan bola dari Valdivia, tembakan keras mendatar Mauro Isla bersarang di gawang Uruguay.

Perjalanan Uruguay untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah Jorge Fucile mendapatkan kartu merah setelah mengoleksi dua kartu kuning. Kini Pasukan Oscar Tabarez harus bermain dengan sembilan orang.

Setelah melakukan serangkaian usaha kedua tim tak ada yang mampu mencetak gol tambahan. Skor 1-0 tetap bertahan untuk Chile dan mereka selanjutnya akan menghadapi pemenang dari laga Peru lawan Bolivia.

Sususan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Muslera; Pereira, Gimenez, Godin, Fucile; Sanchez (Rodriguez 85'), Arevalo, Gonzalez, Rodriguez; Rolan (Hernandez 58'), Cavani.

Chile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Medel, Jara, Mena; Diaz (Fernandez 71'), Aranguiz, Vidal; Valdivia (Pizarro 85'); Alexis, Vargas (Pinilla 71').