FOLLOW US:


Tangan Dewa Alisson Becker Selevel Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

07-07-2019 01:15

 | Richard Andreas

Tangan Dewa Alisson Becker Selevel Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?
Alisson Becker belum kebobolan dari babak penyisihan grup hingga semifinal Copa America 2019 © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo boleh jadi selalu diperdebatkan sebagai pesepak bola terbaik dunia berdasarkan koleksi gol dan keajaiban yang kerap kali mereka lakukan. Namun, dunia sepak bola mungkin harus mulai menyadari peran pemain lain seperti Alisson Becker.

Secara sederhana, sepak bola terbagi dalam dua hal: perihal menyerang atau bertahan. Messi dan Ronaldo memang dua pemain luar biasa dalam urusan menyerang lawan, tetapi Alisson Becker jelas yang terbaik dalam hal menjaga gawang tak kebobolan.

Mengutip Tribalfootball, kiper Liverpool itu tengah melaksanakan tugas negara dengan membela Brasil di Copa America 2019. Alisson dipercaya sebagai kiper inti, dan dia menjawabnya dengan permainan terbaik. Berkat Alisson, skuad Brasil bisa bermain lebih tenang.

Betapa tidak, Brasil melangkah ke final tanpa kebobolan satu gol pun. Pada tiga laga fase grup dan dua laga fase gugur, Alisson tidak pernah sekali pun memungut bola dari dalam gawangnya pada waktu normal.

Dia memang harus mengadu nasib pada adu penalti ketika Brasil mengalahkan Paraguay di perempat final, tetapi adu penalti tidak masuk dalam hitungan clean sheet. Yang berarti gawang Brasil tetap perawan sampai partai final, Senin (8/7) dini hari WIB nanti.

Alhasil, dengan torehan lima clean sheet, Alisson bakal meraih Golden Gloves turnamen tersebut. Tidak ada kiper lain yang bisa mengejarnya, dengan satu laga sisa Brasil melawan Peru di partai final nanti.

Terlepas dari hasil apa pun yang diraih Brasil nanti, juara atau tidak, Alisson tetap akan diakui sebagai kiper terbaik pada turnamen tersebut. Penghargaan pribadi sebenarnya tidak berarti apabila tim kalah, tetapi itu cukup membuktikan kualitas Alisson.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

3 Golden Gloves dalam Semusim

Golden Gloves Copa America 2019 itu bakal menyempurnakan musim Alisson. Sebelumnya, dia dianugerahi Golden Gloves Premier League 2018/19 usai mencatatkan 21 clean sheets bersama Liverpool. Musim itu nyaris sempurna apabila The Reds berhasil jadi juara.

Tidak hanya itu, Alisson juga mendapatkan Golden Gloves di ajang Liga Champions. Dia berperan penting dalam perjuangan berat Liverpool untuk meraih trofi paling bergengsi di pentas Eropa tersebut.

Tiga penghargaan individu ini jelas membuktikan bagaimana kualitas Alisson sebagai penjaga gawang. Liverpool memang mendatangkan dia dengan harga tinggi dari AS Roma, tetapi investasi itu jelas berbuah manis.