FOLLOW US:


Terlibat Pengaturan Skor, 18 Pemain Malaysia Dicekal

06-02-2012 18:30
Terlibat Pengaturan Skor, 18 Pemain Malaysia Dicekal
Shabery Cheek, menteri olahraga Malaysia AFP

Bola.net - Skandal pengaturan skor di Malaysia yang berujung pada dijatuhkannya sanksi pencekalan terhadap 18 pemain oleh Football Association of Malaysia (FAM) dinilai 'memalukan' oleh menteri olahraga negara tersebut.

Menurut media lokal, seorang pelatih juga dicekal oleh FAM. Menteri Belia dan Sukan Malaysia Shabery Cheek meminta polisi mengambil tindakan.

“Saya minta pihak berwenang untuk mengusut dan menemukan akar skandal pengaturan skor ini,” ungkapnya kepada agensi berita nasional Malaysia, Bernama.

Ke-18 pemain itu dicekal selama dua hingga lima tahun, sedangkan pelatih yang terlibat dalam skandal tersebut dicekal seumur hidup.

Malaysia juga pernah diguncang oleh skandal serupa pada medio 1990-an yang berujung pada pencekalan lebih dari 100 orang pemain.

Wajah persepakbolaan Asia juga mendapatkan tamparan dalam beberapa tahun terakhir dengan korupsi yang terjadi di Cina dan Korea Selatan. Skandal di Korea Selatan bahkan menyebabkan seorang pemain bunuh diri.

Selain itu, sepakbola Indonesia sendiri juga masih semrawut akibat dilanda berbagai polemik dan konflik kepentingan.

Tak hanya di bawah, yang di atas juga tak mau ketinggalan. Presiden AFC Mohamed Bin Hamman dicekal dari segala kegiatan sepakbola seumur hidup akibat skandal suap.   (yah/gia)