FOLLOW US:


Baru Pensiun, Kidd Langsung Jadi Pelatih Anyar Nets

13-06-2013 17:50
Baru Pensiun, Kidd Langsung Jadi Pelatih Anyar Nets
Sambutan kepada Jason Kidd yang tertera di situs resmi Brooklyn Nets. NBA.com
Bola.netBola.net - Brooklyn Nets memberi kejutan besar dengan menunjuk mantan pemain New York Knicks yang baru saja pensiun, Jason Kidd sebagai pelatih kepala mereka pada hari Rabu (12/6) waktu setempat.

Kidd pensiun setelah semusim belakangan membela Knicks, di mana ia mengakhiri karir yang berlangsung selama 19 tahun. Pria 40 tahun ini merasakan kesuksesan saat masih membela Nets pada musim 2001-2008, di mana secara beruntun tampil di final NBA pada 2002-2003.

"Jason memiliki sejarah panjang dan legendaris dengan Nets," kata pemilik tim, Mikhail Prokhorov dalam pernyataannya. "Ia memiliki semangat berapi-api yang kami perlukan."

Nets memecat pelatih Avery Johnson pada bulan Desember lalu. Mereka juga tidak menawarkan perpanjangan kontrak kepada penggantinya, PJ Carlesimo meski sukses memimpin mereka ke playoff untuk pertama kali sejak 2007. Mereka dikalahkan Chicago Bulls pada putaran pertama.

Kidd yang 10 kali terpilih menjadi pemain All Star, mengakhiri karirnya dengan catatan rata-rata 12,6 poin, 8,7 assist dan 6,3 rebound serta mencatatkan 107 triple-double. Ia juga memenangi gelar juara NBA bersama Dallas Mavericks pada 2011.

Kidd terkenal atas kecerdikan, pengaturan permainan, dan kepemimpinannya, yakni kualitas yang diharapkan Nets.

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa," kata Kidd. "Ini adalah peran yang telah saya pelajari sejak semasa masih bermain. Saya benar-benar bersemangat," tutupnya.