FOLLOW US:


Skuad Tergerus jadi 11 Pemain karena Covid-19, Klub Arab Saudi Ini Tersingkir dari Liga Champions

24-09-2020 12:34

 | Ari Prayoga

Skuad Tergerus jadi 11 Pemain karena Covid-19, Klub Arab Saudi Ini Tersingkir dari Liga Champions
Liga Champions Asia © AFC

Bola.net - Klub raksasa Arab Saudi, Al Hilal harus tersingkir dari pentas Liga Champions Asia setelah tak bisa memenuhi jumlah pemain minimal dalam laga melawan Shabab Al Ahli Dubai, Kamis (24/9/2020) dini hari WIB.

Dalam laga ini, Al Hilal hanya bisa menurunkan sembilan pemain dalam starting line-up mereka, dengan dua penjaga gawang di bangku cadangan. Wasit pun akhirnya membatalkan laga ini.

Skuad Al Hilal memang sedang tergerus cukup besar karena 15 pemain mereka positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Badan sepak bola Asia AFC sendiri sejatinya sudah memberikan kompensasi kepada Al Hilal dengan boleh menambah dua penjaga gawang untuk menggantikan pemain yang positif Covid-19.

1 dari 2

Al Hilal Tersingkir

Segala usaha yang dilakukan, termnasuk kerja sama dengan federasi sepak bola Qatar akhirnya gagal membuahkan hasil. Alhasil, Al Hilal pun harus tersingkir karena kalah bersaing dengan Pakhtakor dan Shabab Al Ahli Dubai di Grup B babak 16 besar.

Babak 16 besar ini digelar secara mini dengan Qatar sebagai tuan rumahnya. Al Hilal sendiri tiba sejak 11 September lalu dengan membawa 27 pemain dari 35 pemain yang boleh didaftarkan.

Al Hilal diperkuat sejumlah pemain papan atas dunia, seperti eks penyerang Juventus, Sebastian Giovinco, mantan striker Lyon, Bafetimbi Gomis, hingga pemain sayap asal Peru, Andre Carillo.

2 dari 2

Pernyataan AFC

AFC pun menegaskan bahwa keputusan untuk mencoret Al Hilal dari Liga Champions Asia ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, meski pihak Al Hilal dan federasi sepak bola Arab Saudi sudah mengajukan usulan agar partai ditunda.

"Jika tim atau klub yang berpartisipasi memiliki kurang dari 13 pemain (termasuk satu penjaga gawang) yang tersedia untuk pertandingan karena alasan apa pun (apakah terkait dengan Covid-19 atau tidak), klub yang relevan tidak boleh berpartisipasi dalam pertandingan tersebut," demikian AFC dalam sebuah pernyataan.

"Tim atau klub yang berpartisipasi harus bertanggung jawab atas pertandingan yang gagal dilangsungkan dan akan dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi yang relevan. Tim atau klub yang berpartisipasi dan asosiasi anggota afiliasinya harus tunduk pada ketentuan dan peraturan kompetisi sebagaimana yang berlaku,"

Sumber: AFC