FOLLOW US:


Nostalgia Ronaldo 'Kuncung' Nazario: Juara Piala Dunia Saat Berusia 17 Tahun

30-03-2020 11:01

 | Asad Arifin

Nostalgia Ronaldo 'Kuncung' Nazario: Juara Piala Dunia Saat Berusia 17 Tahun
Ronaldo © Bola.net

Bola.net - Menyebut Ronaldo, maka Bolaneters pasti akan langsung tertuju pada sosok Cristiano Ronaldo. Namun, jauh sebelum Ronaldo asal Portugal itu, ada Ronaldo Nazario yang lebih dulu bersinar.

Ronaldo Nazario pernah membela sejumlah klub papan atas sepanjang karirnya. Pemain asal Brasil bakal dikenang sebagai salah satu penyerang tengah terbaik di dunia. Karirnya terhambat karena cedera parah.

Ronaldo pernah bermain untuk Inter Milan, begitu juga AC Milan. Ronaldo juga menjadi bagian dari proyek Los Galacticos di Real Madrid antara 2002 hingga 2007. Ronaldo juga pernah bermain di Barcelona.

Namun, salah satu momen epik yang dijalani Ronaldo adalah Piala Dunia 2002. Bukan hanya sukses membawa Brasik menjadi juara, tetapi Ronaldo tampil begitu ikonik dengan gaya rambut kuncungnya.

Simak fakta-fakta menarik tentang Ronaldo 'Kuncung' Nazario di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6

Pernah Menjadi Pemain Termahal di Dunia

Pernah Menjadi Pemain Termahal di Dunia
Ronaldo saat masih bermain bagi Barcelona. © FCB

Pada 1996, Ronaldo pindah menuju Barcelona setelah tampil memukau bersama PSV Eindhoven. Saat itu, Los Cules harus membayar 15 juta euro untuk mendapatkan jasa penyerang muda asal Brasi.

Ronaldo, dengan harga 15 juta euro, menjadi pemain paling mahal pada tahun tersebut. Ronaldo juga menjadi pemain dengan bayaran yang sangat mahal: 2,5 juta euro per musim. Ronaldo berada di level atas sepak bola saat usianya sangat muda.

2 dari 6

Peraih Ballon d'Or Paling Muda

Peraih Ballon d'Or Paling Muda
Ronaldo © Bongarts

Ronaldo tampil sangat bagus bersama Barcelona. Pada musim pertamanya, dia mampu mencetak 47 gol dari 19 laga yang dimainkan. Ronaldo membantu Barcelona meraih gelar Liga Europa, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Ketika berusia 21 tahun, Ronaldo memenangkan gelar pemain terbaik FIFA tahun dan hadiah Ballon d'Or pada tahun 1997. Ronaldo meraih gelar itu pada usia 21 tahun. Sebuah rekor yang belum dipecahkan hingga ini.

Rekor meskipun semuanya tetap solid seperti Michael Owen, pada saat itu di Liverpool mendekati untuk memecahkan rekor itu ketika ia memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2001.

Lionel Messi meraih Ballon d'Or pertamanya pada usia 22 tahun.

3 dari 6

Juara Piala Dunia pada Usia 17 Tahun

Juara Piala Dunia pada Usia 17 Tahun
Ronaldo © AFP

Ronaldo sudah masuk skuad timnas Brasil sejak usia yang sangat muda. Pada Piala Dunia 1994, Ronaldo menjadi pemain paling muda di skuad Brasil. Usianya baru 17 tahun. Brasil kemudian sukses menjadi juara Piala Dunia 1994.

Ronaldo memakai nomor punggung 20 saat itu. Namun, pelatih Carlos Alberto Parreira tak sekalipun memberi kesempatan bermain untuk Ronaldo. Kabarnya, Ronaldo sengaja tidak dimainkan agar rekor Pele sebagai pemain termuda yang meraih juara Piala Dunia tidak dipecahkan Ronaldo.

Pada Piala Dunia 1998, Ronaldo menjadi sorotan karena sakit 'misterius' jelang laga final. Brasil pun gagal menjadi juara.

4 dari 6

Tak Pernah Juara Liga Champions

Tak Pernah Juara Liga Champions
Ronaldo © Ist

Ronaldo meraih banyak gelar juara di level klub, sama seperti ketika bermain untuk timnas Brasil. Akan tetapi, ada satu gelar penting yang tidak mampu diraih Il Phenomeno yakni juara Liga Champions.

Ronaldo dua kali menjadi juara UEFA Cup [kini Liga Europa] bersama Inter Milan dan Barcelona. Namun, tidak ada gelar juara Liga Champions yang pernah diraihnya. Bahkan ketika bermain di Real Madrid.

Ronaldo memberikan gelar La Liga untuk Real Madrid pada musim 2002/2003.

5 dari 6

Memulai Karir dengan Nama Ronaldinho

Memulai Karir dengan Nama Ronaldinho
Ronaldinho © AFP

Ronaldo pernah memakai nama Ronaldinho pada awal karirnya. Jika kini Ronaldinho identik dengan sosok Ronaldo de Assis Moreira, maka dulu nama Ronaldinho menjadi milik Ronaldo Nazario.

Ronaldo memakai nama Ronaldinho pada Piala Dunia 1994. Saat itu, nama Ronaldinho yang satunya belum cukup terkenal dan belum menembus tim utama timnas Brasil.

Ronaldo akhirnya menanggalkan nama Ronaldinho pada 1999. Saat itu, Ronaldinho [yang rambutnya panjang] muncul dan dipanggil ke timnas Brasil. Ronaldo kemudian memakai nama aslinya dan membuat nama tersebut begitu ikonik.

6 dari 6

Jagoan Main Poker

Jagoan Main Poker
Ronaldo bersama pasangannya menghadiri seremoni Best FIFA Awards di Milan, Senin (23/09/2019). © AP Photo

Selain handal sebagai pemain sepak bola, Ronaldo juga punya skill lain di luar lapangan. Ronaldo dikenal sebagai pemain poker dengan level yang handal. Dia pernah menekuni dunia poker usai pensiun sebagai pemain sepak bola.

Pada tahun 2014, Ronaldo memainkan permainan poker untuk amal melawan petenis jenius Rafael Nadal.

Sumber: Sportmob