FOLLOW US:


Ardiles: J-League Butuh Seorang Lionel Messi

19-04-2012 15:15

 | Lionel Messi

Ardiles: J-League Butuh Seorang Lionel Messi
Sosok Lionel Messi dibutuhkan untuk bangkitkan Liga Jepang AFP

Bola.net - Legenda Argentina, Osvaldo 'Ossie' Ardiles mendesak klub-klub di Liga Jepang atau J-League untuk merogoh kocek dalam-dalam demi mendatangkan pemain terbaik - bahkan seorang Lionel Messi bila perlu.

Mantan pemain Tottenham yang pernah memberikan gelar Piala Dunia untuk Argentina itu mengatakan jika tim-tim papan atas di Jepang kini sangat berbeda dengan jaman keemasan mereka dulu, saat pemain top macam Zico, Dunga dan Gary Lineker meniti akhir karir mereka di sana.

Ia mengatakan jika para pemain Jepang harus belajar dari para pemain terbaik jika jawara empat kali Piala Asia itu berkeinginan masuk ke dalam jajaran elit sepak bola internasional.

"Saya mungkin sedikit berlebihan, namun itulah idenya. Mereka (para pemain) harusnya menjiplak dari pemain yang amat, amat terbaik," ujar Ardiles yang kini melatih tim divisi dua Jepang, Machida Zelvia mengacu pada prospek memboyong Messi ke negeri Sakura.

"Dalam 20 tahun terakhir para pemain Jepang berkembang lebih baik daripada 100 tahun sebelumnya. Mengapa, karena mereka bermain sepanjang waktu bersama pemain top. Mereka bermain melawan Dunga, Jorginho, Ramon Diaz, Gary Lineker, Zico dsb."

"Siapa pemain terbaik saat ini di antara para pemain asing di Jepang? Saat Anda menempatkan pemain ini di level internasional. ia bukanlah Jorginho atau Zico."

Ardiles juga mengatakan jika China kini mengikuti jejak Jepang setelah Shanghai Shenhua menggaet Nicolas Anelka dari Chelsea, serta mulai memburu Didier Drogba, dan mengingatkan jika itu bisa menjadi ancaman pergeseran kekuatan di kawasan Asia.

"Di China, Anelka pergi ke sana. Drogba mungkin juga. Jepang dulu seperti itu, namun kini tidak lagi. Hal macam itulah yang dibutuhkan," tandasnya. (afp/row)